Currently set to Index
Currently set to Follow

Kabar Sepekan: Ekonomi China Rontok, Harga Batu Bara Mendadak Anjlok

Selamat berakhir pekan, Sobat Cuan! Menemani hari Sabtu ini, kamu bisa menyimak rangkuman kabar ekonomi dalam sepekan berikut!

Kabar Pasar Internasional Sepekan

1. Harga batu bara di China meroket ke level tertingginya yakni US$284,15 per ton awal minggu ini. Turunnya produksi batu bara lokal di China, diiringi meningkatnya konsumsi listrik hingga 12,9% sejak awal tahun, membuat pemerintah China kewalahan mengendalikan harga batu bara.

2. Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (National Development and Reform Commision/NDRC) mengumumkan akan mengintervensi harga batu bara yang belakangan ini melonjak tajam di negara tirai bambu tersebut. Lembaga tersebut rencananya akan meminta otoritas lokal untuk mengoptimalisasi produksi batu bara harian minimal 12 juta ton, membuat batas harga, dan membatasi keuntungan. Kabar ini bikin harga batu bara China melorot 20% dalam pembukan perdagangan Kamis.

3. Harga minyak mentah dunia menembus rekor tertingginya. Minyak jenis Brent pada Kamis (21/10) diperdagangkan di harga tertinggi US$86,04 per barrel, tertinggi sejak 2018. Sementara jenis West Texas Intermediate (WTI) terapresiasi 1,2% di level US$ 83,73. Ini merupakan level tertinggi sejak Oktober 2014.

4. China menorehkan pertumbuhan ekonomi 4,9% secara tahunan pada kuartal III 2021, alias melandai dibanding triwulan sebelumnya 7,9%. Biro Statistik Nasional China (NBS) mengutip ketidakpastian ekonomi global plus menurunnya penyaluran kredit bagi sektor properti sebagai biang keladi pelemahan ekonomi negara tirai bambu tersebut. Produksi manufaktur China juga melambat sepanjang kuartal III.

5. Krisis energi ikut melanda negara tetangga, Singapura. Negara tersebut menggantungkan 95% pasokan listriknya dari gas alam yang kini harganya tengah melambung. Dampaknya, setidaknya dua perusahaan pengecer listrik di sana, Ohm Energy dan iSwitch, menghentikan operasi lantaran harga yang beregejolak

6. Departemen Ketenagakerjaan Amerika Serikat mencatat jumlah klaim bantuan pengangguran pada pekan ini sebesar 290.000, atau menurun 6.000 dari pekan sebelumnya. Level tersebut adalah angka klaim bantuan tunakarya terendah dalam 19 bulan terakhir, menandakan bahwa bursa tenaga kerja AS makin menggeliat.

Baca juga: Kabar Sepekan: Tapering di Depan Mata, Harga Bitcoin Bersukacita

Kabar Pasar Kripto Sepekan

1. Exchange Traded-Fund (ETF) Bitcoin pertama di dunia sudah diperdagangkan di bursa New York Stock Exchange (NYSE) pada 19 Oktober silam. Produk berbasis futures yang diperdagangkan dengan ticker BITO langsung menarik perhatian investor. Dana kelolaan BITO ternyata menembus US$1 triliun hanya dalam satu hari sejak diluncurkan. Dalam beberapa hari, BITO telah menjual 1.900 kontrak untuk bulan Oktober. Padahal, Chicago Merchantile Exchange membatasi kontrak bulanan tidak boleh melampaui 2.000. Alhasil, mereka pun mulai menjual kontrak bulan November, yang kini sudah laku 1.400 kontrak.

2. Hadirnya BITO juga bikin harga Bitcoin melesat ke rekor tertingginya sepanjang masa. Pada Rabu (20/10) malam, harga Bitcoin menembus US$67.277 per keping dan sukses mengerek nilai kapitalisasi pasar aset kripto ke level tertingginya yaitu US$2,6 triliun.

3. Raksasa ritel AS Walmart kini sudah memungkinkan pelanggannya untuk membeli Bitcoin melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di 200 gerainya seantero AS. Dalam mewujudkan hal tersebut, perusahaan telah menggandeng perusahaan provider ATM Coinstar.

4. Para pengembang di atas blockchain besutan platform exchange kripto Binance, Binance Smart Chain (BSC), menyampaikan usulan baru kepada Binance untuk meningkatkan harga koin native Binance, Binance Coin (BNB). Caranya, adalah dengan memperkenalkan mekanisme pembakaran koin terhadap sebagian gas fees, sehingga pasokan beredar BNB bisa susut.

5. Pendiri jaringan Polkadot Gavin Wood mengumumkan bahwa pengembang akan menggelontorkan US$774 miliar untuk proyek paling inovatif yang akan dikembangkan di atas jaringan Polkadot. Saat ini, Polkadot menyimpan 18,93 juta keping DOT, yang merupakan koin native Polkadot, yang bisa digunakan untuk mendanai proyek-proyek yang sejalan dengan semangat jaringan tersebut.

Baca juga: Rangkuman Kabar: E-Commerce Tumbuh Drastis, ETF Bitcoin Laris Manis

Kabar Domestik Sepekan

1. Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDGBI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate di angka 3,5%. Gubernur BI Perry Warjiyo juga mengumumkan bawa suku bunga deposit facility dan lending facility juga ditahan masing-masing di level 2,75% dan 4,25%.

2. Bank Indonesia melanjutkan program uang muka (down payment/DP) 0% untuk kredit properti dan kendaraan bermotor hingga 31 Desember 2022 mendatang. BI juga melanjutkan pelonggaran rasio loan to value (LTV) kredit/pembiayaan properti hingga 100%. Ketentuan ini berlaku untuk semua jenis properti yang akan dicicil seperti rumah tapak, rumah susun, ruko dan rukan.

3. Presiden Joko Widodo mengungkapkan penghematan devisa akibat pemanfaatan biodiesel bisa mencapai Rp56 triliun pada tahun ini, atau meningkat 47,37% dibanding Rp38 triliun tahun lalu. Penggunaan biodiesel juga mendorong penciptaan lapangan kerja lewat pembukaan pabrik biodiesel baru untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

4. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap pemerintah akan memberikan fasilitas pembiayaan bagi perusahaan batu bara yang ingin mengembangkan teknologi Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Langkah ini ditempuh sebagai bagian dari transisi pemerintah dari penggunaan energi “kotor” ke energi hijau. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut, pemerintah butuh biaya US$365 miliar demi memperlancar transisi yang dimaksud.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img