Currently set to Index
Currently set to Follow

Analisa Mingguan: Harga Emas Capai Target Rp900,000 per Gram

Dalam minggu ini, berita emas terbaru yaitu harga emas naik sekitar 2% sebelum stabil di kenaikan 1% dari minggu lalu. Jadi, apa yang terjadi pada emas selama seminggu ini?

Berita Emas Terbaru: Harga Emas di Awal Minggu

Berita emas terbaru minggu ini dimulai dengan perdagangan emas di kisaran $1760-1790/ons, yang kurang sedikit saja dari target $1800/ons. Hal ini disebabkan karena adanya permintaan yang stabil untuk aset safe-haven meskipun peningkatan yang tak terduga dalam risiko oleh investor yang mengabaikan sebagian ketakutan mereka terhadap Covid-19, dan menjadi lebih optimis terhadap ekuitas.

Di Wall Street, Indeks Dow naik 1,8% karena investor mengatasi beberapa kegelisahan yang bertahan selama Covid-19. Yang kasus positifnya telah melampaui angka 10 juta selama akhir pekan. Saham-saham di AS juga menguat pada hari Senin ketika Boeing (NYSE: BA) menunjukkan proses perbaikan untuk pesawat 737 MAX miliknya yang memberikan harapan pemulihan bagi industri penerbangan yang terkena dampak buruk.

Permintaan emas juga didukung oleh perlambatan kekuatan dolar AS karena ekonomi mulai dibuka kembali.

Investor terus berharap emas mencapai target $1800/ons. Ahli strategi pasar di platform perdagangan online OANDA yang berbasis di New York juga mengatakan “Emas terus bergerak maju menuju tes besar berikutnya, di sekitar $1.800,”

Kasus Covid-19 Mencapai 10,2 juta

Pada hari Selasa pagi, emas berjangka naik 0,11% di $ 1.783,15/ons. Karena investor terus mengincar aset safe-haven di tengah virus COVID-19 yang terus mendatangkan malapetaka secara global.

Ada lebih dari 10,2 juta kasus secara global per 30 Juni 2020, menurut Universitas Johns Hopkins. Organisasi Kesehatan Dunia juga mengeluarkan peringatan bahwa dunia mungkin bisa melihat akibat terburuk pandemi akibat kurangnya kerja sama global. Tetapi Powell, Gubernur the Fed, memperingatkan pada hari Senin bahwa pemulihan AS dari virus bergantung pada pengendalian virus dan juga upaya pemerintah AS.

Ketegangan US-Sino 

Sementara itu, berita emas terbaru juga menerima dorongan dari meningkatnya ketegangan AS-Sino setelah Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China mengeluarkan undang-undang keamanan nasional untuk Hong Kong dan Macau di hari sebelumnya. Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan pada hari Rabu bahwa AS akan menangguhkan peraturan perlakuan istimewa untuk Hong Kong, termasuk pengecualian lisensi ekspor.

Berita Emas Terbaru: Harga Emas akhirnya mencapai  target $1800/ons

Emas berjangka tembus melampaui level $1.800/ons karena kekhawatiran tentang gelombang kedua infeksi coronavirus serta adanya langkah-langkah stimulus yang bertujuan membantu pemulihan ekonomi dari pandemi.

Beberapa analis memperkirakan bahwa emas akan mencetak rekor tertinggi di atas $2.000/ons dalam beberapa bulan mendatang ketika angka kasus Covid-19 naik.

“Spekulasi adalah alasan adanya perubahan harga emas,” kata Rachit Mehndirrata, seorang ahli strategi independen tentang emas. “Investor berspekulasi tentang apa yang akan dilakukan pemerintah dan bank sentral, kemudian mereka bertindak.”

Emas berjangka AS di COMEX ditutup naik $19.30. Atau 1.1%, menjadi $ 1,800.50, setelah mencapai level tertinggi harian di $ 1,803.95. Harga ini adalah yang tertinggi dicapai oleh kontrak Comex, setelah puncak tertinggi sepanjang masa di $1,911.60 pada September 2011.

Baca juga: Jika Kita Investasi Emas 10-20 Tahun Lalu, Berapa ya Cuannya Hari Ini?

Sementara itu, spot emas mengalami kenaikan $8.58. Atau 0.5% lebih tinggi di harga $1,781.20 pada 15:40 ET (19:40 GMT), setelah sesi tertinggi di harga $1,785.97. Ini adalah rekor yang tertinggi untuk emas setelah rekor September 2011 di angka $1.920,85.

“Saya percaya bahwa dengan adanya lockdown yang terjadi secara global, bank sentral akan terus sepenuhnya mendukung pasar,” kata Philip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

“Ini akan menghasilkan neraca Fed yang terus tumbuh, sementara itu juga memberikan dukungan di pasar logam mulia. Emas harus terus melaju lebih tinggi dengan di $1.900 pada Hari Buruh, dan $2.000 saat Thanksgiving. “

Kasus-kasus baru Covid-19 telah meningkat lagi di seluruh Amerika Serikat dan pusat-pusat ekonomi utama dunia lainnya. Amerika Serikat telah melaporkan sekitar 40.000 kasus virus corona baru setiap hari, dan pakar pandemi AS Anthony Fauci mengatakan pada hari Selasa bahwa kasus ini dapat tumbuh hingga 100.000 setiap hari tanpa langkah sosial yang tepat dan langkah-langkah keamanan lainnya.

Di luar Amerika Serikat, Cina, India dan Selandia Baru semuanya memiliki angka kasus yang lebih tinggi baru-baru ini.

Federal Reserve dan Kongres AS telah mengeluarkan lebih dari $ 3 triliun stimulus untuk membantu pemulihan ekonomi dari pandemi.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan yang sudah suram untuk tahun 2020. Dengan mengatakan pihaknya memperkirakan ekonomi global akan mengalami kontraksi 4,9% tahun ini. Jauh lebih rendah dari penurunan 3% yang diperkirakan pada bulan April.

Menuju Akhir Pekan, Harga Emas Cukup Stabil

Emas turun kembali dengan cepat pada hari Rabu setelah investor mengambil keuntungan pada reli di $ 1.800 per ounce. Tetapi, para pendukung safe-haven mengatakan mereka tidak mengantisipasi harga emas akan jatuh terlalu banyak dalam waktu dekat karena adanya kenaikan angka kasus COVID-19.

“Virus ini memunculkan risiko paling besar untuk kenaikan break-even jangka panjang. Yang telah menjadi pendorong kuat yang mendukung harga emas,” kata TD Securities dalam sebuah catatan.

“Namun, ke depannya, kami berharap pendorong ini memiliki ruang untuk bergerak. Karena seluruh spektrum kematangan breakevens inflasi masih dihargai di bawah sasaran kebijakan. Dalam konteks ini, penurunan tingkat riil seharusnya akan mendorong harga emas ke $ 1.800. “

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?

BoA Prediksi Harga Emas Bisa Capai Rp1,5 Juta Tahun Ini, Kok Bisa?

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Apa yang Dimaksud dengan Menabung Emas Digital?

Perbedaan Trading dan Investasi Emas

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img