Currently set to Index
Currently set to Follow

Rangkuman Pasar : Aset Kripto Terkonsolidasi, GDP Indonesia 3,55% YoY

Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada 3Q21 sebesar 3,51% YoY turun dibandingkan dengan 7,07% pada 2Q21. BTC & ETH masih terkonsolidasi menjelang akhir pekan. Simak selengkapnya di Rangkuman Pasar hari ini.

IHSG

Pertumbuhan ekonomi pada 3Q21 mencapai 3,51% YoY sedikit melambat dari pencapaian 2Q21 sebesar 7,07%. Perlambatan ekonomi pada 3Q21 sebenarnya sudah diramal oleh para investor akibat serangan varian Delta pada bulan Juli 2021 yang menyebabkan Indonesa harus mengalami PPKM Level 4 yang sangat menyakitkan bagi para masyarakat Indonesia. Angka ini menyebabkan hari ini IHSG sedikit terkoreksi sebesar 0,07% ke level 6.581,78.

Sebenarnya pada bulan September 2021, perekenomian Indonesia sudah bangkit akibat kenaikan harga batubara yang sangat fantastis. Namun hal ini tidak membantu banyak, karena pertumbuhan ekonomi selama bulan Juli dan Agustus sangat terpukul atas serangan Covid-19. Walapun terjadi perlambatan ekonomi di 3Q21, semestinya pertumbuhan pada kuartal empat tahun ini lebih baik dan bisa dibilang “the worst is over”. Ini terlihat dari IHSG yang tidak terlalu merespon negatif atas berita yang dipublikasikan oleh BPS hari ini. Tentu saja, Window Dressing yang akan berlangsung pada Bulan November dan Desember bisa saja mengerek IHSG ke level ATHnya pada akhir tahun. Banyak analis yang memperkirakan IHSG bisa menyentuh angka 6.800 – 7.000 pada akhir tahun didorong oleh penguatan ekonomi karena konsumsi yang membaik serta harga komoditas yang tinggi.

baca : Rangkuman Pasar: Tapering Jalan, BTC dan Axie Terus Gas

BTC dan ETH Terkonsolidasi Jelang Akhir Pekan

Menjelang akhir pekan, BTC & ETH masih santai-santai saja dan tercendung mengalami kegalauan. Pada saat artikel ini ditulis, BTC masih berada pada level $61.900 dan ETH stabil di level $4.538.17. Raoul Pal, salah satu dedengkot ex Goldman Sachs yang sangat mendalami aset kripto menyatakan bahwa, dia memprediksi bahwa bull run yang terjadi saat ini belum tentu berakhir pada akhir tahun 2021 seperti yang terjadi pada tahun 2015 dan 2017 dimana bull run dari aset kripto selalu berakhir di bulan Desember.

Menurut beliau, Etherium dan Alts ‘mungkin saja terkoreksi cukup dalam enam bulan ke depan’ namun beliau juga percaya bahwa kehadiran ETH 2.0 tentu saja akan menjadi katalis yang sangat positif untuk aset kripto ke depannya. Etherium ETF yang digadang-gadang menjadi kompetitor BTC ETF tentu saja membuat pandangan investor terhadap Etherium menjadi sangat bullish. Menurut beliau, aset kripto akan mengalami siklus reli yang lebih panjang dibandingkan dengan periode 2015 dan 2017.

baca : Rangkuman Pasar: Tapering Jalan, BTC dan Axie Terus Gas

Elang Mahkota Teknologi (EMTK) mencaplok bank

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau induk dari PT Bukalapak Indonesia Tbk (BUKA) akan mencaplok Bank Fama International. Aksi korporasi ini menambah gebrakan para pemain teknologi di Indonesia untuk segera terjun ke dunia financial technology. Selain membeli bank, EMTK sudah memiliki ekosistem lain yaitu Surya Citra Media (SCMA) pemilik dari tv SCTV dan Indosiar, kemudian gerai rumah sakit Sarana Meditama Metropolitan Tbk yang juga akan digadang-gadang menjadi platform tele-medicine. EMTK dikabarkan akan mengeluarkan uang sebesar Rp908 miliar untuk mengakusisi bank tersebut. Nampaknya, persaingan konglomerat teknologi akan menjadi sangat menarik karena hampir semua konglomerat teknologi juga sudah memiliki bank yang merupakan aset strategis untuk memanfaatkan semua ekosistem digital.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang

 

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img