Currently set to Index
Currently set to Follow

Kabar Sepekan: Ekonomi AS Memble, Kinerja Koin Meme Kian Kece

Selamat berakhir pekan, Sobat Cuan! Menemani rehat akhir pekan ini, kamu bisa menyimak rangkuman kabar ekonomi sepekan yang sayang banget lho untuk dilewatkan. Apa saja sih kabar tersebut? Yuk, simak bersama!

Kabar Internasional Sepekan

  1. Amerika Serikat mencatat pertumbuhan ekonomi 2% secara tahunan pada kuartal III 2021. Angka tersebut merupakan rekor pertumbuhan terlambat semenjak pandemi yang dicatatkan oleh negara Paman Sam, jauh di bawah ekspektasi pasar semula yakni 7%. Perlambatan ekonomi AS disebabkan oleh pertumbuhan konsumsi yang melemah, yang dipicu oleh inflasi tinggi. Sekadar informasi, konsumsi menopang 69% dari Produk Domestik Bruto (PDB) AS.
  2. Pemerintah China kembali memberlakukan kebijakan pembatasan sosial ekstrem (lockdown) seiring merebaknya kembali kasus COVID-19. Otoritas negara tirai bambu tersebut telah mengunci tiga kota yakni Eijin di Provinsi Mongolia Dalam, Lanzhou di Provinsi Ghansu, dan Heihe di Provinsi Heilongjiang. Pembatasan sosial diramal akan bikin ekonomi China keder di kuartal IV 2021.
  3. Bank Sentral Eropa (ECB) mengatakan tidak akan menaikkan suku bunga acuannya pada tahun depan. Meski demikian, otoritas monter tersebut tetap akan mengurangi pembelian instrumen berharga pada kuartal I tahun depan. Kebijakan tersebut ditempuh setelah ECB melihat inflasi Eropa yang kian meradang, bahkan diramal hingga 4% atau melebihi targetnya yakni 2%.
  4. Pemerintah China, melalui the National Development and Reform Commision (NDRC) mulai mempelajari skema biaya dan keuntungan dari sektor batu bara guna merancang rentang harga yang masuk akal. Hasilnya, mereka mengindikasikan bahwa kisaran yang pantas ialah 500 hingga 700 yuan per ton, jauh di bawah harga saat ini 1.237 yuan. Langkah ini merupakan tindak lanjut China untuk mengintervensi harga batu bara lantara takut hal tersebut akan mengerek tarif listrik. Kabar ini pun sukses bikin harga batu bara global longsor

Kabar Aset Kripto Sepekan

  1. Komunitas kripto nampaknya sedang keranjingan koin meme. Nilai dua koin meme terkenal, Shiba Inu dan Dogecoin, melesat bak roket sepanjang pekan ini. Hal ini terjadi komunitas kripto menerbitkan petisi di laman change.org yang menuntut Robinhood Markets Inc. untuk memasukkan SHIB dalam daftar token di platformnya.
  2. Pengembang Ethereum sukses memasang pembaruan sistem Ethereum yang disebut Altair pada Rabu (27/10). Altair adalah salah satu pembaruan penting bagi Ethereum sebelum benar-benar menuju ke sistem Ethereum 2.0 dan mengganti algoritma konsensus dari Proof-of-Work menjadi Proof-of-Stake.
  3. Coin ATM Radar mencatat bahwa instalasi baru Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berbasis kripto di dunia mencapai 29.500 per Oktober, tumbuh hampir 100% dari 14.000 di Januari. Sebanyak 42 perusahaan sudah memasang ATM tersebut, salah satunya raksasa waralaba ritel Amerika Serikat Walmart yang baru saja resmi memasang ATM Bitcoin di beberapa gerainya.
  4. Presiden El Salvador Nayib Bukele lewat cuitannya menyebut bahwa El Salvador telah memborong 420 keping Bitcoin ketika harganya sempat anjlok beberapa waktu lalu. Pembelian itu membuat El Salvador kini memiliki 1.120 BTC senilai US$87,4 juta. Cuitan demi cuitan Bukele itu sendiri memicu reli Bitcoin sekitar 0,4%, hanya selama Bukele mengetik cuitannya saja.

Kabar Domestik Sepekan

  1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal III mencapai 4,3% secara tahunan, lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya 4%. Optimisme tersebut timbul dari pemulihan ekonomi yang ikut tercermin pada tumbuhnya penerimaan negara. Ia juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 4% tahun ini, melebihi proyeksi Dana Moneter Internasional (International Monetary Funds/IMF) dan The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yakni masing-masing 3,2% dan 3,7%.
  2. Bank Indonesia meluncurkan infrastruktur pembayaran ritel yang lebih efisien bernama BI-FAST sehingga biaya transaksi antar bank maksimal hanya Rp2.500. Dengan demikian, maka transfer antar bank di bawah BI-FAST akan lebih murah dibanding sebelumnya yakni Rp6.500 per transfer.
  3. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang kuartal III-2021 mencapai Rp216,7 triliun, tumbuh 3,7% secara tahunan. Namun, jika dibandingkan dengan kuartal II-2021, realisasi ini melambat 2,8%.
  4. Defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) susut 33,7% secara tahunan menjadi Rp452 triliun, atau sekitar 2,74% terhadap produk domestik bruto (PDB). Angka ini masih di bawah target APBN 2021 yakni 5,7% dari PDB.
  5. Bank Indonesia mengungkap telah memborong Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp142,74 triliun sejak awal tahun. Pada periode yang sama, BI juga menginjeksi likuiditas ke perbankan sebanyak Rp129,9 triliun sebagai bentuk quantitative easing.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img