Currently set to Index
Currently set to Follow

Cara Menghitung UMP 2021 Setelah Ada UU Cipta Kerja

Cara Menghitung UMP 2021

Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan penetapan cara hitung UMP (Upah Minimum Provinsi) 2021. Akan mengikuti formula lama yang tercantum di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Karena belum ada formula baru sesuai rencana penerapan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) yang belum lama disahkan oleh DPR. Jadi bagaimana Cara Hitung UMP?

Ida mengatakan sebenarnya menurut aturan, formula UMP 2021 seharusnya tidak lagi mengikuti PP 78/2015. Karena ada perubahan penetapan komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) per lima tahun.

Diperkirakan ketentuan upah minimum tahun depan tak berubah dari tahun ini. Namun keputusan final masih terus dikaji bersama Dewan Pengupahan Nasional.

Baca: Jakarta Peringkat Ke-4, Ini Dia Daftar UMP se-Indonesia Tahun 2020

“Kami dapatkan saran dari Dewan Pengupahan Nasional dan saran ini akan jadi acuan bagi kami. Menteri untuk tetapkan upah minimum 2021. Karena kalau paksakan mengikuti PP 78 atau UU baru banyak perusahaan tidak bisa bayar upah minimum provinsi,” tambah Ida.

Formula Perhitungan UMP

Sementara bila merujuk pada formula UMP tahun ini. Maka besaran kenaikan upah untuk tahun depan seharusnya dihitung berdasarkan besaran pertumbuhan ekonomi ditambah inflasi. Pada 2020 UMP upah minimum ditetapkan sebesar 8,51 persen yang berasal dari pertumbuhan ekonomi 5,12 persen dan inflasi 3,39 persen.

Untuk tahun depan UMP 2021 bila merujuk pada formula itu maka upah minimum tidak naik atau maksimal kenaikan sekitar 3,1 persen. Proyeksi ini berasal dari perkiraan pertumbuhan ekonomi dari pemerintah sebesar 0,6 persen sampai minus 1,7 persen dan inflasi di bawah 2,5 persen.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: CNNIndonesia.com

Baca juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img