Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: Harga BTC Rekor, Indeks Saham AS Makin Gacor!

Mengawali kegiatan selepas libur nyempil, Sobat Cuan bisa menyimak rangkuman pasar sehari terakhir dalam Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Nilai indeks S&P 500 menutup sesi perdagangan Rabu (20/10) di level 4.536,95 poin, atau menguat 0,37% dalam sehari terakhir. Hal ini menandakan bahwa indeks yang dihuni 500 perusahaan top seantero AS tersebut mendekati rekor tertinggi terbarunya.

Di sisi lain, nilai indeks saham Dow Jones Industrial Average naik 0,43%. Namun, nilai indeks Nasdaq Composite malah lunglai 0,05%.

Indeks S&P 500 ngegas menuju puncak berkat kinerja tokcer saham sektor utilitas dan kesehatan. Hal itu terjadi setelah nilai saham Moderna dan Johnson & Johnson kompak ngebut setelah The US Food and Drug Administration (FDA) menyetujui izin booster bagi vaksin besutan dua perusahaan tersebut. Di sisi lain, sektor teknologi yang selama ini menopang pergerakan trio indeks Wall Street ngaso sejenak.

Baca juga: Pluang Pagi: Bitcoin Bersiap Rekor, IHSG & Indeks AS Ogah Kendor!

Aset Kripto

Harga Bitcoin akhirnya mencetak rekor terbarunya di atas US$67.000 pada Rabu sementara harga ETH terbang ke level US$4.100 untuk pertama kalinya sejak Mei silam. Dua peristiwa tersebut bikin nilai kapitalisasi pasar aset kripto ikut mencetak rekor di atas US$2,63 triliun.

Angka dominasi Bitcoin di pasar kripto telah menyentuh 46.91%, dan sebentar lagi menyentuh angka 47% hingga 48%, mirip seperti bull run yang terjadi awal tahun lalu. Tingkat dominasi BTC sendiri adalah ukuran yang menggambarkan rasio antara kapitalisasi pasar bitcoin terhadap kapitalisasi kripto secara keseluruhan. Tingginya angka tersebut tak mengherankan, mengingat Bitcoin memang aset kripto ori yang selalu mempertahankan kekuasannya di pasar kripto selama bertahun-tahun.

Pelaku pasar dapat memantau terus pergerakan BTC dan ETH mengingat sentimen positif dari persetujuan regulator pasar modal AS (The Securities and Exchange Commission) atas produk ETF berbasis Bitcoin masih akan berlanjut. Pelaku pasar juga sekaligus memantau koin yang berkapitalisasi pasar besar seperti SOL, LUNA, FTM, dan ADA. Namun, analis mengingatkan pelaku pasar untuk jangan fokus ke grup altcoin mengingat tingkat dominasi BTC di pasar kripto lagi subur.

Emas

Harga emas di pasar spot pada Kamis pukul 08.00 WIB berada di level US$1.784,25 per ons, atau naik 0,9% dalam sehari terakhir. Sementara itu, nilai emas berjangka AS Desember berada di level US$1.783,9 per ons, naik 0,8% di periode yang sama.

Kenaikan harga sang logam mulia terjadi setelah nilai Dolar AS memble, sehingga harga emas menjadi relatiif lebih murah bagi investor yang jarang bertransaksi menggunakan denominasi tersebut. Adapun nilai Dolar AS terkulai setelah investor mulai mengkhawatirkan inflasi.

Baca juga: Kabar Sepekan: Tapering di Depan Mata, Harga Bitcoin Bersukacita

Pasar Domestik

Setelah mundur ke zona merah pada perdagangan Selasa (19/10), nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bisa bergerak maju pada hari ini ditopang oleh kinerja positif indeks saham AS.

Pasar saham negara-negara berkembang juga diperkirakan mencetak performa jitu mengingat nilai Dolar AS pun sedang keok bersamaan dengan kenaikan harga komoditas. Selain itu, harga kripto yang lagi on fire juga diperkirakan akan bikin investor kian selera memasuki aset-aset berisiko.

Pada hari ini, indeks domestik akan dihujani sentimen positif kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO). Alasan utama yang mendorong kenaikan tersebut adalah jumlah permintaan yang lebih tinggi dari pasokan.

Melansir Bloomberg, harga CPO berjangka untuk kontrak pengiriman Januari 2022 di Malaysia Derivatives Exchange kembali menorehkan rekor tertinggi setelah naik 2,47% ke 5.083 per ton Ringgit Malaysia.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img