Currently set to Index
Currently set to Follow

7 Investasi Unik Mainan yang Akan Laku Mahal di Masa Depan, Minat Beli?

Pada saat decluttering barang, kita tentu bisa menemukan beberapa barang kesayangan kita yang bisa kita jual, dari buku hingga koleksi mainan. Menguangkan barang kesayangan tentu jenis investasi yang menguntungkan.

Kamu masih bisa memenuhi hobimu sebagai kolektor hari ini, lalu mengosongkan ruangan dari barang koleksimu ketika butuh penyegaran, dan menjualnya dengan nilai yang masih menjanjikan.

koleksi mainan

Untuk memastikannya sebagai jenis investasi yang menguntungkan, tentu, nilai dari koleksi mainanmu akan bergantung pada berbagai faktor, dari kondisi barang, kelangkaan barang (apakah kamu beli edisi spesial atau edisi bertanda tangan), hingga usia barang dan kebutuhan/permintaan atas barang itu. 

Kalau kamu punya beberapa barang di bawah ini, pertimbangkan kamu bisa menjadikannya investasi yang menguntungkan.

Baca juga: 4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Jenis investasi yang menguntungkan #1 Koleksi buku komik

Komik adalah koleksi yang sangat populer pada dasawarsa ‘90-an. Dan ketika kamu berniat menjualnya saat ini, maka semakin tua dan langka buku komik itu, maka nilainya pun akan semakin tinggi.

Hanya saja, bukan berarti semua komik dapat laku dengan harga tinggi. Biasanya yang diincar oleh para kolektor dan mereka bersedia mengganjar dengan harga tinggi adalah koleksi komik yang salinannya langka atau bersifat vintage.

Seperti halnya koleksi mainan, kamu mesti pertimbangkan tingkat penjualan komikmu sebelum memutuskan untuk menjualnya dan menjadi jenis investasi yang menguntungkan bagimu.

Komik paling mahal sejauh ini adalah Action Comics #1 yang terbit pada 1938 dengan harga USD 3,21 juta di eBay. Komik ini menampilkan kemunculan perdana Superman, dan biaya terbitnya 10 sen pada saat debut. Selain jadi jadul, buku komik terbitan ini terbilang langka karena hanya dicetak sebanyak 100 eksemplar.

Sama seperti Action Comics #1, edisi pertama seri komik mana pun pada umumnya dapat jadi jenis investasi yang menguntungkan.

#2 Koleksi perangko

Sifat perangko sama seperti “koleksi mainan”, ia bisa jadi hobi menyenangkan dan sekaligus menghasilkan uang cukup banyak. Jika kamu ingin jual perangko yang berharga, siapkan koleksimu, kumpulkan semua perangko yang pernah kamu koleksi, dan uangkan perangko itu.

Kamu bisa pelajari lebih lanjut lewat Learn About Stamps, sumber online untuk para pengumpul perangko.

Perangko paling mahal, salah satunya, adalah perangko dengan cap “Inverted Jenny”. Hanya 100 saja yang eksis menurut CNN Money, dan dengan nilai katalog USD 1,6 juta dilelang pada 2016. Kolektor membelinya dengan harga USD 1,17 juta menurut New York Daily News.

Perangko itu semula seharga 24 sen, kini perangko ini jadi jenis investasi yang menguntungkan bagi pemiliknya. Selain jenis perangko itu, ada pula perangko berstempel Benjamin Franklin pada 1867 senilai USD 935.000.

Baca juga: Berlibur bersama Keluarga? Pilih 3 Destinasi Pilihan yang Jadi Favoritmu

#3 Koleksi mainan Action Figures

Kategori action figures dari figur-figur vintage dengan bagian cerita yang menarik bisa jadi koleksi menjanjikan juga. Beberapa kolektor bahkan mampu bersedia membayar mahal untuk memperoleh action figures incarannya dan memboyong jadi koleksi pribadi.

Sejauh ini, koleksi mainan action figures paling mahal adalah G.I. Joe 1936 yang dijual seharga USD 200.000 pada 2003 menurut CBS News. Pahlawan super perempuan dalam tokoh-tokoh komik vintage 1960-an seperti Supergirl atau Wonder Woman dapat menjaring banyak kolektor yang memandangnya sebagai jenis investasi yang menjanjikan.

#4 Koleksi mainan Board Games

Kelihatannya, mungkin akan sulit untuk menghasilkan USD 1 juta hanya dengan penjualan satu board game. Namun, pada 2011, ada yang membuktikan hal itu mungkin. Seorang pengrajin membuat papan Monopoli berlapis emas dan menetapkan harga USD 2 juta, menurut majalah Smithsonian, dan masih ada yang membeli set board game itu!

Dan board game Monopoli bukan satu-satunya jenis investasi yang menguntungkan di pasaran ini, beberapa permainan papan lain bisa juga dijual dengan harga mahal, ada sederet set board game senilai USD 1.000 di eBay. Misalnya, edisi kedua War of the Ring: Anniversary Release yang bisa dijual USD 4.599 di eBay.

Jenis investasi yang menguntungkan #5 Koleksi video game

Meski tidak jarang game klasik akan diterbitkan kembali secara digital, menurut Time, kolektor tetap menginginkan versi perdananya. Semakin baik kondisi video game, maka semakin tinggi juga nilainya sebagai jenis investasi yang menguntungkan.

Jika kamu punya salinan tersegel dari video game jenis apa pun, kamu bisa lho jual barang itu. Salinan Nintendo “Castlevania” dibanderol hingga ribuan dolar di eBay. Beberapa video game seperti “Sonic the Hedgehog” juga populer.

Baca juga: Tetap Cuan di Akhir Tahun dengan 7 Peluang Bisnis Ini, Minat?

#6 Koleksi mainan Lego

Lego berasal dari kata Denmark, “leg godt” yang berarti “bermain dengan baik”. Dan mainan ini memang bisa bermain dengan baik sebagai jenis investasi yang menguntungkan, terlepas dari fungsinya sebagai alat permainan. Jika kamu punya set lego tertentu, kamu bisa lho peroleh banyak untung dari menjual koleksimu.

Koleksi mainan Lego termahal sejauh ini bertema “Star Wars”, set Millenium Falcon bahkan terjual ratusan dolar dan set pertama pesawat ruang angkasa dijual seharga ribuan dolar. Jika kamu punya set kereta Lego, kamu bisa jual hingga USD 3000 di eBay.

Jenis investasi yang menguntungkan #7 Koleksi buku

Siapa bilang buku bekas tidak bisa dijual mahal kembali, atau bahkan lebih mahal dari harga ketika buku itu dibeli? Jika kamu punya edisi pertama buku tertentu, kamu bisa lihat itu sebagai investasi.

Menurut perusahaan lelang Sotheby, buku bisa dibanderol mahal bergantung pada kelangkaannya dan kualitasnya.

Buku termahal sejauh ini adalah buku pertama karya klasik F. Scott Fitzgerald “The Great Gatsby” seharga USD 400.000. Sementara, buku hardcover edisi pertama “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” dengan banderol harga hingga USD 45.000. Dan “Harry Potter and the Chamber of Secrets” seharga USD 7.000 menurut Sotheby.

Sumber: Go Banking Rates

Simak juga:

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lainnya dari Seluruh Dunia!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img