Currently set to Index
Currently set to Follow

Tertarik Buka Usaha Ikan Cupang? Simak Dulu Jenis dan Harga Ikan Cupang Ini!

Jenis ikan cupang adalah jenis ikan hias yang populer di Indonesia. Harga ikan cupang yang relatif layak diinvestasikan pun menjadi pendorong budidaya ikan satu ini.

Tampilan ikan cupang yang indah memang membuat banyak orang terpincut untuk memelihara jenis ikan ini. Dengan animo masyarakat yang tinggi, tentu membuka usaha budidaya ikan cupang menjadi ide bisnis menjanjikan yang bisa kamu tekuni.

Kenali Jenis Ikan Cupang Lebih Dekat

Cupang adalah ikan air tawar, yang biasanya hidup di area dengan arus air yang tenang seperti rawa-rawa, sungai, dan danau. Bentuk ekornya yang bak kipas menjadi karakteristik uniknya. Habitat ikan ini berada di sekitar area Asia Tenggara, dari Indonesia hingga Brunei Darussalam.

Secara fisik, cupang terkenal lantaran geraknya yang agresif dalam mempertahankan teritori. Tak jarang orang membeli berbagai jenis ikan cupang untuk diadu. Dengan perawatan yang memadai, ikan ini bisa hidup 3 hingga 5 tahun dan ukurannya bisa mencapai 7 cm.

Setiap kali bertelur, seekor ikan cupang betina menghasilkan 10 hingga 40 butir telur.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Jitu dari Susi Pudjiastuti

Tertarik Buka Usaha Ikan Cupang? Simak Dulu Jenis dan Harga Ikan Cupang Ini!, Pluang

Apa Saja Jenis Ikan Cupang yang Mencuri Perhatian?

Penurut penghobi budidaya ikan ini, ikan cupang dibagi dalam dua jenis, yakni cupang hias dan cupang adu. Daya tarik cupang hias adalah bentuk, warna, dan gerakannya. Sementara cupang adu dipelihara untuk diadukan dengan cupang adu lainnya.

Terdapat lebih dari 73 spesies ikan cupang di seluruh dunia. Namun, hanya beberapa spesies saja yang cukup terkenal di pasaran. Yakni, jenis ikan cupang dari kelompok Splendens complex, yang terdiri dari: Betta splendens, Betta stiktos, Betta machachai, Betta smaragdina, dan Betta Imbellis.

Berikut nama-nama ikan cupang yang familiar di kalangan penghobi cupang:

1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Ikan Cupang - Jual Cupang Half Moon

Kisaran harga ikan cupang ini: Rp50.000-Rp125.000, tapi bisa lebih

Ikan ini ditemukan oleh peternak Amerika Serikat pada 1982. Halfmoon memiliki bukaan ekor lebar mendekati 180 derajat. Mulai terkenal pada 2000, kini ikan ini dibanderol hingga Rp500.000 untuk kualitas kontes/adu cupang, sementara anakannya sekitar Rp40.000.

2. Cupang Blue Rim

ikan cupang jual blue rim

Kisaran harga ikan cupang ini: Rp230.000 – Rp800.000

Warna tubuhnya didominasi putih bercampur merah muda sedangkan untuk siripnya sendiri berwarna biru kehitaman yang tampak menyala.Termasuk jenis ikan yang sangat cocok untuk kontes atau hanya menjadi koleksi dalam akuarium

3. Jenis ikan cupang Red Dragon

Ikan Cupang Red Dragon

Kisaran harga ikan cupang ini: Rp75.000 – Rp250.000

Warna merah menyala dan sangat elegan di dalam air menjadi salah satu daya tarik dari jenis ikan cupang yang satu ini. Cukup terjangkau dan masih tergolong jenis ikan cupang yang memiliki pangsa pasar menengah.

4. Cupang Plakat

Jual Ikan Cupang Plakat

Kisaran harga ikan cupang ini: Rp50.000 – Rp100.000

Cupang ekor pendek ini dalam bahasa Thailand berarti “aduan” atau “cupang laga”. Plakat biasanya lebih handal untuk melawan dan lebih jago bertarung sesama jenis. Cupang ini memiliki warna dan bentuk sirip yang keras.

