Currently set to Index
Currently set to Follow

Kabar Sepekan: Tapering di Depan Mata, Harga Bitcoin Bersukacita

-Selamat berakhir pekan, Sobat Cuan! Menemani hari Sabtu ini, kamu bisa menyimak rangkuman kabar ekonomi dalam sepekan berikut!

Kabar Pasar Internasional Sepekan

1. Biro Statistik dan Ketenagakerjaan AS merilis tingkat inflasi September naik 0,4% secara bulanan, melonjak dibanding Agustus 0,3%, dan bikin inflasi tahunan AS bertengger di 5,4%.

2. Bank sentral AS The Fed bersiap akan mengurangi pembelian instrumen berharga (tapering) pada pertengahan November mendatang, yakni dari US$10 miliar per bulan menjadi US$5 miliar per bulan. Langkah itu terungkap setelah otoritas moneter AS itu merilis risalah rapat komite pasar terbuka federal (FOMC) September pada Rabu (13/10).

3. Harga minyak menyentuh US$85 per barel pada Jumat (15/10) yang menandai rekor tertingginya dalam tiga tahun terakhir. Krisis energi yang kian kronis di berbagai belahan dunia hingga ogahnya Arab Saudi menambah produksi minyak bumi bikin harga minyak meroket. Kenaikan harga minyak membuat pelaku pasar ketar-ketir akan inflasi yang kuat.

4. Harga batu bara di China mencapai 1.500 Yuan per ton. Ini merupakan level tertingginya dalam 25 tahun. Tingginya harga batu bara membuat tarif listrik per kilowatt hour (KWh) di negara tirai bambu tersebut mencapai 0,6 hingga 0,7 yuan per KWh, melampaui ambang batasnya 0,4 yuan per KwH.

Baca juga: Kabar Sepekan: Harga CPO Rekor, Harga Bitcoin Makin Gacor!

Kabar Pasar Kripto Sepekan

1. Harga Bitcoin kembali menembus US$60.000 per keping untuk pertama kalinya sejak April 2021. Kinclongnya performa sang raja aset kripto didorong oleh kabar ihwal rencana regulator jasa keuangan AS (The Securities and Exchane Commission) yang diduga akan menyetujui izin beberapa produk Exchange-Traded Fund (ETF) berbasis Bitcoin pada pekan depan.

2. Platform exchange aset kripto, Binance, melalui sistem blockchain Binance Smart Chain (BSC), menggelontorkan US$1 miliar untuk mempercepat adopsi kripto di lintas sektor ekonomi. Dana ini juga mencakup US$300 juta untuk pengembangan proyek desentralisasi yang dibangun di atas sistem BSC. Kabar ini sukses bikin harga koin native Binance, Binance Coin, terbang 15% pada Rabu (13/10).

3. Platform exchange kripto Coinbase mengumumkan telah menyampaikan usulan resmi ke Kongres AS untuk mengesahkan Undang-Undang yang memungkinkan satu lembaga regulator khusus untuk mengawasi kegiatan perusahaan platform crypto exchange. Dalam proposal tersebut, regulator khusus itu diharapkan punya wewenang untuk menyetujui perdagangan atau pencatatan aset kripto selain Bitcoin di AS.

4. Polkadot akan membuka lelang parachain di atas blockchainnya mulai 11 November mendatang. Melalui proses lelang ini, pengembang berkesempatan untuk mewujudkan proyek-proyeknya di atas parachain melalui proses lelang terbuka.

Baca juga: Rangkuman Kabar: Harga Komoditas Naik Daun, Surplus Dagang Melandai

Kabar Domestik Sepekan

1. Bank Indonesia mencatat lonjakan investor aset kripto pada paruh pertama tahun ini. Hingga Juni 2021, total investor aset kripto mencapai 6,5 juta, jauh melampaui investor pasar saham yang hanya sekitar 2,4 juta.

2. Indonesia mencatat surplus neraca dagang US$4,37 miliar pada September, lebih rendah dibanding US$4,74 miliar di Agustus. Surplus perdagangan susut akibat laju penurunan ekspor yang lebih besar dibanding impor. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor September turun 3,84% secara bulanan sementara impor turun 2,67%.

3. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor pasar modal berdasarkan Single Investor Identification (SID) mencapai 6,29 juta per akhir September. Berangkat dari posisi akhir 2020 sebesar 3,88 juta SID, jumlah investor domestik melesat 61,86% dalam sembilan bulan saja.

4. Emiten perbankan raksasa, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), akhirnya menunaikan pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan nilai 1:5 pada Rabu (13/10). Investor menyambut baik aksi korporasi tersebut hingga mendorong IHSG menembus level psikologis 6.500.

5. Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS sempat menyentuh Rp14.050 per Dolar AS pada Jumat (15/10), alias rekor terkuatnya dalam delapan bulan terakhir. Ketakutan investor asing atas inflasi AS yang kian meradang beserta derasnya aliran modal asing ke pasar saham domestik membuat mata uang garuda melayang tinggi pekan ini.

Baca juga: Rangkuman Pasar: Bye Teknologi, Big Caps Jadi Jagoan IHSG Hari Ini

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img