Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi: Solana Bertahan, Indonesia Mengumumkan GDP

Indeks S&P500 dan Nasdaq kembali membukukan ATHnya enam sesi berturut-turut. PDB Indonesia diumumkan hari ini.  BTC & ETH masih konsolidasi, apakah kita akan menyaksikan bull run dari aset kripto kuartal ini? Simak selengkapnya di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Indeks saham AS yaitu S&P500 serta Nasdaq lagi-lagi membukukan kenaikan didorong oleh laporan keuangan yang melebihi ekspektasi para analis. S&P500 naik 0,4% menembus 4.680,06 sedangkan Nasdaq berhasil ditutup naik +0,81% dan berada pada area 15.940,3. Reli kali ini didorong oleh kenaikan saham-saham konsumer untuk S&P500 sedangkan untuk Nasdaq kali ini didorong oleh kenaikan laporan keuangan dari para perusahaan chip maker seperti Qualcomm yang juga memproduksi banyak chip untuk keperluan komputer yang sangat diperlukan oleh perusahaan selular serta crypto mining

Saham NVIDIA yang merupakan salah satu favorit chipmaker dari para penggila komputer juga naik 12% pada perdagangan kemarin malam. Kenaikan saham dari perusahaan chipmaker ini didorong oleh ekspektasi analis yang menyatakan bahwa permintaan chip bisa naik karena Metaverse atau virtual reality. Gaming merupakan salah satu sektor yang akan banyak menggunakan chip karena tanpa chip  tentu saja komputer tidak berjalan. 

Untuk saham-saham perbankan di AS agak sedikit terkonsolidasi karena US 10 yield yang naik akibat tapering yang akan tetap dilaksanakan oleh the Fed dalam waktu dekat. Morgan Stanley turun lebih dari 6% pada perdagangan kemarin malam. Malam ini kelihatannya, para investor juga akan menunggu hasil dari laporan klaim pengangguran yang menjadi indikasi penting kapan tapering ini akan segera dilakukan.

baca : Rangkuman Pasar: Tapering Jalan, BTC dan Axie Terus Gas

Aset Kripto

Nampaknya para penggila aset kripto masih menunjukan optimismenya walapun Tapering tetap terjadi bulan ini. BTC & ETH sempat mengalami penurunan ke area $61.000 dan $4.450 namun pelemahan ini dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan pembelian kembali. Solana berhasil mempertahankan kapitalisasi pasarnya di atas Cardano pada perdagangan tanggal 4 November 2021. Solana berhasil bertahan pada level $242 dengan kapitalisasi pasar sebesar $72 miliar jauh diatas level Cardano yang masih bisa belum bangkit walaupun tren investor untuk berinvestasi pada koin-koin proof-ofstakes level dua. 

 

Kabar gembira datang dari Google, dimana induk dari Google yaitu Alphabet berinvestasi sebesar $1 miliar di Chicago Mercantile Exchange (CME), bursa pasar futures yang memperdagangkan kontrak kripto serta aset-aset futures lainnya. CME salah satu operator pasar futures terbesar di dunia merupakan salah satu yang diuntungkan dengan dihadirkan ETF Bitcoin yang baru saja diluncurkan dua minggu lalu. 

Dengan perusahaan besar sudah mulai mengadopsi aset kripto, kelihatannya perjalanan panjang aset kripto baru saja dimulai dan mungkin saja kita bisa melihat kapitalisasi pasar untuk koin-koin utama seperti BTC dan ETH bisa terus menembus ATH. Tentu saja volatilitas pasar masih akan terjadi di aset kripto karena jumlah koin yang banyak serta berita-berita negatif yang bisa mempengaruhi harga aset kripto dalam waktu cepat.

baca : Pasar Sepekan: BTC Tembus All-Time High, Bagaimana Nasib Altcoin?

Emas dan Dollar

Emas masih bercokol pada area $1.793,50 per oz walapun ekspektasi Tapering serta kenaikan inflasi tidak mendorong emas bisa kembali ke level $1.800 dalam waktu dekat. Melihat harga Dollar yang juga berhasil rebound ke level 94.32 tidak mendorong harga emas juga naik. Kelihatannya, Rupiah juga bisa mengalami sedikit pelemahan hari ini akibat harga Dollar yang sedikit naik di perdagangan kemarin malam

IHSG

Investor IHSG kelihatannya menunggu rilis dari PDB Indonesia yang akan diumumkan pada pagi hari ini. Para analis memperkirakan pertumbuhan ekonomi indonesia pada kuartal III tahun 2021 bisa mencapai 3 – 4,5%, Mengingat harga komoditas yang sangat kuat pada kuartal III, kemungkinan besar PDB Indonesia bisa mencapai lebih dari target ini. Namun perlu diperhatikan bahwa, PPKM level 4 yang dilaksanakan dalam periode Juli 2021 – Agustus 2021 bisa juga memberikan efek negatif bagi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III. Kelihatannya, para pelaku pasar sudah memperhitungkan hal ini, terlihat dari IHSG yang sudah rally dalam 1 bulan terakhir. Ada kemungkinan para pelaku pasar akan melakukan aksi Sell-on-News ketika rilis ini dipublikasikan pagi ini. IHSG nampaknya akan masih terkonsolidasi pada level 6.520 – 6.550 pada hari ini.

Selamat hari Jumat Sobat Cuan! 

baca : Rangkuman Kabar: Ekonomi Tumbuh Subur, ATM Kripto Menjamur

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img