Currently set to Index
Currently set to Follow

Kabar Sepekan: Omicron Gonjang-Ganjing, The Fed Ngebet Tapering

Kabar sepekan menemani akhir pekan kamu dengan rangkuman kabar internasional, domestik hingga aser kripto. Selamat beraktivitas di akhir pekan, sobat cuan!

Kabar Internasional Sepekan

1. The Fed Pantau Omicron

Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic mengatakan Omicron dapat berdampak serius pada perlambatan ekonomi dan meningkatkan ketidakpastian. Sehingga, kemunculannya menambah panjang daftar pertimbangan bagi Federal Reserve untuk mengambil langkah normalisasi kebijakan.

Sementara Ketua The Fed Jerome Powell meramal bahwa inflasi AS, yang belakangan terus meradang, akan mereda tahun depan seiring permintaan dan penawaran sudah kembali normal. Hanya saja, ia mengkhawatirkan bahwa virus COVID-19 varian Omicron akan bikin harga barang dan jasa terus meroket ke depan.

2. Indeks Manufaktur China Bikin Bingung

Badan Statistik Nasional China merilis bahwa indeks manufaktur bulanan China bertengger di 50,1 pada November, atau merangkak dari 49,2 pada Oktober. Kenaikan nilai indeks tersebut disebabkan oleh kenaikan permintaan industri manufaktur dari negara tirai bambu itu dan meredanya krisis ketenagalistrikan di China.

Namun, sehari setelahnya, lembaga media ekonomi yang berbasis di Beijing Caixin merilis bahwa Indeks manufaktur (Purchasing Managers Index/PMI) China bertengger di 49.9 pada November, lebih rendah dibanding 50,6 di Oktober. Nilai indeks manufaktur yang di bawah skor 50 menunjukkan bahwa aktivitas industri manufaktur China sedang ogah ekspansif.

3. China Surati Indonesia Terkait Laut Natuna

China menyurati Indonesia untuk menghentikan aktivitas pengeboran minyak di wilayah perairan Laut China Selatan. Sebab, negara tirai bambu tersebut mengklaim bahwa wilayah tersebut secara geografis masuk dalam teritorial wilayah China.

Aksi ini dikecam sejumlah pihak dari dalam negeri Indonesia maupun dari negara-negara mitra dagang seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Aktivitas di blok Natuna tetap berjalan dengan pengamanan dari TNI AL.

4. AS Serap 210.000 Tenaga Kerja

Data Non-Farm Payroll (NFP) menunjukkan bahwa Amerika Serikat menyerap 210.000 tenaga kerja baru sepanjang November, atau di bawah ekspektasi analis 550.000 tenaga kerja baru. Selain itu, angka ini pun anjlok ketimbang Oktober yakni 546.000.

5. Amerika Serikat Selamat Dari Shutdown

Senat Amerika Serikat meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan jangka pendek pemerintah. Draf RUU yang menjamin pemerintahan AS berjalan setidaknya hingga 18 Februari tahun depan itu pun telah dilayangkan ke meja Presiden AS Joe Biden untuk mendapat pengesahan.

Baca juga: Kabar Sepekan: Harga Minyak Cetak Rekor, Krisis Energi Jadi Momok

Kabar Aset Kripto Sepekan

1. Vitalik Buterin Ajukan Strategi Baru Tekan Gas Fee

Salah satu pendiri Blockchain Ethereum Vitalik Buterin mengunggah ajuan strategi teranyarnya guna menekan harga gas fee, yakni dengan membuat limit transaksi. Strategi Butterin diproyeksikan dapat menekan gas fee dari rata-rata 16 per byte data menjadi 3.

2. ‘Latah’ Ikut Tren Metaverse, Adidas Kolaborasi dengan Coinbase & The Sandbox

Produsen pakaian olahraga Adidas ikut “nyemplung” di kancah Metaverse dengan menggandeng Coinbase dan The Sandbox. Tak hanya itu saja, Adidas kemudian mengumumkan kerja sama dengan klub NFT paling hits Bored Ape Yacht Club

3. The Sandbox Duduk di Jajaran 50 Aset Kripto Terbesar. Kok Bisa?

Nilai Sandbox sukses tumbuh 76% dalam sepekan dan berhasil masuk 50 aset kripto terbesar sejagat. Hal ini terjadi setelah The Sandbox membuka SAND metaverse bagi pemegang NFT Alpha Pass pada 29 November lalu.

