Currently set to Index
Currently set to Follow

Pasar Sepekan : Minggu Cuan untuk Aset Kripto dan Indeks AS

Minggu yang cukup indah untuk semua kelas aset! Aset kripto seperti ETH berhasil naik, dan Indeks AS kembali mencatatkan kenaikan signifikan.

Aset Kripto

Minggu yang cukup indah untuk aset kripto terutama untuk koin-koin yang berhubungan dengan gaming dan metaverse mendapatkan momentum yang sangat baik.  BTC masih bercokol di area $60.000 dan lagi-lagi ETH mengejutkan para investor dengan mencapai level ATHnya di sekitar level $4.500. Kondisi ini sangat baik, mengingat tapering sudah di depan mata dan terjadi penguatan signifikan di US 10 yield serta ada penguatan dollar yang menyebabkan berbagai aset yang volatil seperti komoditas juga terkoreksi.

Facebook Berganti Nama Menjadi Meta

Facebook yang baru saja resmi berganti nama menjadi Meta minggu lalu menyebabkan koin-koin yang memilik fungi Metaverse atau Virtual Reality berterbangan. Koin gaming terbang MANA, SAND, dan ENJ telah naik 255%, 249%, dan 40% minggu ini. Selain koin-koin yang memiliki fungsi Metaverse naik, koin-koin yang juga memiliki komunitas gaming yang tinggi seperti Axie Infinity berhasil juga menyentuh level ATHnya pada level $164 sebelum terkonsolidasi di level $150 sampai artikel ini ditulis.

baca : Rangkuman Pasar: SAND & Koin Gaming Meroket, IHSG Malah Kepeleset

CryptoPunk NFT Terjual $530 Juta

Sobat cuan pasti mendengar bahwa ada berita bahwa NFT CryptoPunk terjual sebesar $530 juta atau sebesar 124.457 ETH bisa dibilang ini merupakan salah satu gambar termahal di dunia melebihi lukisan terkenal dunia. Namun setelah diselediki, hal ini hanyalah publisitas belaka dimana yang menjual dan membeli adalah rekan yang terafiliasi. Jadi sebenarnya belum ada NFT yang sudah semahal ini Sobat Cuan. Di lain sisi, ada juga investor yang mendapatkan penaawaran yang murah. 

Lelang Parachain Bikin Polkadot to-the-moon

Minggu ini, Tim Polkadot mengumumkan bahwa para pengembang ekosistem blockchain did ekosistem Polkadot dapat mengembangkan Parachain di koin tersebut. Dengan adannya Parachain, para pengguna bisa menggunakan ekosistem untuk bertransaksi lebih cepat dengan biaya lebih murah. Selain itu, pengembangan terbaru ini tidak memberikan personal para pengguna ke developer. Pengembangan ini juga memberikan kesempatan para pengguna untuk dapat memberikan “pinjaman terhadap pengguna yang lain untuk mengembangkan proyek di blockhain Dot”, Dengan adanya fungsi ini, permintaan DOT terus meningkat dan harga DOT bisa naik terus.

baca : ‘Ethereum Killer’ Polkadot vs Cardano, Mana yang Paling Oke?

ETH Terbang ke Bulan

Etherium berhasil terbang menyentuh level ATHnya di level $4.500 pada minggu ini. Banyak investor yang memberikan harapan tinggi terhadap Etherium dimana Etherium diharapkan akan bisa menyaingi BTC ke depannya. ETH ETF yang akan diluncurkan pada tahun 2022 tentu saja akan menjadi katalis positif bagi pergerakan ETH ke depannya. Selain itu booming NFT dimana ekosistem ERC-20 merupakan infrastruktur utama di NFT terus diminati oleh para investor yang mencoba berspekulasi di dunia NFT. Tapi Sobatcuan, jangan terlalu senang dulu kalau Etherium tidak berbenah, bisa-bisa Etherium digantikan oleh blockchain yang lebih canggih dan lebih murah terutama dalam biaya transaksinya. Untuk saat ini Gas fee dari Etherium merupakan Gas Fee yang paling mahal. Paling murah, saat ini bisa berkisar $25 sekali transaksi dan bisa mencapai $100 apabila transaksi di ekosistem Etherium sedang penuh.

baca : Apa Itu Gas Fees?

