Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Berita & Analisis

Pluang Pagi: Investor Lagi Optimistis, AVAX Hingga XRP Melonjak Drastis

Pluang Pagi: Investor Lagi Optimistis, AVAX Hingga XRP Melonjak Drastis

22 Dec 2021, 2:18 AM·Waktu baca: 3 menit
Kategori
Pluang Pagi: Investor Lagi Optimistis, AVAX Hingga XRP Melonjak Drastis

Selamat pagi, Sobat Cuan! Penasaran dengan kinerja pasar pada Rabu (22/12) pagi? Yuk, simak bersama di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Ketiga indeks saham Amerika Serikat kompak ditutup menguat pada sesi perdagangan Selasa (21/12) waktu setempat. Nilai Dow Jones Industrial Average (DJIA) melonjak 1,6%, sementara nilai S&P 500 dan Nasdaq Composite justru melompat lebih tinggi dengan mencetak pertumbuhan masing-masing 1,78% dan 2,4%.

Trio indeks saham Wall Street kembali membukukan performa mumpuni setelah pelaku pasar kian selera merangsek masuk pasar modal. Aksi ini terjadi pasca Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa negara adidaya tersebut tidak akan kembali mengunci wilayahnya sembari meminta warga AS untuk menerima vaksin.

Selain itu, pelaku pasar juga berharap bahwa stimulus ekonomi sebesar US$2 triliun bisa segera digelontorkan pada Januari mendatang.

Tak berhenti sampai situ, optimisme pelaku pasar juga berhulu dari kinerja moncer para emiten Wall Street. Moderna Inc, contohnya, kemarin membeberkan bahwa pendapatan perusahaan terus melonjak sekaligus memberikan informasi bahwa vaksin COVID-19 besutannya mampu menangkal varian Omicron.

Kemudian, saham Nike juga menanjak setelah perusahaan melaporkan pertumbuhan penjualan apik di AS meski penjualan di China tengah melorot.

Baca juga: Pluang Pagi: Indeks AS Bangkit Lagi, Cardano Gak Malu-Malu Unjuk Gigi

Aset Kripto

Pasar aset kripto masih terlihat subur pada pagi ini. Melansir Coinmarketcap pukul 08.36 WIB, delapan dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar jumbo sejagat masih bertengger di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Nilai Bitcoin (BTC) bercokol di US$48.765,15 per keping alias naik 3,89% dibandingkan sehari sebelumnya. Sementara itu, nilai rival terberatnya Ether (ETH) naik 2,2% ke US$4.017,41 di waktu yang sama.

Secara umum, pergerakan positif pasar kripto dalam sehari terakhir didorong oleh dua faktor.

Pertama, pelaku pasar nampaknya memanfaatkan momen pelemahan harga kripto di awal pekan untuk melancarkan aksi buy the dip. Kedua, pelaku pasar kian optimistis nyemplung ke pasar kripto setelah laporan lembaga pemeringkat Fitch Ratings yang menyebut bahwa regulasi kripto yang baik dapat memitigasi risiko kredit stablecoin.

Nilai Bitcoin (BTC) bercokol di US$48.765,15 per keping alias naik 3,89% dibandingkan sehari sebelumnya. Sementara itu, nilai rival terberatnya Ether (ETH) naik 2,2% ke US$4.017,41 di waktu yang sama.

Khusus ETH, nilainya makin terdongkrak setelah pengembangnya, the Ethereum Foundation, meluncurkan Kintsugi testnet. Yakni, proyek penggabungan yang akan menggantikan protokol proof-of-work (PoW) pada blockchain tersebut menjadi proof-of-stake (PoS). Dengan demikian, maka Ethereum akan selangkah lebih dekat menuju pembaruan sistem Ethereum 2.0.

Kintsugi testnet merupakan langkah terakhir sebelum penggabungan itu akhirnya dapat terealisasi. Pagi tadi, pembaruan tersebut berlangsung sehingga para pengguna dapat mencicipi bagaimana Ethereum beroperasi pasca penggabungan nanti.

Selain BTC dan ETH, nilai XRP juga melonjak tajam hingga 9,79% dalam sehari terakhir. Hal ini terjadi setelah Fitch Ratings meluncurkan laporannya tentang stablecoins serta pengumuman bahwa pengembang XRP, Ripple, menjajaki kerja sama dengan Palau untuk memanfaatkan stablecoin XRPL sebagai langkah awal implementasi mata uang digital di negara pasifik tersebut.

Nasib mujur tak hanya menghampiri XRP. Nilai Avalanche (AVAX) justru lebih mantap dengan melonjak 10,74% dalam sehari terakhir. Kinerja mumpuni itu terjadi setelah AVAX menjadi salah satu koin yang tercatat di platform tukar menukar kripto Kraken.

Emas

Harga emas spot bertengger di US$1.790,03 per ons, merosot 0,12% dibanding sehari sebelumnya. Nilai sang logam mulia melorot setelah pelaku pasar kini mulai meninggalkan aset safe haven dan melirik pasar kelas aset berisiko.

Sikap ini muncul pasca pelaku pasar yakin bahwa ekonomi AS tidak akan terhantam parah oleh penyebaran COVID-19 Omicron setelah pengumuman Biden dan niatan Partai Demokrat untuk terus mendorong stimulus US$1,75 triliun dalam RUU yang disebut Build Back Better.

Dolar AS

Nilai indeks Dolar AS bertengger di 96,45 pada pukul 07.15 WIB, terpeleset 0,1% dibanding sehari sebelumnya. Sikap investor yang mulai melirik kelas aset berisiko mengerek permintaan mata uang lain dan akhirnya bikin nilai sang aset greenback meleleh.

Baca juga: Pluang Pagi: Taper Tantrum di Depan Mata, Saham AS hingga Emas Terlunta

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Ditulis oleh
channel logo

Galih Gumelar

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar