Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara-cara Milenial Mencapai Target Finansialnya

Dalam mencapai target finansial setiap orang memiliki preferensi yang berbeda. Mulai dari berinvestasi properti, saham, emas, hingga menyimpan dana tunai. Tidak terkecuali para milenial, bagaimana cara mengatur keuangan milenial?

Menurut Riset Investasi dan Saving yang dilakukan oleh tim Pluang, mayoritas milenial memilih menyimpan dana tunai sebagai salah satu strategi mereka untuk mencapai target-target finansial. Pada posisi kedua, milenial memiliki preferensi untuk berinvestasi dalam bentuk investasi fisik seperti emas sebagai strategi mereka.

Tentunya, terdapat perbedaan perilaku strategi berdasarkan tingkat pendapatan milenial. Dapat dikatakan, semakin besar pendapatan bulanan seseorang, maka semakin besar pula kecenderungan mereka untuk melakukan investasi.

chart saham

Baca Juga: 7 Tips Keuangan untuk Milenial, Kamu Milenial? Check disini!

cara mengatur keuangan milenial para pelajar dengan pemasukan dibawah 1 juta rupiah per bulan misalnya, akan cenderung mengalokasikan dana mereka untuk tabungan – apabila mereka memiliki target finansial yang sedang ingin dicapai.

Dalam grup dengan nilai pendapatan bulanan yang lebih tinggi selanjutnya (1 juta – 4.5 juta), fresh-graduate atau first jobber.

Misalnya, persentase responden yang memilih strategi mengalokasikan dana tunai menurun dan persentase responden yang memilih untuk berinvestasi emas meningkat.

Perilaku serupa juga dapat kita temukan dalam grup dengan pendapatan bulanan yang lebih tinggi selanjutnya (4.5 juta – 20 juta). Dalam grup ini, trend investasi yang dipilih tidak hanya emas, reksadana dan saham juga mulai menjadi pilihan populer.

Menariknya, dalam grup dengan pendapatan bulanan 20 juta – 50 juta per bulan, saham menjadi pilihan yang populer dengan persentase hampir sama dengan pemilih mengalokasikan dana tunai.

Dari perilaku ini, kita dapat menyimpulkan bahwa mayoritas milenial memiliki cukup literasi finansial dan pengetahuan dasar terkait berinvestasi. Investasi emas merupakan pilihan yang cukup populer disebabkan oleh kemudahan dan fleksibilitas dalam berinvestasi emas di masa kini.

Namun, sejalan dengan artikel mengenai target finansial para millennial, kita mengetahui bahwa target-target finansial milenial membutuhkan mereka memiliki aset likuid, sehingga menyimpan dana tunai atau menabung masih menjadi strategi yang paling populer untuk mereka mencapai target.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca Selengkapnya:

4 Target Finansial para Millennial, Apa Saja?

Strategi Memilih Investasi Yang Baik? Kaum Milenial Wajib Tau!

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Tren Borong Saham Anak Muda, Incar Saham Undervalued Saat Ekonomi Rebound

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img