Currently set to Index
Currently set to Follow

Analisis: Harga Bitcoin Akan Bullish, Ethereum Akan Capai Rekor Tertinggi Pekan Ini

Pekan lalu, cuaca cerah kembali menyelubungi harga Bitcoin dan Ethereum, seperti yang disebutkan pada analisis pekan sebelumnya. Harga Bitcoin tiba-tiba kembali menyentuh US$60.000 per keping, sementara Ethereum juga kembali kokoh dengan mencapai rekor tertingginya mendekati US$2.200 per keping di akhir pekan.

Di akhir pekan lalu, harga Bitcoin kembali memuncak setelah pasar memperlihatkan gestur optimisme pada raja aset kripto ini. Dari sisi permintaan, investor korporasi kembali menunjukkan ketertarikannya pada Bitcoin. Kali ini, perusahaan teknologi asal China Meitu mengumumkan bahwa mereka telah membeli keping-keping Bitcoin bernilai US$10 juta.

Langkah Meitu mengikuti jejak korporasi di Amerika Serikat dan belahan dunia lain, yang sudah mulai mengadopsi atau menggunakan Bitcoin sebagai alat penyimpan kekayaan.

Sementara itu, dari sisi penawaran, kenaikan harga Bitcoin juga kemungkinan disebabkan oleh antisipasi pelaku pasar atas menipisnya suplai Bitcoin. Ini lantaran penambang Bitcoin nampaknya masih enggan untuk melepas keping-keping miliknya ke pasar dan memilih untuk menahannya.

Hal ini tercermin dari data terbaru Glassnode yang menunjukkan bahwa penambang Bitcoin menambah 5.000 BTC ke dalam dompet digital mereka dalam dua pekan terakhir. Kondisi ini cukup kontras dengan beberapa periode sebelumnya. Di mana, penambang Bitcoin cenderung lebih berselera dalam melepas Bitcoin demi menutupi ongkos pertambangannya.

Posisi nilai bersih Bitcoin yang dimiliki penambang bisa dilihat pada grafik di bawah.

Analisis Harga Bitcoin
Sumber: Glassnode/Coindesk

Nasib yang manis juga dirasakan oleh Ethereum. Pada perdagangan Sabtu (10/4), harga Ethereum mencapai US$2.190 per keping yang juga didorong serangkaian angin segar.

Salah satunya adalah antisipasi investor atas tindakan investor institusi yang kemungkinan juga akan menyerbu pasar Ethereum. Setelah kemarin Visa mengumumkan akan memfasilitasi transaksi Ethereum, data yang dirilis Cointelegraph menunjukkan bahwa korporasi besar seperti JPMorgan, IBM, Microsoft, dan Amazon ternyata juga memiliki dompet Ethereum. Sehingga, ada kemungkinan aksi ini akan menggerakkan psikologis pasar untuk menimbun Ethereum.

Kenaikan fantastis harga Ethereum ini kemudian juga menyeret kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US$2 triliun, atau setara dua kali Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Setelah pekan yang cukup gemilang, tentu pelaku pasar pun penasaran. Bakal seperti apa kinerja Bitcoin dan Ethereum di minggu ini?

Baca juga: Analisis Bitcoin Pekan Ini: Siap Cuan? Harga Bitcoin Tengah Bersiap Unjuk Gigi

Analisis: Harga Bitcoin Akan Bullish, Ethereum Akan Capai Rekor Tertinggi Pekan Ini, Pluang

Analisis Harga Bitcoin: Tren HODL Bikin Raja Aset Kripto Bullish Terus

Pekan ini, masih ada kemungkinan bull market Bitcoin akan terjadi lagi. Sebab, terdapat pola anomali yang terjadi pekan kemarin, di mana spekulator Bitcoin ternyata juga ikut-ikutan menggenggam (HODL) Bitcoin, mengikuti langkah investor jangka panjang. Hal tersebut ditunjukkan oleh riset Glassnode yang dirilis pada pekan lalu.

Biasanya, spekulator memiliki perilaku yang berbeda dengan investor pada umumnya. Ketika harga naik, mereka biasanya melakukan aksi jual besar-besaran untuk mendulang cuan. Namun nampaknya, spekulator masih melancarkan aksi HODL demi menunggu saat yang tepat untuk menjual asetnya kembali.

Kalau peristiwa yang disebut ini berlanjut, bukan tidak mungkin pasar Bitcoin akan mengalami syok dari sisi suplai. Sehingga, reli Bitcoin pun akan berlanjut pekan ini.

Sementara dari sisi teknikal, harga Bitcoin bisa melanjutkan tren bullish jika bisa mendobrak titik harga US$61.188 dan terus berada di atas level US$58.387. Melansir Cointelegraph, harga Bitcoin bahkan bisa menuju titik barunya di pekan ini asal ia punya titik support di angka US$58.000 per keping. Hal ini serupa dengan Februari lalu, di mana Bitcoin langsung ngebut ke US$60.000 ketika titik support-nya berada di level tersebut.

Analisis Harga Bitcoin: Ethereum Siap-Siap Bullish Lagi Pada Pekan Ini

Hal serupa juga akan terjadi pada Ethereum. Dari sisi sentimen, harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua di dunia ini diperkirakan akan mendapat dorongan dari rencana penawaran umum perdana (IPO) saham Coinbase, sebuah perusahaan platform transaksi aset kripto. Adapun Coinbase akan tercatat di indeks saham Nasdaq pada Rabu (14/2) mendatang.

Jika momentum ini terus terjaga, maka Ethereum diperkirakan bisa mencetak rekor terbarunya pada pekan ini, dengan target harga agresif di US$2.275. Hal itu nantinya diprediksi akan menjadikan Ethereum sebagai pemimpin dari pergerakan harga-harga altcoin yang moncer sejak pekan lalu, yang dikenal sebagai altcoin season.

Namun, jika pasar aset kripto mulai terkoreksi, bisa jadi harga Ethereum kembali di bawah US$2.000 per keping dengan target harga terendah di posisi US$1.850. Meski demikian, potensi harga Ethereum dalam jangka menengah masih cukup terbuka. Apalagi, setelah melihat animo yang tinggi untuk produk-produk Decentralized Finance (DeFi).

Saat ini, total jumlah terkunci (Total Value Locked/TVL) di platform DeFi telah mencapai US$63 miliar. Angka ini melesat dari akhir Maret lalu sebesar US$53,95 miliar.

Baca juga: Analisis Pekan Ini: Bitcoin Mengarah ke US$83.000, Ethereum Mengarah ke US$2.600

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Coindesk, YahooFinance, Cointelegraph

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img