4. ‘Real Estate’ Virtual di Platform Metaverse Laku Keras

Komunitas kripto nampaknya lagi keranjingan beli ‘properti’ di Metaverse.

Axie Infinity, contohnya, kemarin mengumumkan bahwa sebuah kavling tanah langka di platformnya terjual sebesar 550 ETH atau setara US$2,48 juta.

Sementara itu, sebuah ‘real estate’ di Decentraland berhasil terjual senilai US$2,43 juta, yang menjadi rekor pembelian properti termahal di platform tersebut.

5. Shiba Inu Kini Dimiliki 1 Juta Orang

Nilai koin meme Shiba Inu (SHIB) melonjak 30% pekan ini setelah koin anjing ini ternyata telah digenggam oleh 1 juta orang.

Nilai SHIB kian tokcer setelah platform kripto top Kraken memasukkan koin tersebut ke dalam list koin-koin yang bisa dimiliki penggunanya.

6. Cardano Sudah Memproses 20 Juta Transaksi

Jaringan Cardano ternyata telah memproses 20 juta transaksi sejak peluncurannya. Peristiwa tersebut pertama kali diketahui oleh seorang pengguna Reddit yang mengatakan bahwa jaringan Cardano tidak pernah ngadat dalam 1.500 hari setelah diluncurkan.

Baca juga: Rangkuman Kabar: Dana Asing Pulang Kampung, Omicron Bikin Bingung

Kabar Domestik Sepekan

1. BI: Transaksi QRIS Naik 163%

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi elektronik menggunakan sistem kode QR terintegrasi (QRIS) mencapai Rp2,3 triliun per 1 November 2021, atau tumbuh 163% sejak awal tahun. Kemudian, BI juga mencatat 11,7 juta merchant telah menggunakan QRIS di periode yang sama, atau melebihi target yang ditetapkan BI.

2. Pemerintah Ketatkan PPKM

Pemerintah mengumumkan telah memperpanjang PPKM sejak 29 November hingga 13 Desember 2021 melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 63 Tahun 2021. Melalui keputusan tersebut, pemerintah memutuskan menaikkan status PPKM 23 kabupaten/kota dari level 1 ke level 2 seiring kenaikan tingkat penularan COVID-19.

3. Realisasi Penyerapan Biodiesel Akan Capai Target

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa serapan biodiesel nasional sudah mencapai 8,1 juta kiloliter (kl) per November 2021, kian mendekati target akhir tahun yakni 9,2 juta kl. Melihat data tersebut, pemerintah optimistis bahwa alokasi biodiesel nasional bisa terserap sepenuhnya.

4. Inflasi November 0,37%, Tertinggi Sepanjang 2021

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut indeks harga konsumen (IHK) November mengalami inflasi sebesar 0,37% secara bulanan, lebih tinggi dari inflasi Oktober 0,12%. Alhasil, Indonesia mengalami inflasi tahunan sebesar 1,75%.

5. BI: Rp12,5 Triliun ‘Kabur’ dari Indonesia

Bank Indonesia mencatat derasnya arus modal asing keluar dari pasar keuangan domestik alias capital outflow mencapai Rp12,5 triliun. Rinciannya, Rp9,82 triliun keluar dari pasar surat berharga negara (SBN), sementara sisa Rp2,68 triliun keluar dari pasar saham.

Data tersebut merupakan angka outflow dari 29 November hingga 2 Desember saja. Sementara sejak awal tahun, total capital outflow mencapai Rp31,76 triliun. Imbal hasil SBN bertenor 10 tahun yang kerap menjadi acuan pun mengalami kenaikan menjadi 6,43% dari 6,37% sehari sebelumnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img