Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: Bye Omicron, Saham AS & Kripto Langsung Cetar!

Selamat pagi Sobat Cuan! Sembari menemani sarapan di Kamis (9/12) pagi ini, yuk simak rangkuman kinerja pasar pagi ini di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Trio indeks saham Amerika Serikat makin bergairah menjelang akhir pekan. Nilai indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,1%, sementara nilai S&P 500 dan Nasdaq masing-masing nyelonong 0,3% dan 0,6% di sesi perdagangan Rabu (8/12) waktu AS.

Ketiga indeks saham utama AS makin bertenaga setelah perusahaan farmasi Pfizer mengumumkan bahwa vaksinnya, yang dikembangkan bersama BioNTech, ternyata mampu “membentengi” virus COVID-19 varian Omicron. Hanya saja, daya tahan itu bisa dimiliki dengan tiga kali dosis vaksin tersebut, sehingga perseroan mengatakan bisa menambah pasokan vaksin di Maret 2022 jika dibutuhkan.

Kabar tersebut tentu bikin pelaku pasar lega. Pasalnya, ada kemungkinan besar merebaknya COVID-19 Omicron tidak akan mengganggu kegiatan ekonomi dan mobilitas masyarakat ke depan. Maka dari itu, tak heran jika investor makin nafsu membenamkan dananya di pasar modal.

Selain itu, performa kinclong ketiga indeks saham AS juga didukung oleh kinerja ciamik saham Apple setelah perusahaan teknologi tersebut kini memiliki valuasi US$3 triliun.

Baca juga: Pluang Pagi: Saham AS & IHSG Kian Kinclong, Dolar AS Makin Amsyong

Aset Kripto

Kondisi pasar aset kripto terbilang bervariasi pada pagi hari ini. Sebagian masih tertidur lelap, sementara lainnya sudah kembali bangun. Melansir Coinmarketcap pukul 07.47 WIB, enam dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar besar sudah melaju ke zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Salah satu kinerja aset kripto yang sukses melaju pagi ini adalah Ether (ETH) yang kini bertengger di US$4.466,19 per keping, naik 2,9% dalam sehari belakangan. Solana (SOL) pun ikut menguat 2,13% ke level US$194,98.

Namun, Binance Coin (BNB) dan XRP berhasil membukan pertumbuhan lebih kuat yakni masing-masing sebesar 6,53% dan 6,47%. Di sisi lain, sang raja aset kripto, Bitcoin (BTC), tersungkur 0,04% ke US$50.671 per keping.

Sejatinya, pergerakan harga aset kripto seharian ini ditopang oleh sentimen terkait Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara CEO platform exchange kripto dan Dewan Legislatif AS untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dalam rapat tersebut, para punggawa exchange tersebut meminta anggota legislatif AS untuk menyediakan regulasi jelas dan terukur terhadap aktivitas aset kripto. Namun, mereka juga siap-siap memindahkan basisnya ke luar negeri jika regulasinya dianggap terlalu ketat, seraya menambahkan bahwa industri kripto kini memiliki valuasi US$3 triliun.

Tanggapan legislatif AS pun terbilang positif. Dalam pertemuan tersebut, beberapa di antaranya bahkan memuji sikap para perusahaan exchange yang berani melakukan revolusi keuangan dengan memanfaatkan aset kripto. Tak heran, jika kemudian komunitas dan beberapa influencer kripto menerima sinyal bullish dari aset kripto ke depan.

Emas

Harga emas pasar spot terlihat bergeming di US$1.785,2 per ons. Nilai sang logam mulia jalan di tempat setelah musuh bebuyutannya, yakni nilai Dolar AS, melemah, namun yield obligasi pemerintah AS masih kokoh.

Kemudian, pelaku pasar nampaknya juga masih malu-malu nyemplung ke pasar emas lantaran menanti hasil pembacaan inflasi AS pada Jumat (10/12). Rilis tersebut sangat dinanti investor karena bisa memberi petunjuk terkait tindak lanjut bank sentral AS The Fed dalam mengetatkan kebijakan moneter.

Baca juga: Pluang Pagi: Inflasi Masih Jadi Sorotan, Aset Kripto ‘Pingsan’

Dolar AS

Nilai indeks Dolar AS nangkring di 95,85 poin pagi ini, atau melorot 0,4% dibanding sehari sebelumnya. Pelaku pasar mulai melepas Dolar AS sebagai aset safe haven setelah kekhawatiran terhadap varian COVID-19 Omicron mereda. Bahkan, mereka pun sudah berani membenamkan dana ke pasar aset berisiko, khususnya saham.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img