Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: SOL Semakin di Depan, BTC & ETH Subur di Akhir Pekan

Selamat pagi, Sobat Cuan! Mengawali aktivitas kamu sembari ngopi di pagi ini, yuk simak rangkuman kinerja pasar berikut!

Indeks Saham AS

Trio indeks saham Amerika Serikat kompak menutup sesi perdagangan Jumat (5/11) dengan bertengger di rekor terbarunya. Nilai Dow Jones Industrial Average naik 1,93%, sementara pertumbuhan S&P 500 dan Nasdaq terlihat lebih mentereng dengan nilai masing-masing 2% dan 3,05%.

Ketiga indeks saham Wall Street sukses tersenyum lebar di akhir pekan akibat data ekonomi yang kuat dan hasil pelaporan keuangan emiten di kuartal III (earnings season) yang menggembirakan.

Salah satu contohnya adalah Berkshire Hathaway yang membukukan kenaikan pendapatan operasi 18% secara tahunan pada triwulan lalu. Selain itu, perusahaan juga menggenggam aset kas senilai US$149,2 miliar per akhir kuartal lalu, naik dari US$144,1 miliar di periode sebelumnya.

Aset Kripto

Harga Bitcoin (BTC) terlihat bertengger di US$65.590 per keping pada Senin pukul 08.00 WIB alias naik 5,22% dalam sehari terakhir. Nilai aset kripto nomor wahid sejagat itu terbang sepanjang akhir pekan lantaran nilai transaksi Bitcoin di beberapa platform tukar menukar aset kripto terbilang suam-suam kuku. Alhasil, kini dominasi BTC di total kapitalisasi pasar kripto pun mundur perlahan.

Nampaknya, narasi utama perdagangan kripto belakangan ini memang tengah fokus ke altcoin. Tengok saja ketua geng altcoin sekaligus rival terberat BTC yakni Ether (ETH) berada di US$4.701,7 atau tumbuh 3,09% di periode yang sama. Nilai ETH berhasil tumbuh meski gas fees di blockchain Ethereum tercatat US$4,15 per Sabtu (6/11), atau hampir tiga kali lipat lebih tinggi dibanding tiga bulan lalu.

Selain ETH, Solana (SOL) juga menjadi bintang utama pasar kripto setelah mencapai rekor tertinggi US$258,85 per keping sebelum susut US$246,22 per keping pagi hari ini. Tingkah komunitas kripto yang lagi menggandrungi Solana sukses membawa aset kripto satu ini menduduki posisi ke-empat aset kripto berkapitalisasi terbesar sejagat melampaui Cardano (ADA) dan stablecoin Tether.

Pergerakan nilai aset kripto masih didominasi oleh aksi Dewan Legislatif AS yang meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendanaan Infrastruktur yang memiliki satu pasal khusus terkait pelaporan transaksi dan perpajakan aset kripto. Jika RUU ini diteken Presiden AS Joe Biden, maka platform exchange kripto seperti Binance akan berkewajiban untuk membeberkan pengguna platform tersebut serta melaporkan pendapatan dari transaksi kripto ke badan peneriman AS (IRS).

Emas

Harga emas spot terlihat bertengger di posisi US$1.813,31 per ons pada Senin pukul 07.45 WIB. Sementara itu, harga emas spot juga melandai 0,08% ke US$1.815,3 per ons di waktu yang sama.

Nilai sang logam mulia mulai goyah setelah nilai Dolar AS yang kian perkasa akibat sinyal-sinyal ekonomi AS yang makin kuat.

Hal tersebut terlihat dari data penyerapan tenaga kerja baru AS (Non-Farm Payroll) Oktober sebesar 531.000 tenaga kerja atau lebih kuat dibanding prakiraan 455.000. Di samping itu, AS juga mencatat tingkat pengangguran Oktober di level 4,6%, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya 4,8%.

Di tengah data ekonomi kuat, harga emas masih bercokol di atas level psikologis US$1.800 per ons.

Dolar AS

Nilai indeks Dolar AS menyentuh titk 94,32 pada akhir pekan lalu atau melesat dibanding posisi pekan sebelumnya 94,12. Ya, sang aset greenback terlihat berjaya setelah perilisan data ketenagakerjaan AS yang kinclong dan sekaligus membuktikan bahwa kegiatan ekonomi AS masih menunjukkan geliat yang prima.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img