Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Berita & Analisis

Rangkuman Pasar: IHSG Terus Berkibar, Kripto Pasrah Bersabar

Rangkuman Pasar: IHSG Terus Berkibar, Kripto Pasrah Bersabar

8 Dec 2021, 10:47 AM·Waktu baca: 3 menit
Kategori
Rangkuman Pasar: IHSG Terus Berkibar, Kripto Pasrah Bersabar

Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mampu mencetak pertumbuhan meski tipis. Namun, aset kripto nampaknya masih apes nih, Sobat Cuan! Apa sih yang terjadi di kedua pasar tersebut hari ini?

Omicron Sudah Tak Bikin Pusing, IHSG ‘Malu-Malu Kucing’

Nilai IHSG menutup perdagangan Rabu (8/12) dengan parkir di level 6.603,79 poin, menguat tipis 0,02% dibanding sesi perdagangan sebelumnya. Hal ini terjadi setelah pelaku pasar nampak optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah Bank Indonesia (BI) merilis data baru.

Otoritas moneter tersebut mencatat bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November berada di 118,5, melonjak dibanding bulan sebelumnya 113,4. Nah, kondisi ini menyiratkan bahwa masyarakat kian pede terhadap pemulihan ekonomi yang tengah maupun akan terjadi.

Selain itu, sentimen positif lainnya datang dari Amerika Serikat, di mana penasihat kesehatan Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan bahwa COVID-19 varian Omicron tidak begitu berbahaya ketimbang varian Delta meski punya tingkat penularan tinggi. Maka dari itu, tak heran jika trio indeks saham Wall Street kompak ditutup menghijau kemarin.

Namun, di tengah kabar baik tersebut, pelaku pasar memang sempat waswas dengan isu bahwa empat kasus COVID-19 varian Omicron terdeteksi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Namun belakangan, Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar.

Baca juga: Rangkuman Pasar: IHSG Mampu Berkembang, Pasar Kripto Justru Tumbang

IHSG Melaju, Saham BUKA Tak Lagi Sendu

Optimisme investor pun tercermin dari aksi beli bersih (net foreign buy) pelaku pasar yang tercatat Rp2,53 triliun di seluruh pasar pada hari ini.

Mereka terlihat selera “melahap” saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp123 miliar dan bikin nilai sahamnya terapresiasi 1,02% ke Rp7.425 per lembar. Investor asing juga memburu saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) sebesar Rp48 miliar dan bikin nilainya ngacir 5,61% ke Rp2.070 per saham.

Kemudian, mereka juga mengoleksi saham PT Bukalapakn.com Tbk (BUKA) sebesar Rp41 miliar dan sukses bikin nilai sahamnya rebound 9,91% ke Rp488 per saham. Hal ini sekaligus menandai bangkitnya saham perusahaan rintisan berstatus unicorn tersebut setelah terjerembab lebih dari sepekan terakhir.

Ya, saham sektor teknologi memang menjadi salah satu sektor yang menopang penguatan IHSG pada hari ini dengan penguatan sebesar 3,44%.

Saham-saham bank digital juga masih ikutan manggung yang terlihat dari kinerja saham PT Bank Ganesha Tbk (BGTG), saham PT Bank Oke Indonesa Tbk (DNAR) dan saham PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) yang masing-masing tumbuh 16,79%, 11,56% dan 8,67%. Bahkan, performa BGTG dan DNAR justru masuk kategori Top Gainers hari ini.

Di sisi lain, investor asing tampak jaga jarak dengan saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Mereka melepas kedua saham tersebut masing-masing senilai Rp73,8 miliar dan 72,5 miliar.

Pasar Kripto Bikin Prihatin

Investor kripto nampaknya masih harus gigit jari pada sore hari ini. Berdasarkan Coinmarketcap pukul 17.33 WIB, ke-10 aset kripto berkapitalisasi pasar jumbo nyangkut di zona merah.

Harga Bitcoin (BTC), misalnya, luntur 1,84% dalam sehari terakhir dan kini bertengger di US$50.266,64 per keping. Sementara itu, pesaing terdekatnya, Ether (ETH), ikut terkoreksi 1,37% ke US$4.342,14 di waktu yang sama.

Tapi, keduanya bukanlah aset kripto bernasib paling apes hari ini. Masih ada Solana (SOL), Cardano (ADA), dan Terra (LUNA) yang masing-masing amblas 6,8%, 6%, dan 7,83% di waktu yang sama.

Kuat dugaan, banyak aset kripto terjerembab setelah pelaku pasar melakukan aksi profit taking yang tergesa-gesa ketika pasar kripto kompak menghijau kemarin. Selain itu, mereka juga cenderung menanti hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Dewan Legislatif AS dengan CEO platform exchange kripto yang sedianya berlangsung hari ini.

Baca juga: Rangkuman Pasar: Kripto Mulai Unjuk Gigi Kala IHSG Terlihat Grogi

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Ditulis oleh
channel logo

Adi Putro

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar