Currently set to Index
Currently set to Follow

Pasar Sepekan: IHSG & Emas Terbang Berkat The Fed, Aset Kripto Latah ‘Menghijau’

Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), emas, dan aset kripto utama kompak ngegas selama pekan ini. Terdapat banyak sentimen positif yang mengelilingi ketiga kelas aset tersebut, namun terdapat pula sentimen negatifnya. Sobat Cuan bisa menyimak ulasan selengkapnya di rangkuman pasar sepekan berikut.

IHSG Finish di Zona Hijau

Nilai IHSG memasuki masa ngaso di akhir pekan dengan bertengger di posisi 6.126,92 poin pada penutupan perdagangan Jumat (4/8), melesat 1,07% dibanding pembukaan perdagangan Senin (30/8) 6.062,11.

Penguatan harga IHSG disebabkan oleh reaksi investor atas beberapa sentimen, salah satunya adalah pengumuman bank sentral Amerika Serikat, The Fed, tentang rencana kebijakan moneternya di sisa tahun ini.

Pada simposium nasional The Fed di Jackson Hole, Jumat (27/8), otoritas moneter itu mengatakan akan melaksanakan kebijakan tapering di tahun ini. Memang, wacana itu seharusnya bisa bikin geger pasar modal sebab tapering berpotensi mengetatkan jumlah Dolar AS beredar dan mengerek nilai tukarnya versus mata uang lain. Akibatnya, pelaku pasar cenderung memilih Dolar AS dan arus modal keluar (capital outflow) tidak dapat dibendung.

Namun, pelaku pasar nampaknya tidak terlalu fokus dengan wacana tersebut. Perhatian mereka lebih tertuju pada sikap The Fed lainnya yang ditunjukkan pada simposium nasional tersebut, yakni niatan otoritas moneter itu untuk tidak mengikuti tapering dengan kenaikan suku bunga acuan.

Hal tersebut bikin lega pelaku pasar. Sebab, jika The Fed mengerek suku bunga acuan, maka suku bunga produk perbankan juga akan meningkat. Akibatnya, pelaku pasar akan memilih memarkirkan uangnya di produk tabungan ketimbang pasar modal. Permintaan instrumen pasar modal yang seret tentu akan menyeret nilai IHSG.

Selain itu, pelaku pasar kian positif masuk ke pasar modal setelah pemerintah perlahan melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pelonggaran PPKM diharapkan bisa membuka kembali kegiatan ekonomi yang sempat terhenti. Hal tersebut bisa menjadi katalis positif bagi kinerja keuangan perusahaan, yakni aspek fundamental utama harga saham.

Sayangnya, dua sentimen tersebut hanya bisa menyokong IHSG di pertengahan pekan. Setelahnya, pelaku pasar seperti kekurangan amunisi sentimen untuk menginjakkan kaki di pasar modal.

Namun, nilai IHSG kemudian melesat lagi di akhir pekan setelah pelaku pasar meyakini bahwa The Fed kemungkinan akan mempertimbangkan kebijakan tapering akibat data penyerapan tenaga kerja baru AS (Non-Farm Payroll/NFP) yang memble. Sekadar informasi, The Fed memang baru akan melancarkan tapering jika situasi ekonomi AS memang benar-benar pulih.

Baca juga: Dirundung Sentimen Negatif, BTC dan Altcoin Masih Punya Celah Menguat Pekan Ini

Harga Emas Terbang Berkat The Fed

Tak hanya IHSG, wacana kebijakan moneter The Fed juga menjadi angin segar bagi pergerakan harga emas. Selama sepekan terakhir, harga emas berhasil tumbuh 0,94% seperti tergambar di grafik harga emas berikut.

Pasar Sepekan: IHSG & Emas Terbang Berkat The Fed, Aset Kripto Latah ‘Menghijau’, Pluang

Sama seperti IHSG, penguatan harga emas sepekan ini dipengaruhi oleh wacana The Fed yang belum berencana mengerek suku bunga acuan Fed Rate. Kondisi tersebut bikin pelaku pasar pede bertahan di pasar emas. Sebab, jika bank sentral AS itu menaikkan suku bunga acuan, maka pelaku pasar akan meninggalkan emas demi beralih ke instrumen perbankan.

Hanya saja, sikap The Fed tersebut ternyata malah bikin pelaku pasar kian selera berinvestasi di pasar modal. Makanya, permintaan emas sempat melorot, di mana hal itu ikut tercermin di pergerakan harganya selama pertengahan pekan.

Namun, sama seperti IHSG, harga emas mulai melesat di akhir pekan setelah pelaku pasar meyakini bahwa angka penyerapan tenaga kerja AS Agustus melandai sehingga The Fed kemungkinan akan menimbang-nimbang niatannya untuk tapering.

Baca juga: Harga Bitcoin Bersiap Lepas Landas Dekati US$40.000 Pekan Ini

Pasar Sepekan: IHSG & Emas Terbang Berkat The Fed, Aset Kripto Latah ‘Menghijau’, Pluang

Harga Cryptocurrency Utama Ikut Menghijau

Seolah tak mau ketinggalan IHSG dan emas, harga aset kripto utama, alias cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar, ikut melaju sepanjang pekan lalu. Moncernya harga aset kripto pekan lalu juga bikin nilai kapitalisasi pasar cryptocurrency menyentuh US$2,2 triliun di akhir pekan.

IHSG

Secara keseluruhan, pasar kripto memang dihinggapi banyak sentimen positif pada pekan lalu.

Salah satunya adalah reaksi pelaku pasar bereaksi terhadap rencana Binance untuk mencatatkan saham trading arm mereka di Amerika Serikat ke bursa saham dalam tiga tahun mendatang. Pelaku pasar melihat hal itu sebagai bukti bahwa Binance memang tengah berekspansi melihat permintaan investor ritel yang kencang atas aset kripto, sehingga mereka juga ikut “terjun” dengan mengakumulasi cryptocurrency.

Selain itu, penyebab kenaikan harga aset kripto juga disebabkan oleh niatan El Salvador yang berniat membentuk lembaga dana amanah Bitcoin dengan nilai US$150 juta. Adopsi Bitcoin yang meluas tentu jadi sentimen positif bagi harga raja aset kripto tersebut. Sentimen tersebut pun ikut menular ke performa harga kawan-kawan altcoin lainnya.

Sentimen adopsi cryptocurrency lainnya berasal dari niatan Twitter untuk mengadopsi Bitcoin Lightning Network sebagai sarana pembayaran komisi (tip). Dengan 199 juta pengguna per akhir kuartal I 2021, langkah tersebut tentu bisa menjadi eksposur yang baik terhadap aset kripto.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emasS&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img