Currently set to Index
Currently set to Follow

Berapa Alokasi Menabung dan Investasi Milenial?

Adalah wajar apabila setiap orang memiliki alokasi menabung dan berinvestasi yang berbeda. Kebutuhan dan kondisi finansial seseorang pastinya berbeda-beda. Bahkan bukan tidak mungkin jumlah alokasi untuk menabung maupun berinvestasi bisa berbeda setiap bulannya.

Nah, berapa sih persentase alokasi menabung dan berinvestasi yang dilakukan oleh para milenial?

Alokasi Menabung

Baca Juga: Apa Itu Strategi Investasi Agresif?

Alokasi Menabung

Mayoritas responden milenial dari Riset Perilaku Investasi dan Saving, adalah sebesar 5-10% per bulan dari total pemasukan bulanan. Sayangnya, meskipun relatif, angka alokasi menabung tersebut masih kurang ideal untuk mencapai target finansial mereka. 

Alokasi menabung dengan menggunakan teori 50/30/20 yang dipopulerkan Elizabeth Warren misalnya, disebutkan bahwa alokasi pemasukan perlu dibagi sebesar 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk menabung. Apabila mengikuti teori tersebut, hanya 12% dari total responden milenial yang menjalankannya (menabung 20-40% per bulan).

Sementara itu, generasi x memiliki kecenderungan perilaku menabung yang lebih baik dari milenial. Mayoritas menabung sebesar 10-20%

Alokasi Berinvestasi

Baca Juga: 7 Tips Keuangan untuk Milenial, Kamu Milenial? Check disini!

Alokasi Berinvestasi

Besaran alokasi berinvestasi mayoritas responden milenial pun tidak jauh berbeda dengan alokasi menabung bulanan mereka, Investasi ala milenial yakni di 5-10% dari total pemasukan bulanan. Menariknya mayoritas responden generasi x pun memiliki pola berinvestasi yang sama dengan investasi ala milenial, yaitu 5-10%.

Namun, untuk generasi x yang lebih tua, cenderung memiliki alokasi yang lebih besar. Misalnya para generasi x yang saat ini sedang berusia 50 tahun, mereka merupakan cohort terbesar yang berinvestasi dengan alokasi sebesar 20-40% dari total pendapatan bulanan mereka, dari pada investasi ala milenial.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca Selengkapnya:

4 Target Finansial para Millennial, Apa Saja?

Strategi Memilih Investasi Yang Baik? Kaum Milenial Wajib Tau!

Tren Borong Saham Anak Muda, Incar Saham Undervalued Saat Ekonomi Rebound

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img