5. Cupang Fancy

Jual ikan cupang fancy

Kisaran harga ikan cupang ini: Rp200.000-Rp300.000

Jenis ikan cupang ini terkenal dengan warna yang beragam dan tampak fancy. Kombinasi warnanya hingga lima-tujuh warna. Perpaduan warnanya terdiri dari biru metalik, hijau, putih, pink, merah, dan peach. Anakan ikan cupang fancy dibanderol Rp200.000-Rp300.000 per ekor, dan untuk kelas kontes dijual pada kisaran Rp2 juta-Rp20 juta.

Selain lima jenis cupang ini, ada beberapa cupang lainnya yang juga terkenal di kalangan peminat ikan cupang. Di antaranya cupang kachen worachai, cupang big ear, cupang sawah, cupang paradise, dan cupang surga. Dua jenis terakhir, yakni cupang paradise dan cupang surga, tergolong jenis ikan cupang mahal dan paling sulit ditemui.

Baca juga: Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 “Barang” Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Potensi Bisnis Ikan Cupang

Sebagaimana jenis bisnis lain, ada beberapa tingkatan potensi bisnis ikan cupang, yaitu tingkat bawah, menengah, dan atas. Ketiganya menargetkan pasar yang berbeda satu sama lain. Bagi pemula, kamu mungkin bisa mengambil peluang tingkat bawah atau menengah dengan menjual jenis ikan cupang di rate harga di bawah Rp200 ribu.

Sementara itu, potensi bisnis ini untuk kategori tingkat atas adalah menyasar kontes atau adu cupang yang biasanya didominasi oleh para penghobi.

Lantas, bagaimana cara memilih ikan cupang yang bagus? Beberapa referensi ini barangkali berguna untuk menjadi kriteria dasar memilih cupang:

  • Sirip dan warnanya bagus serta tidak menunjukkan cacat
  • Lincah dan gesit saat berada dalam akuarium
  • Berasal dari indukan jenis yang bagus dan sehat
  • Untuk rate harga yang lumayan tinggi, perhatikan juga track perawatannya
  • Memiliki tingkat agresif yang bagus sesuai jenisnya

Baca juga: Kamu Lagi Nganggur Tapi Ingin Kaya? Simak 14 Cara Ini

Cara budidaya ikan cupang

Setelah mengetahui serba-serbi mengenai ikan yang satu ini, berikut ini cara budidaya yang dapat diterapkan untuk merawat ikan cupang.

1. Memilih Indukan untuk Budidaya Ikan Cupang

Berikut adalah ciri-ciri indukan jenis ikan cupang yang  siap dikembangbiakkan:

Jantan

  • Setidaknya berumur 4-8 bulan
  • Bentuk badannya panjang
  • Warnanya terang dan menarik serta siripnya panjang
  • Gerakannya lincah dan agresif

Betina

  • Setidaknya berumur 3-4 bulan
  • Bentuk badannya membulat dan perutnya sedikit buncit
  • Warnanya kusam dan tidak menarik serta siripnya pendek
  • Gerakannya lambat

2. Mempersiapkan Pemijahan Ikan Cupang

Siapkan tempat berupa akuarium atau wadah dan baskom kecil berukuran 20x20x20 cm. Sediakan juga gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Terakhir, siapkan juga tumbuhan air, seperti contohnya kiambang. Dalam sekali kawin, ikan cupang yang bisa dipanen biasanya mencapai 30-50 ekor saja. Indukan jantan bisa kawin hingga 8 kali dalam interval 2-3 minggu, sedangkan indukan betina disarankan hanya dikawinkan sekali saja.

3. Pakan untuk Budidaya Cupang

Pakan favorit jenis ikan cupang ialah kutu air, cacing sutra, dan larva nyamuk. Sebaiknya pakan diberikan sesering mungkin, contohnya 3-4 kali dalam sehari. Pasalnya, hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penumpukan sisa pakan yang bisa menyebabkan berkembangnya penyakit.

4. Perawatan Ikan Cupang

Jenis ikan cupang merupakan ikan yang relatif tahan banting dan cenderung bisa bertahan di kondisi air yang minim oksigen. Meski demikian, kualitas air habitat ikan cupang tersebut tetap perlu diperhatikan. Selalu ganti air di dalam wadah secara berkala dan cek apakah terdapat penumpukan kotoran dan sisa pakan pada dasar akuarium.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC Indonesia, GDM Agri, 99.co

Artikel Terbaru