Sobat Ambyar Sumbang Rp4 M di Konser Amal Didi Kempot untuk Covid-19

Dalam rangka mengumpulkan dana untuk penanganan wabah COVID-19, sejumlah musisi menggelar konser amal. Salah satu musisi yang mengadakannya adalah penyanyi musik campursari yang “sedang naik daun lagi” Didi Kempot.

Dihelat di Lokananta, studio legendaris yang berada di kota Solo, konser amal Didi Kempot yang berdurasi 3 jam ini ditayangkan secara langsung di salah satu televisi swasta. Para penonton yang menyimak dapat memberikan donasi melalui platform kitabisa.com atau melalui akun bank televisi swasta tersebut.

didi kempot
Sumber: Kompas TV

Dilansir thejakartapost, dalam konser amal ini Didi Kempot berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp5,3 M. Dana itu diperoleh dari 30.230 donor dan akan disalurkan kepada pihak yang kehilangan pekerjaan karena wabah COVID-19, terutama pekerja kelas menengah ke bawah dan pekerja informal.

Bahkan menurut perhitungan kompas.com, hanya dalam 2 jam pertama di konser itu Didi Kempot sudah berhasil mengetuk hati para sobat ambyar untuk berdonasi, dan dana yang masuk mencapai Rp4 M.

Didi Kempot hanyalah salah satu musisi populer Indonesia yang menggelar konser amal. Selain itu, penyanyi pop Raisa juga menggelar konser amal pada 17 April silam. Sementara di luar negeri, penyanyi Lady Gaga menginisiasi sebuah konser amal besar bertajuk One World: Together at Home.

Baca juga: Tetap Bugar Kala Pandemi, Ini 3 Cara Simpel untuk Olahraga #dirumahaja

Konser amal kelas dunia bikinan Lady Gaga

Kamu tentu tak asing lagi dengan Lady Gaga, kan? Penyanyi populer yang sering bikin kontroversi ini juga menggelar konser. Dana yang terkumpul di konser ini disumbangkan ke WHO untuk digunakan membiayai penanganan wabah COVID-19.

Bertajuk One World: Together at Home, konser yang dihelat pada 18 April ini ditayangkan secara langsung di berbagai layanan streaming dan TV kabel.

Dilansir Billboard Indonesia (21/04), di konser ini Lady Gaga, WHO, dan Global Citizen berhasil mengumpulkan dana sejumlah $ 127.9 Juta.

Mulai dari Didi Kempot, Raisa, sampai Lady Gaga dan kawan-kawan, semua musisi turut serta bahu-membahu menggelar konser amal untuk mengumpulkan dana demi penanganan COVID-19.

Kondisi wabah COVID-19 memang makin memprihatinkan. Per 24 April, seperti dilaporkan Worldometers, pengidap positif COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 2.725.434 kasus.

Wajar jika kemudian para musisi seperti Didi Kempot, Lady Gaga, atau Raisa menghelat konser amal. Untuk menangani pandemi ini dibutuhkan uang yang tidak sedikit kan.

Selain ketiga musisi yang disebutkan di atas, kamu  juga harus tahu bahwa ada sekian konser amal lain dihelat oleh para musisi dari berbagai genre.

Baca juga: Dirumahkan Kantor Karena Corona? Jajal 6 Situs Freelance Indonesia Ini!

Beberapa konser amal pengumpulan dana untuk penanggulangan COVID-19

konser amal
Sumber: Kitabisa.com

#1 Konser Amal – #dirumahaja: Solidaritas Lawan Corona

Konser ini digagas oleh jurnalis kawakan Najwa Shihab dan stasiun TV-nya. Menampilkan beberapa musisi papan atas, di konser amal yang digelar pada 25-27 Maret silam ini tampak para musisi didaulat membawakan lagu “Rumah Kita” milik Godbless.

Selain itu, para musisi juga didaulat membawakan karyanya sendiri. Puncak dari konser amal ini adalah penampilan The Godfather of Broken Heart Didi Kempot.

Konser besutan Najwa Shibab ini berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp11 M.

#2 Bantu Bangsa Lewat Nada

Konser yang diselenggarakan oleh Pegadaian, salah satu BUMN ini juga bertujuan mengumpulkan dana untuk penanganan pandemi COVID-19. Selain itu konser amal ini juga dimaksudkan menjadi penghibur di tengah imbauan untuk karantina mandiri dan bekerja di rumah.

Sejumlah musisi populer Indonesia turut serta meramaikan konser amal ini. Di antaranya adalah Maliq & D’Essentials, Yuni Shara, Opick, dan sekali lagi Didi Kempot.

Yang menarik, jumlah donasi untuk penanganan COVID-19 di konser ini didasarkan pada jumlah view. Semakin banyak view atau orang menonton konser ini, semakin banyak donasi yang disumbangkan Pegadaian.

Konser Bantu Bangsa Lewat Nada ini dilangsungkan pada 18 April silam, dan dapat disimak di kanal YouTube PT Pegadaian.

#3 Konser Amal – #KonserSatuCara

Di konser yang ditayangkan di layanan streaming pada 9-10 April silam ini, tampil 38 musisi Tanah Air.

Beberapa musisi yang tampil di antaranya adalah Raisa, Titi DJ, Rio Febrian, Rossa, Marcell, Afghan, Virgoun, dan Ruth Sahanaya.

#KonserSatuCara ini dibuat dalam rangka menghibur masyarakat yang sedang menjalani karantina mandiri dan bekerja di rumah, selain itu tentu saja tujuannya adalah menjadi konser amal untuk mengumpulkan dana.

Di konser ini sekaligus diluncurkan lagu “Satu Cara” karya musisi Andi Rianto dan sineas perfilman Monty Tiwa.

Nah itu beberapa musisi yang bahu-membahu menggelar konser amal untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk penanganan pandemi COVID-19. Kamu tentu juga terketuk hatinya untuk membantu kan setelah melihat aksi Didi Kempot dan musisi lainnya?

Sumber: Thejakartapost, Billboard

Simak juga:

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Investasi di Perfilman Indonesia dengan Patungan Rp10.000 Aja, Mau?

Bantu Atasi Defisit Anggaran, Iuran BPJS Alami Kenaikan 100%

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img