Currently set to Index
Currently set to Follow

Kabar Sepekan: Harga LTC Anjlok, Inflasi AS Melambat

Menemani akhir pekan, Sobat Cuan bisa menyimak rangkuman kabar sepekan berikut!

Pasar Internasional

  1. Tingkat inflasi inti Amerika Serikat melambat dari 4% YoY pada bulan Agustus 2021 dari 4.3% YoY bulan sebelumnya. Tingkat inflasi merupakan data penting bagi the Federal Reserve dalam pertemuannya tanggal 21-22 September 2021.
  2. Investor perusahaan properti Cina Evergrande melakukan protes untuk menuntut pembayaran. Perusahaan menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk menjual aset mereka secara cepat untuk memenuhi kewajiban hutang mereka dan mengalami tekanan akan aliran kas. Pokok utang Evergrande mencapai US$ 300 miliar. Indeks saham Cina turun dan indeks saham Hong Kong pada hari Kamis (16/9) jatuh ke titik terendahnya dalam tahun ini karena kekhawatiran bahwa kasus ini akan memicu krisis kredit keuangan industri properti Cina dan bisa merembet ke sektor-sektor lainnya.
  3. Perusahaan Apple (APPL) mengumumkan peluncuran beberapa model untuk iPhone 13, Apple Watch 7, serta bentuk baru dari iPad Air dan iPad mininya.
  4. Indeks NASDAQ 100 turun 1,36% sementara S&P 500 juga turun 0,5% akibat triple witching, yakni saat kontrak opsi saham, indeks saham berjangka, dan kontrak opsi indeks saham kedaluwarsa pada saat yang sama. Ini meningkatkan volume perdagangan dan pergerakan harga yang lebih besar di pekan di mana sentimen negatif sedang menggantung.

Pasar Kripto

  1. Perusahaan jasa profesional internasional, EY, akan bekerja sama dengan Polygon (MATIC) dalam mengembangkan dan menerapkan jasa enterprise solutions di jaringan Ethereum.
  2. Walmart membantah berita yang mengabarkan perusahaan ritel itu akan bekerja sama dengan Litecoin. Berita ini sebelumnya membuat Litecoin menyentuh US$234,1 pada hari Senin (13/9) sebelum akhirnya jatuh ke US$179,6 dalam waktu sejam. Kabar Sepekan: Harga LTC Anjlok, Inflasi AS Melambat, Pluang

Pasar Indonesia

  1. Neraca perdagangan Indonesia mencatat surplus tertinggi dalam sejarah pada bulan Agustus 2021 sebesar US$4,74 miliar dari hanya US$2,60 miliar bulan sebelumnya. Pertumbuhan bulanan ekspor melebihi pertumbuhan impor didorong oleh kenaikan harga pada batu bara, minyak kelapa sawit (CPO), kernel, alumunium, timah, karet, dan nikel. Membaiknya kinerja sektor ekspor akan memberikan stimulus organik untuk perekonomian domestik dengan efek selanjutnya pada tingkat konsumsi dan investasi.
  2. Bioskop di Jakarta kembali beroperasi hari Kamis (16/9). Operasi bioskop hanya terbatas untuk usia di atas 12 tahun, kapasitas 50%, kewajiban pemakaian aplikasi PeduliLindungi, dan larangan makan-minum. DKI Jakarta berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tingkat 3.
  3. Penjualan Sukuk Ritel 015 mencapai Rp27 triliun dan merupakan penjualan tertinggi untuk seri obligasi ritel pemerintah. SR015 memiliki tenor tiga tahun, dapat diperdagangkan di pasar sekunder oleh investor domestik dan tingkat kupon tetap 5.1%.
  4. Blibli.com akan melakukan akuisisi untuk 51 persen saham PT Supra Boga Lestari Tbk. atau lebih dikenal sebagai Ranch Market (RANC).

Pluang

Pluang telah meraih pendanaan tambahan sebesar US$35 juta sehingga meningkatkan pendanaan pada tahun 2021 mencapai US$55 juta. Pada minggu yang sama, produk NASDAQ 100 juga diluncurkan yang merupakan produk Micro E-Mini Nasdaq 100 Index Futures. Produk ini mengikuti pergerakan indeks NASDAQ 100, yang mengamati 100 perusahaan non-keuangan terbesar di bursa NASDAQ dan yang kebanyakan berbasis teknologi.

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img