Currently set to Index
Currently set to Follow

Rangkuman Pasar: Tapering Jalan, BTC dan Axie Terus Gas

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pasar aset kripto terlihat semringah pada hari ini. Tak heran, sebab keduanya terlihat nongkrong di zona hijau pada hari ini. Lantas, apa sebenarnya yang terjadi di kedua pasar tersebut? Simak selengkapnya di Rangkuman Pasar hari ini.

IHSG Ceria Walaupun Tapering

Setelah pengumuman the Fed bahwa mereka akan melakukan pembelian kembali aset, IHSG kembali ditutup ke zona hijau. IHSG berhasil bergerak positif ke area 6.586,44 atau +0,52% dibandingkan dengan posisi kemarin. Kenaikan IHSG hari ini didorong saham-saham berkapitalisasi besar, namun pendorong hari ini datang dari sektor industri dasar seperti semen. Hari ini SMGR atau PT Semen Gresik Tbk berhasil ditutup pada harga IDR9.900 naik +4,49% dari perdagangan kemarin dan INTP atau PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk juga naik 5,37% dan ditutup pada harga IDR12.750.

Sedangkan untuk saham yang mengalami penurunan signifikan hari ini datang dari ARTO atau Bank Jago Tbk yang turun1,30%. Tidak begitu banyak sektor old economy yang hari ini mengalami penurunan signifikan, implikasinya berarti banyak investor yang tidak terlalu khawatir dengan tapering yang akan dilakukan oleh The Fed dalam waktu dekat.

Investor asing mencatatkan pembelian bersih alias net buy Rp 315,66 miliar di seluruh pasar. Saham-saham yang terbesar nilainya dibeli asing adalah PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) Rp 216,8 miliar, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp 136,9 miliar, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) Rp 103,6 miliar, Bank BCA (BBCA) senilai Rp136 miliar, Telekomunikasi Indonesia (TLKM) senilai Rp29,5 miliar, PT Surya Permata Andalan Tbk (NATO) senilai Rp29,5 miliar, London Sumtra Plantation (LSIP)Rp28,6 miliar dan BRIAgro (AGRO) senilai Rp23,8 miliar.

Untuk komoditas sendiri, harga batubaral masih cenderung terkoreksi karena tekanan pemerintah Tiongkok yang ingin meredam kenaikan harga komoditas batu hitam tersebut. Untuk harga minyak bumi terdapat sedikit penurunan di sekitar $82 per barrel untuk kontrak WTI dan $83 untuk kontrak brent. Harga masih stabil dikarenakan USD yang masih melemah walaupun terjadi penambahan inventori untuk minyak bumi di berbagai negara terutama di AS yang sudah mulai melakukan penambahan kapasitas produksi.

baca : Rangkuman Pasar: Jelang Kepastian The Fed, IHSG Balik ke Zona Hijau

Tapering? BTC Kembali Ngegas

Walaupun the Fed ingin melakukan tapering dalam waktu dekat, kondisi BTC pun masih sangat bergairah hari ini. BTC masih bertahan di level $60,000 walapun ketika pengumuman FOMC kemarin malam, BTC sempat turun 5%. Menurut analis dari FxPro, belum terjadi FOMO yang berkelebihan di pasar kripto, sehingga banyak yang berekspekasi bahwa bull run akan dapat berlanjut pada Q421. Target analis pun berbeda-beda untuk BTC pada akhir tahun, banyak yang memperkirakan bahwa BTC bisa terbang ke $100.000 dan mungkin ke level $200.000 per coin.

Sedangkan untuk koin AXS atau Axie Infinity hampir berhasil menyentuh harga ATHnya pada level $164 pada sesi perdagangan sore ini. Investor cukup yakin bahwa koin AXS ini akan kembali menyentuh level tertingginya setelah koin-koin gaming menjadi sangat populer di kalangan investor saat ini.

baca : Walaupun the Fed ingin melakukan tapering dalam waktu dekat, kondisi BTC pun masih sangat bergairah hari ini. BTC masih bertahan di level $60,000 walapun ketika pengumuman FOMC kemarin malam, BTC sempat turun 5%. Menurut analis dari FxPro, belum terjadi FOMO yang berkelebihan di pasar kripto, sehingga banyak yang berekspekasi bahwa bull run akan dapat berlanjut pada Q421. Target analis pun berbeda-beda untuk BTC pada akhir tahun, banyak yang memperkirakan bahwa BTC bisa terbang ke $100.000 dan mungkin ke level $200.000 per coin. Sedangkan untuk koin AXS atau Axie Infinity hampir berhasil menyentuh harga ATHnya pada level $164 pada sesi perdagangan sore ini. Investor cukup yakin bahwa koin AXS ini akan kembali menyentuh level tertingginya setelah koin-koin gaming menjadi sangat populer di kalangan investor saat ini.

baca : Pluang Pagi : Taper Tanpa Tantrum, Solana Makin Jos

2021, Waskita Bidik Kontrak Baru Rp20 triliun

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) membidik kontrak baru sekitar Rp 18 hingga Rp 20 triliun pada tahun ini dan perolehan kontrak baru ditargetkan tumbuh pada tahun depan.Tahun depan, Waskita fokus dalam proses pembuatan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2022 yang targetnya untuk meningkatkan perolehan kontrak baru Hingga kuartal III-2021 perseroan telah mengantongi nilai kontrak baru sebesar Rp 12,01 triliun yang terdiri atas proyek investasi (business development) sebesar 68,05%, proyek pemerintah 24,96%, proyek BUMN 4,48%, dan proyek swasta (2,51%).

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img