Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Berita & Analisis

Kabar Sepekan: AS Diet Stimulus, Manufaktur Asia Kembali Mulus

Kabar Sepekan: AS Diet Stimulus, Manufaktur Asia Kembali Mulus

8 Jan 2022, 3:15 AM·Waktu baca: 5 menit
Kategori
Kabar Sepekan: AS Diet Stimulus, Manufaktur Asia Kembali Mulus

Kabar sepekan menemani akhir pekan kamu dengan rangkuman kabar internasional, domestik hingga aset kripto. Selamat beraktivitas di akhir pekan, Sobat Cuan!

Kabar Mancanegara Sepekan

1. Indeks Manufaktur Asia Loncat, RI Gimana?

IHS Markit merilis data Indeks Manager Pembelian (Purchasing Manager Indeks/PMI) kawasan Asia yang menunjukkan peningkatan. PMI Thailand naik ke level 55,3 dari 54,9 di bulan sebelumnya. Hal serupa juga terjadi pada Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan. Hanya Indonesia yang mengalami koreksi tipis PMI manufakturnya menjadi 53,5 dari 53,9.

2. Manufaktur China Kembali Bergeliat

Purchasing Manager Indeks (PMI) China di bulan Desember kembali ke zona ekspansif di level 50,9, meningkat dari perolehan November yakni 49,9. Kembalinya PMI China ke zona ekspansif didorong oleh pulihnya harga bahan baku dan menjaga kestabilan harga.

3. Omicron Susutkan PMI Zona Eropa

IHS Markit merilis bahwa indeks manufaktur (Purchasing Managers Index) zona Eropa pada Desember menyusut dari 55,4 di November menjadi 53,3 pada Desember. Level tersebut menjadi yang terendah sejak bulan Maret akibat kembali merebaknya COVID-19 varian Omicron.

4. Impor Emas ke India Melonjak Dua Kali Lipat

India mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah sebagai importir emas di tahun 2021 senilai US$55,7 miliar, dua kali lipat lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yakni US$22 miliar. Melonjaknya permintaan terhadap emas di India disebabkan oleh masifnya pesta perkawinan tahun lalu.

5. The Fed Super Hawkish

Risalah rapat Federal Open Market Committee (FOMC) Desember lalu yang baru terbit kemarin mengindikasikan beragam langkah kebijakan moneter Federal Reserve yang super hawkish. Selain akan mempercepat penghentian pembelian surat utang sebagai bentuk stimulus perekonomian alias tapering, The Fed juga akan menaikkan suku bunga tiga kali tahun ini dan tiga kali pada tahun 2023. Risalah tersebut juga mengungkap rencana mengecilkan nilai sekuritas treasury dan hipotek senilai US$8,76 triliun.

Baca juga: Rangkuman Kabar: Juragan Tanah di IKN Makin Tajir, The Fed Bikin Ketar-Ketir

Kabar Aset Kripto Sepekan

1. OECD Kaji Pajak NFT

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) tengah mengkaji penerapan pajak untuk aset digital jenis non-fungible token (NFT). Kajian ini menentukan jenis pajak yang dikenakan pada NFT akan serupa atau berbeda dengan aset digital lain seperti aset kripto maupun token.

2. Wow, NFT Ternyata Wajib Lapor di SPT Tahunan!

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menetapkan bahwa aset digital non fungible token alias NFT wajib tercantum dalam Surat Pemberitahuan atau SPT Tahunan pemiliknya. Adapun nilai NFT yang dilaporkan ialah nilai pasarnya pada tanggal 31 Desember.

3. Kata JP Morgan, Solana dan Terra Bisa Kalahkan Ethereum!

Perusahaan investasi ternama, JP Morgan mengungkap bahwa dominasi Ethereum di kancah DeFi dapat tersaingi oleh dua blockchain yang lebih progresif, yakni Solana dan Terra. Pasalnya, kedua blockchain tersebut dapat menyelesaikan transaksi lebih banyak per detiknya dengan block time yang lebih singkat.

4. Yuan Digital Kian Populer

Mata uang fiat digital China, e-CNY kini bisa diakses di 10 kota di China termasuk tiga kota yang menjadi pusat perekonomiannya yakni Beijing, Shanghai dan Shenzhen. People Bank of China (PBoC) mencatat, sejak diluncurkan akhir 2019, sebanyak 140 juta akun wallets telah dibuka dengan total volume transaksi mendekati 62 miliar yuan.

5. Gak Cuma di Mall, Kini Samsung Buka Toko di Decentraland

Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung telah membuka gerai virtualnya di metaverse Decentraland. Toko tersebut adalah versi virtual dari salah satu gerai utamanya di New York bernama 837 Flagship Store. Namun, toko itu hanya akan beroperasi dalam jangka waktu singkat saja.

6. Eminem Beli NFT Bored Ape Yacht Club US$450.000

Rapper kondang Eminem telah membeli NFT Bored Ape Yacht Club senilai US$452.000. Kini, ia memajang NFT ape tersebut sebagai foto profil di akun Twitter-nya.

7. NFT Lagi Nge-Hits, OpenSea Dapat Suntikan Dana Segar

Lokapasar NFT terdepan sejagat, OpenSea, telah menerima pendanaan seri C US$300 juta yang dipimpin Paradigm dan Coature. Kucuran dana segar tersebut bikin valuasi OpenSea menjadi US$13,3 miliar.

Hal ini terjadi setelah OpenSea mencatat volume perdagangan sebesar US$243 juta pada Minggu (2/1).

Baca juga: Rangkuman Kabar: NFT Jadi Objek Pajak, Dominasi Ethereum Bisa Dibajak

Kabar Domestik Sepekan

1. Indonesia Larang Ekspor Batu Bara

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan surat edaran larangan ekspor batu bara pada 31 Desember lalu. Larangan tersebut berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Januari mendatang. Pemerintah mengambil langkah tersebut demi memenuhi kebutuhan 20 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara yang menerangi 10 juta pelanggan PT PLN (Persero).

2. RI Cetak Inflasi 1,87% di 2021

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Desember 2021 sebesar 0,57%, sehingga inflasi tahun kalender Januari-Desember menjadi 1,87%. Sementara inflasi inti tercatat sebesar 1,56%.

3. Defisit APBN 2021 Sebesar 4,65%

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp783,7 triliun atau setara 4,65% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Meski naik dari posisi November yakni 3,63%, namun angka ini jauh di bawah perkiraan awal yakni 5-1% hingga 5,4%.

4. Sukuk Biayai Rp1,1 Triliun Proyek Infrastruktur RI di 2021

Kementerian Keuangan telah menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai Rp1,1 triliun untuk membiayai proyek pembangunan sepanjang 2021. Hingga saat ini, realisasi pembangunan proyek tersebut telah mencapai 85%, bahkan bisa mencapai 95% ke depan.

5. Harga Minyak Goreng Jadi Momok, Pemerintah Bakal Kucur Subsidi

Pemerintah akan menggelontorkan subsidi sebesar Rp3,6 triliun untuk membantu daya beli masyarakat dalam membeli minyak goreng. Kebijakan ini ditempuh setelah harga minyak goreng melambung dan bahkan menyumbang andil inflasi 0,31% terhadap inflasi 2021 yakni 1,87% secara tahunan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Ditulis oleh
channel logo

Fathia Nurul Haq

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar