Currently set to Index
Currently set to Follow

Soto Ayam Masuk Jajaran Sup Terlezat di Dunia Versi CNN, Berapa Sih Kalorinya?

Resep soto ayam kuning yang telah populer di seantero Indonesia (bahkan ada rasa Indomie-nya), masuk daftar 20 sup terbaik di dunia. Terlepas dari kalori soto ayam yang lumayan tinggi, menu khas Indonesia ini menjadi primadona berkat kuah kaldunya yang, kalau dalam istilah Bondan Winarno, “Maknyus!”

Sup adalah masakan berkuah kaldu yang dididihkan dengan berbagai bahan yang melengkapinya. Semangkuk sup biasanya menyertakan potongan daging ayam, atau sapi, atau bahkan ikan, dengan sayuran atau kacang-kacangan.

“Sup memiliki akar yang sangat kuno. Orang-orang dahulu terbiasa merebus segala sesuatu mulai dari cangkang kura-kura hingga bambu dalam sup,” tulis Janet Clarkson dalam bukunya Soup: Global History.

Sup memang kerang menjadi pilihan saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Tradisi ini memang telah berlangsung sejak dahulu kala, sajian rebusan ini sup memungkinkan manusia untuk bertahan hidup.

“Saya pikir, di setiap negara di dunia, secara historis, beberapa sup dipandang sebagai upaya restoratif untuk tubuh,” ujarnya terlepas dari kalori soto ayam yang relatif tinggi.

CNN baru saja memperbarui daftar 20 sup terbaik di dunia pada Jumat (26/2) dan memasukkan Soto Ayam Asli Indonesia, termasuk resep soto ayam kuning, dalam daftar tersebut.

Baca juga: 4 Cara Hemat Uang Belanja dan Dapur Tetap Mengepul

Soto Ayam Masuk Jajaran Sup Terlezat di Dunia Versi CNN, Berapa Sih Kalorinya?, Pluang

Resep Soto Ayam adalah Juara Kuliner, Tapi Amankah Kalori Soto Ayam?

Rempah-rempah seperti kunyit, adas, kayu manis, serai, dan daun jeruk berpadu menghasilkan aroma dan rasa yang sangat berlapis bagi resep soto ayam kuning. Tak hanya di Indonesia, sajian ini dinikmati juga di Singapura, Malaysia, dan Suriname. Resep ini dibawa bersama dengan kedatangan para imigran dari Jawa.

Soto ayam memang menjadi kuliner Indonesia yang tiada tanding di sepenjuru negeri ini. Siapa yang dapat menahan godaan dari soto ayam? Namun, semakin banyak bahan yang dikonsumsi, maka kalorinya pun semakin meroket. Berapakah rata-rata kalori soto ayam?

Rerata Kalori Soto Ayam

Kalori soto ayam tentu didasarkan pada bahan-bahan yang digunakan dan cara memasak ayamnya. Yuk, kita bedah berapa kalori masing-masing dari bahan dasar dalam membuat soto ayam.

Soto Ayam Kuning Lezat

#1 Daging Ayam

Bahan wajib dalam resep soto ayam ini tentu adalah bahan nomor satu yang perlu dipersiapkan. Sayangnya, untuk mengetahui kalorinya relatif tidak mudah karena kalori tiap ayam tentu tidak sama. Berikut beberapa bagian daging ayam dan kalorinya:

  • Satu paha ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 52 gram: 109
  • Sayap ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 21 gram: 43
  • Satu paha bawah ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 44 gram: 76
  • Dada ayam tanpa kulit dengan berat 50 gram: 55

Untuk lebih spesifik, kalori ayam tentu dipengaruhi oleh bobotnya. Misalnya, semakin besar porsi daging dada ayam yang dicampurkan untuk membuat soto ayam, maka kalorinya juga akan meningkat. Konsumsi daging ayam dengan kulitnya juga menambahkan kalori dalam resep soto.

Selain itu, cara kita memasak ayam juga akan menentukan kalori dari bahan ayam ini dalam soto. Jika kamu memasaknya dengan merebusnya, kalorinya akan lebih kecil dibandingkan dengan menggorengnya.

#2 Kandungan Bumbu Halus

Bumbu halus juga merupakan bahan dasar resep soto ayam. Berikut ini bumbu dasar yang biasa dimasukkan ke dalam kuah soto beserta kalorinya:

  • 2 siung bawang merah dengan berat total 6 gram: sekitar 4,32
  • Sekitar 2 siung bawang putih dengan berat total 6 gram: sekitar 8,84
  • 1 butir kemiri dengan berat 2,5 gram: sekitar 17,5
  • Sebanyak 1 ruas kunyit dengan berat 3 gram: sekitar 9
  • 1 ruas jahe dengan berat 2 gram: sekitar 1,6

Lima bumbu di atas menyumbang sekitar 41,26 kalori soto ayam. Kalorinya tentu akan bergantung pula pada banyaknya jumlah siung dan potongan yang digiling. Begitu juga apabila kita memasukkan bumbu dan penyedap rasa lain, barangkali juga akan meningkatkan kalori.

Baca juga: Tips Menjaga Berat Badan di Tengah Pandemi

#3 Minyak Goreng

Minyak goreng kerap digunakan untuk menumis bumbu halus. Umumnya 1 sendok minyak goreng cukup untuk menumis bahan bumbu halus. Perkiraan kalori soto ayam dengan bahan minyak goreng sebagai berikut:

  • Satu sendok makan minyak kelapa sawit: 120
  • Sekitar satu sendok makan minyak zaitun 119

Perlu dicatat bahwa cara kita menghaluskan bumbu juga akan berpengaruh terhadap kalori dari soto ayam.

#4 Telur Rebus

Telur rebus bukan bahan yang mutlak ada dalam soto ayam, tapi biasanya untuk mempersedap kuah kaldu dan kenikmatan menyantap, satu butir telur rebus pun ditambahkan. Sayangnya, tentu saja kalori soto ayam akan bertambah dengan ditambahkannya telur rebus ini. Dalam satu butir telur ayam rebus, kalorinya sekitar 77,5.

#5 Nasi Putih Sebagai “Pendamping”

Nasi putih umumnya menjadi kawan setia menyantap soto ayam. Dalam setengah cangkir nasi putih, terdapat sekitar 102 kalori.

Total kalori beserta nasi

Kalori soto ayam dengan bagian dada, telur rebus, dan satu cangkir nasi putih adalah sekitar 395,76 kalori. Berdasarkan bahan-bahan di atas, perkiraan rinciannya sebagai berikut:

  • ½ cangkir nasi putih: 102
  • 1 butir telur rebus 77,5
  • 1 sendok makan minyak kelapa sawit untuk menumis: 120
  • Total bumbu halus: 41,26
  • 1 dada ayam tanpa kulit 100 gram: 55

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Detik Food, Sehatq

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img