Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: Pagi-Pagi Sudah Riuh, Saham AS Hingga Kripto ‘Lumpuh’

Selamat pagi, Sobat Cuan! Mengawali Rabu (29/12) terakhir di 2021 ini, yuk simak rangkuman kinerja pasar pagi ini di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Ketiga indeks saham utama Amerika Serikat (AS) tidak satu suara pada sesi perdagangan Selasa (28/12) waktu setempat. Nilai indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) melompat 0,3%, sementara nilai S&P 500 dan Nasdaq masing-masing melandai 0,1% dan 0,6%.

Kondisi ironis dialami S&P 500 lantaran nilainya sempat menembus rekor tertingginya di 4.800 sebelum akhirnya melorot lagi.

Kinerja memble saham-saham teknologi menjadi biang keladi pelemahan nilai indeks S&P 500 dan Nasdaq kemarin. Hal tersebut, maklum, disebabkan oleh aksi ambil untung (profit taking) investor setelah trio indeks saham Wall Street terus menguat dalam beberapa hari terakhir.

Sayangnya, pelemahan kinerja saham teknologi tersebut menutup kinerja apik saham sektor penerbangan. Sekadar informasi, saham United Airlines dan Delta Airlines berhasil rebound setelah melemah beberapa hari terakhir akibat maraknya pembatalan penerbangan gara-gara penyebaran COVID-19 Omicron.

Baca juga: Pluang Pagi: Saham AS Rekor Lagi, Aset Kripto Ogah Unjuk Gigi

Pasar Kripto

Cuaca mendung juga terpantau di atas langit pasar kripto. Melansir Coinmarketcap pukul 07.00 WIB, delapan dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar sedunia pasrah menetap di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai Bitcoin (BTC), misalnya, anjlok 5,96% dalam sehari terakhir dan kini nongkrong di US$47.586,29 per keping. Sementara itu, nilai Ether (ETH) melandai 5,78% ke US$3.793,37 di waktu yang sama.

Kondisi yang sama juga terjadi pada geng pembunuh Ethereum. Nilai Solana (SOL), Cardano (ADA), Polkadot (DOT), dan Avalanche (AVAX) masing-masing lunglai sebesar 8,87%, 7,2%, 9,13%, dan 5,16% di waktu yang sama.

Aksi jual investor yang deras di pasar kripto menjadi biang kerok amblasnya beberapa nilai aset kripto pagi ini. Apalagi menurut lembaga analisis on-chain Glassnode, volume transaksi di jaringan blockchain Bitcoin terlihat sepi. Sementara itu, Cointelegraph melaporkan bahwa bandar (whales) ETH kompak melakukan aksi obral setelah nilainya turun ke bawah US$4.000 per keping.

Kabar lainnya datang dari El Salvador. Sejumlah Bitcoin milik warga negara Amerika Tengah tersebut dilaporkan raib dari dompet digital Chivo milik mereka. Namun, pemerintah El Salvador dilaporkan tidak menindaklanjuti hal tersebut.

Emas

Harga emas spot bercokol di level US$1.804,85 per keping pada pukul 07.14 WIB alias melemah 0,42% dalam sehari terakhir. Nilai sang logam mulia loyo setelah musuh bebuyutannya, Dolar AS, menguat.

Sekadar informasi, penguatan Dolar AS membuat harga emas menjadi relatif lebih mahal bagi mereka yang jarang bertransaksi menggunakan mata uang tersebut. Akibatnya, permintaan emas akan melorot dan harganya pun merosot.

Selain itu, menguatnya indeks saham Wall Street di awal sesi perdagangan kemarin juga sempat bikin harga emas terpelanting.

Analis UBS Giovanni Staunovo mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan The Fed dan meredanya tingkat inflasi AS akan membuat harga emas finish di kisaran US$1.650 per ons di akhir 2022.

Baca juga: Pluang Pagi: Saham AS & IHSG Kian Kinclong, Dolar AS Makin Amsyong

Dolar AS

Nilai indeks Dolar AS berada di level 96,15 pada pukul 07.20 WIB, naik 0,06% dibanding sehari sebelumnya. Nilai sang aset greenback terdongkrak akibat tipisnya volume perdagangan disertai antisipasi investor atas kenaikan suku bunga acuan Fed Rate Maret mendatang.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 dan Nasdaq index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img