Currently set to Index
Currently set to Follow

Pluang Pagi : Taper Tanpa Tantrum, Solana Makin Jos

Indeks S&P500 dan Nasdaq kembali membukukan kenaikan setelah Fed mengumumkan bahwa Tapering akan dilakukan pada akhir bulan ini secara perlahan. Simak selengkapnya di Pluang Pagi berikut!

Indeks Saham AS

Nasdaq & S&P500 berhasil ditutup positif dengan kenaikan +1,04% dan 0,65% menyentuh angka 15.811,6 dan 4.660,6 pada perdagangan 3 November 2021. Kenaikan ini menghapus kegalauan para investor selama 2 hari terakhir sebelum pertemuan the Fed kemarin. Jerome Powell dalam pernyataannya berbicara bahwa mereka akan melakukan pembelian pada akhir bulan dan akan berakhir pada Juni 2022. Tapi komunikasi yang sudah dilakukan oleh the Fed selama beberapa bulan terakhir memberikan sedikit ketenangan bagi para investor karena mereka bisa melakukan aset rotasi lebih cepat dibandingkan apabila the Fed tidak memberi tahu. Pasar futures mengindikasikan bahwa suku bunga akan naik ke 0,25% pada Juni 2022 dan pada akhir taun 2022 akan naik 0,50% dari level sekarang.

baca : Apa Itu Hawkish dan Dovish?

Aset Kripto

Solana atau SOL makin yahud karena pada perdagangan kemarin, SOL berhasil mencari ATH nya atau naik +7% dalam 24 jam terakhir mencapai $236. Kapitalisasi pasar SOL ketika mencapai ATH berhasil mengalahkan Cardano atau ADA. Saat ini kapitalisasi SOL mencapai sekitar $70 miliar sudah sedikit di atas ADA. Popularitas SOL semakin naik karena kebutuhan investor atas infrastruktur 2nd layer protocol yang saat ini dikuasai oleh Ethereum. Namun popularitas Etherium yang naik terus menyebabkan gas fee sangat mahal atau naik hampir 2,300% dari posisi Juni 2021. Gas fee yang bisa sampai $100 per transfer menyebabkan permintaan untuk SOL serta Polkadot (DOT) meningkat.

Baca : Blockchain, Bitcoin, dan Aset Kripto Lainnya

Aset Emas

Dalam perdagangan kemarin malam, US Dollar Index menunjukan sedikit pelemahan ke sekitar angka 93 dimana yang menyebabkan aset-aset mengalami kenaikan. Untuk aset emas sendiri, emas malah turun 0,9% menjadi $1.783,61 per oz. Saat ini Gold merupakan kelas aset yang sangat laggard dibandingkan dengan aset sejenis seperti Kripto yang sangat sensitif terhadap pergerakan Emas.

Baca : Harga Emas Akan Naik 62% dalam 3 Tahun? Simak Prediksi Para Analis Ini!

IHSG

IHSG juga diperkirakan akan menguat melihat MSCI Asia Pacific yang kemarin malam juga naik +0,1%. Hal ini menyebabkan IHSG bisa menguat, terutama setelah 2 hari kemarin IHSG mengalami aksi profit taking. Untuk sektor yang akan menguat, tampaknya sektor teknologi yang turun terus dalam 1 bulan terakhir akan mendapatkan sektor rotasi. Sedangkan untuk sektor old economy nampaknya akan mengalami konsolidasi akibat minim katalis positif untuk sektor-sektor dengan kapitalisasi pasar besar.

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img