Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: Koin Metaverse Makin Gaspol, Harga Emas Masih Ambrol

Selamat pagi, Sobat Cuan! Mengawali hari Jumat (26/11), yuk simak rangkuman kinerja pasar pagi ini dalam Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Bursa saham Amerika Serikat tidak beroperasi pada Kamis (25/11) karena perayaan hari Thanksgiving. Selamat hari Thanksgiving dan selamat berbelanja bagi Sobat Cuan di AS!

Baca juga: Pluang Pagi: Bitcoin Alami Flash Crash, Indeks S&P 500 Makin Sukses!

Aset Kripto

Pasar aset kripto masih menunjukkan sinyal-sinyal “kehidupan” meski kondisinya tidak secemerlang Kamis (25/11). Melansir Coinmarketcap pukul 08.46 WIB, lima dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar jumbo sukses masuk zona hijau dalam sehari terakhir.

Bitcoin (BTC), contohnya, naik 1,1% dalam sehari belakangan dan melenggang ke level US$58.800 per keping. Nilai sang raja aset kripto terdongkrak berkat sentimen adopsi, baik oleh investor institusi maupun publik, di masa depan.

Laporan Blockdata menyebut bahwa nilai transfer di jaringan Bitcoin bakal menyamai arus transaksi Dolar AS di jaringan Mastercard pada awal 2026, atau paling lambat 2060. Saat ini, jaringan Bitcoin memang sudah memproses nilai transaksi dalam Dolar AS yang lebih besar ketimbang perusahaan pembayaran raksasa Paypal.

Selain itu, investment bank tersohor Morgan Stanley telah meningkatkan eksposur terhadap Bitcoin setelah membeli produk dana amanah Bitcoin milik Grayscale, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Dengan demikian, kini perusahaan telah menggenggam 6,62 juta lembar GBTC yang bernilai US$303 juta.

Nasib mujur Bitcoin pun menular ke aset kripto utama lainnya. Ether (ETH) contohnya sukses melompat 4,3% sementara Binance Coin (BNB) naik 8,39% dalam sehari terakhir.

Namun, pusat perhatian aset kripto dalam sehari terakhir tertuju pada Basic Attention Token (BAT). Nilainya sempat melonjak 35% dalam sehari setelah platform BAT meneken kerja sama dengan Brave Browser dan Solana untuk menyediakan fitur dompet digital bagi blockchain Solana yang akan ditempatkan di peramban Brave baik di desktop maupun versi mobile.

Selain BAT, koin-koin yang berasal dari platform kehidupan maya (Metaverse) juga kecipratan cuan sehari terakhir.

Nilai koin Decentraland, MANA, contohnya, berhasil terbang 10,6% dalam 24 jam ke belakang setelah makin banyak orang penasaran ingin hidup secara virtual.

Seperti diketahui, di dalam Decentraland, pengguna bisa membeli kavling tanah digital yang nantinya bisa dibangun atau disewakan ke pengguna lainnya. Nah, pada Rabu (24/11), nilai penjualan kavling tanah tersebut menyentuh rekor tertingginya US$2,4 juta. Makanya, tak heran jika nilai MANA ikut moncer hingga saat ini.

Tak hanya MANA, nilai The Sandbox (SAND) juga melonjak 7,7% di saat yang sama. Peristiwa ini berlangsung setelah Adidas mengumumkan kerja sama dengan Coinbase dan The Sandbox karena tertarik untuk masuk ke dunia Metaverse dan Non-Fungible Token (NFT).

Emas

Harga emas spot pagi hari ini berada di level US$1.792,6 per ons, atau naik 0,2% dibanding sehari sebelumnya. Nilai emas pasar berjangka juga ikut melompat 0,5% ke level US$1.793,9 per ons.

Meski menguat dalam sehari belakangan, namun nilai sang logam mulia tengah mengalami pekan terburuknya dalam lima bulan terakhir. Ya, harga emas terpukul selama sepekan setelah pelaku pasar meyakini bahwa bank sentral AS The Fed akan mengetatkan kebijakan moneternya demi meredam inflasi yang kian bergejolak.

Nah, ekspektasi investor terkait pengetatkan kebijakan moneter membuat dua musuh bebuyutan emas, nilai Dolar AS dan tingkat imbal hasil obligasi AS, menguat.

Dolar AS

Nilai indeks Dolar AS bercokol di 96,69, susut 0,09% dibanding kemarin. Sejatinya, tidak ada pergerakan yang berarti di pasar valauta asing mengingat libur Thanksgiving. Sementara itu, pasar akan beroperasi “setengah hari” di Jumat.

Baca juga: Pluang Pagi: Saham AS & IHSG Kian Kinclong, Dolar AS Makin Amsyong

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img