Currently set to Index
Currently set to Follow

Harga Bitcoin Pede Mengarah ke US$40.000 Berkat Investor Institusi

Pekan lalu menjadi periode membahagiakan bagi pecinta Bitcoin. Betapa tidak, harga Bitcoin mengalami reli hebat, pun dengan harga Altcoin yang juga ikut melesat.

Hal ini sesuai dengan analisis harga Bitcoin pekan lalu, di mana pelaku pasar nampaknya enggan membiarkan harga sang raja aset kripto ini terjungkal hingga di bawah US$30.000. Adapun gambaran singkat pergerakan harga Bitcoin dan Altcoin bisa terlihat di heatmap berikut ini.

Analisis Harga Bitcoin
Heatmap pergerakan harga Bitcoin dan Altcoin sepekan lalu. Sumber: Coin360

Seperti yang terlihat di peta di atas, harga Bitcojn tumbuh 15,67% dalam sepekan dan kini bikin harganya bertengger di kisaran US$35.000. Nasib baik juga mengerubungi altcoin, di mana harga ETH melonjak 22,2%, Binance Coin (BNB) juga naik sekitar 6,2%, bahkan ADA pun juga ikut terkerek 8,6%.

Dalam sepekan, kapitalisasi aset kripto global juga sudah menyentuh US$1,44 triliun, atau membaik 12,5% dibanding pekan lalu US$1,28 triliun. Lantas, apa yang terjadi dengan Bitcoin dan Altcoin?

Baca juga: Di Tengah Harga Altcoin yang Lagi Melonjak, Kenapa Bitcoin Masih Lebih Baik?

Harga Bitcoin Pede Mengarah ke US$40.000 Berkat Investor Institusi, Pluang

Analisis Harga Bitcoin Pekan Lalu

Sejatinya, cuaca cerah tidak serta merta mengerubungi harga Bitcoin di awal pekan lalu. Harga Bitcoin sempat menyentuh level US$29.000 per keping yang disebabkan oleh reaksi pelaku pasar atas “serangan” Uni Eropa terhadap aset kripto.

Pekan lalu, Komisi Eropa telah menyusun satu usulan kebijakan baru yang akan membuat penyedia jasa cryptocurrency untuk mengumpulkan data-data pencegahan tindak pidana pencucian uang dari mereka yang memanfaatkan jasa pembayaran berbasis aset kripto. Bahkan, Perancis juga mengusulkan agar Uni Eropa setidaknya memiliki satu badan yang bisa mengawasi kegiatan berbasis cryptocurrency.

Peristiwa ini sontak menimbulkan ketakutan di antara pelaku pasar. Akhirnya, mereka memilih untuk melikuidasi aset kripto milik mereka.

Ketakutan mereka bergerak di kripto seolah-olah telah memuncak. Maklum, pelaku pasar sebelumnya juga bereaksi keras terhadap tindakan beberapa regulator jasa keuangan global yang menyoroti aktivitas Binance. Berikut pula dengan tindakan pemerintah China yang menindak penambangan Bitcoin.

Hanya saja, kondisi berubah drastis di pertengahan pekan saat perhelatan B Word Event berlangsung. Di acara tersebut, investor institusi seperti Cathie Wood dari Ark Investment, Jack Dorsey dari Twitter dan Square, serta pendiri Tesla Elon Musk silih berganti menyampaikan pandangannya tentang Bitcoin.

Namun, tentu saja yang menarik perhatian komunitas kripto adalah lontaran Elon Musk. Salah satu orang terkaya sejagat ini mengatakan bahwa Tesla “kemungkinan besar” masih akan berniat menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran kendaraan listrik itu.

Sentimen tersebut ibarat embusan angin segar ke pasar. Sebab, adopsi Bitcoin merupakan faktor yang mendorong kepercayaan pelaku pasar untuk masuk kembali ke pasar aset kripto. Imbasnya, harga Bitcoin pun langsung naik US$2.000 per keping dalam sehari setelah ucapan tersebut.

Baca juga: Dirundung Sentimen Negatif, BTC dan Altcoin Masih Punya Celah Menguat Pekan Ini

Analisis Harga Altcoin Pekan Lalu

Kondisi serupa juga dialami anggota geng altcoin. Ucapan Elon Musk juga bikin pelaku pasar makin pede dengan pasar kripto, membuat mereka merangsek masuk ke altcoin.

Di samping lontaran Musk, harga altcoin kian moncer setelah salah satu platform exchange kripto terbesar global Coinbase memfasilitasi pembayaran menggunakan Dogecoin (DOGE). Akibatnya, kini pengguna portal e-commerce Coinbase, Coinbase Commerce, bisa menggunakan meme coin itu untuk bertransaksi.

Sementara di ekosistem Ethereum, harga Ether (ETH) juga melonjak signifikan. Penyebabnya, komunitas cryptocurrency bereaksi terhadap langkah pengembang Ethereum yang mendiskusikan proposal pengembangan Ethereum (EIP) 3675 pekan lalu.

Adapun, EIP-3675 berfungsi untuk menggabungkan sistem Ethereum dan Eth2. Sehingga, blockchain besutan Vitalik Buterin ini lambat laun bisa meninggalkan algoritma konsensus Proof of Work yang boros listrik dan mengadopsi Proof of Stake dengan cepat.

Baca juga: Dirundung Sentimen Negatif, BTC dan Altcoin Masih Punya Celah Menguat Pekan Ini

Analisis Harga Bitcoin Pekan Ini

Setelah melalui pekan yang gemilang, lantas bagaimana dengan analisis harga Bitcoin di minggu ini?

Dari sisi teknikal, harga Bitcoin pada akhir pekan lalu telah berhasil menembus titik Exponential Moving Average (EMA) selama 20 hari di titik US$32.974. Hal ini mengindikasikan bahwa memang tekanan aksi jual tengah berkurang.

Kini, yang perlu dilakukan oleh pelaku pasar adalah mempertahankan harga Bitcoin di atas titik Simple Moving Average (SMA) 50 hari di angka US$34.301.

Jika ini sukses, maka hal tersebut bisa menciptakan dampak psikologis bullish di pasar. Sehingga, Bitcoin bisa menuju titik resistance baru ke level US$36.670 per keping. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menembus ke level resistance berikutnya yakni US$41.330 hingga US$42.451 per keping.

Namun, jika bulls gagal mempertahankan Bitcoin di level harga tersebut, maka harganya bisa kembali terkulai ke US$31.000.

Kebangkitan Bitcoin di pekan ini juga bisa didorong oleh sentimen pasar.

Pelaku pasar mungkin masih percaya bahwa investor institusi akan mengakumulasi Bitcoin pasca Wood, Dorsey, dan Musk berbicara di B Word Event. Optimisme pelaku pasar juga makin membara setelah dua manajemen investasi besar AS, Edge Wealth Management dan Rothschild Investment Corp, ternyata ikut mengoleksi Bitcoin. Hal itu terungkap dari laporan mereka ke Otoritas Pasar Modal AS (SEC) pada Jumat lalu.

Selain itu, pelaku pasar juga mencerna satu analisis baru mengenai Bitcoin. Analis senior Bloomberg Intelligence Mike McGlone mengatakan bahwa Bitcoin punya “kans besar” untuk pulih ke US$60.000 ketimbang jatuh ke US$20.000.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CointelegraphCryptopotato

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img