Tipu-Tipu ala Squid Game

Tenang Sobat Cuan, bukan film nya yang menipu kita, tetapi ada developer blockhain atau token yang mendompleng ketenaran Squid Game. Minggu ini ada kejadian dimana koin Squid sempat naik 23.800.000% dalam seminggu karena dimanipulasi oleh pemilik koinnya. Ketika para investor kecil mulai masuk ke dalam koin ini, langsung saja pemilik koin melakukan “Rug Pull” atau suatu kejadian yang dapat menyebabkan koin kehilangan nilainya. Akibatnya, koin ini terjun bebas ke $0,0008 dalam waktu hanya 5 menit saja. Seperti filmnya, ternyata para peserta yang ikut berpartisipasi di dalam koin ini kehilangan asetnya dan hanya developer / pengembang dari koin ini yang memenangkan semuanya.

baca : Waspada Sobat Cuan! Simak Cara Hindari Scam Saat Yield Farming Berikut!

Selamat Ulang Tahun ke 13 BTC!

Minggu ini merupakan ulang tahun ke 13 dari koin pemersatu seluruh investor aset kripto di dunia yaitu BTC. Minggu ini merupakan pertama kalinya, white paper dari BTC di publikasi di internet dengan nama Satoshi Nakamoto. Saat pertama kali diluncurkan, harga BTC saat itu hanya $0,0008 dan saat ini BTC memiliki harga $60.000. Kalau saja kita memiliki mesin waktu dan membeli BTC pada tahun 2008, kira-kira bagaimana nasib kita ya Sobat Cuan?!

Baca : Blockchain, Bitcoin, dan Aset Kripto Lainnya

Indeks Saham AS

Indeks saham AS yaitu S&P500 serta Nasdaq lagi-lagi membukukan kenaikan didorong oleh laporan keuangan yang melebihi ekspektasi para analis. S&P500 dan Nasdaq berhasil naik terus walapun Tapering akan dilakukan pada akhir Bulan November 2021. Walapun para investor takut dengn tapering, tetapi Reli kali ini banyak  didorong oleh kenaikan saham-saham yang telah melaporkan laporang keuangannya. Kebanyakan dari mereka mencatakan kinerja yang sangat baik jauh di atas rata-rata ekspektasi analis. 

Pada hari Jumat, Saham NVIDIA yang merupakan salah satu favorit chipmaker dari para penggila komputer juga naik 12% pada perdagangan kemarin malam. Kenaikan saham dari perusahaan chipmaker ini didorong oleh ekspektasi analis yang menyatakan bahwa permintaan chip bisa naik karena Metaverse atau virtual reality. Gaming merupakan salah satu sektor yang akan banyak menggunakan chip karena tanpa chip  tentu saja komputer tidak berjalan.

Tapering Priced In?

Isu minggu ini tidak jauh-jauh dari Tapering. Hari Rabu kemarin, memang the Fed sudah menyatakan bahwa akan melakukan pembelian aset setelah mengelontorkan stimulus gila-gilaan dari tahun 2020. Sebenarnya melihat pergerakan aset agak sedikit membingunkan, karena melihat dari US10 yield atau metriks yang mengambarkan yield dari obligasi AS mengambarkan bahwa pasar ekuitas kelihatannya akan turun. Tetapi yang kita lihat adalah, pasar merespon dengan lebih positif. Kita lihat S&P500 berhasil naik mencapai ATHnya di level 4.680 dan Nasdaq di level 15.940. Akankah, reli Indeks AS akan berlanjut minggu depan?

baca : Ada Produk Indeks S&P 500 ETF, Futures, dan Fund. Apa bedanya?

EMAS

Emas merupakan aset yang paling tertinggal dibandingkan dengan aset kripto atau Indeks AS. Emas masih bercokol pada area $1.793,50 per oz walapun ekspektasi Tapering serta kenaikan inflasi tidak mendorong emas bisa kembali ke level $1.800 dalam waktu dekat. Melihat harga Dollar yang juga berhasil rebound ke level 94.32 tidak mendorong harga emas juga naik. Kelihatannya, Rupiah juga bisa mengalami sedikit pelemahan hari ini akibat harga Dollar yang sedikit naik di perdagangan kemarin malam. Secara pasar, memang inflasi yang akan naik karena tekanan harga komoditas mestinya bisa membuat harga emas semakin berkilau. Namun kenyataan berbeda dengan ekspektasi, aset emas masih jauh tertinggal secara kinerja dibandingkan dengan aset kripto dan komoditas lain. Untuk saat ini, investor nampaknya belum terlalu yakin dengan emas melihat momentum dari komoditas logam mulia ini belum terlalu panas seperti aset kripto. Namun Sobat Cuan, jangan lupa untuk diversifikasi asetmu apabila aset berisiko tinggi akan turun karena volatilitas.

baca :Harga Emas Kembali Pulih di Tengah Kekhawatiran Investor

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img