Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Cas Cis Cus Speaking English? Simak 13 Kamus Bahasa Inggris Gratis!

Seiring berkembangnya teknologi, “membawa kamus Bahasa Inggris” untuk terjemahkan kosakata tidak lagi identik dengan menjinjing buku-buku tebal, berat, nan besar.

Tampaknya, banyak alasan orang enggan belajar bahasa asing karena mesti berhadapan dengan fisik kamus yang sudah “angker” di awal. Sementara, saat menemukan kata bahasa Inggris sulit yang tidak kita ketahui sebelumnya, tentu kita sangat memerlukan kehadiran kamus.

Kamus memang hal krusial dalam pembelajaran bahasa. Apalagi, setiap bahasa memiliki jumlah kosakata yang berlimpah. Bahkan, mereka yang mahir pun, tak pelak juga membutuhkan kamus.

Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi, hadir banyak aplikasi digital yang bisa diakses dengan ponsel dan bahkan diunduh gratis.

Apa saja kamus bahasa Inggris-Indonesia yang dapat diakses online?

Baca juga: Anak Bilingul Belajar Lebih Cepat, Saatnya Ajari Mereka ‘Bahasa Jaksel’?

Mau Cas Cis Cus Speaking English? Simak 13 Kamus Bahasa Inggris Gratis!, Pluang

#1 Kamus Bahasa Inggris Google Translate

Jumlah unduhan: 5.000.000 ke atas

Rating: 4,5/5 (Playstore)

Pengguna internet tentunya sudah tak asing dengan aplikasi Google Translate. Bahkan, di beberapa ponsel android, Google Translate sudah disediakan dalam satu paket dengan produk aplikasi Google lainnya. Atau jika tidak, aplikasi dapat diunduh langsung di iOS maupun Android. Aplikasi ini umumnya membutuhkan koneksi internet, tapi beberapa kamus dapat diunduh supaya bisa diakses secara offline.

Google Translate juga tersedia sebagai aplikasi kamus bahasa Inggris untuk PC dan laptop. Tidak hanya membantu untuk terjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, Google Translate juga menyediakan layanan terjemahan hingga lebih dari 30 bahasa. Dan tentunya, aplikasi sejuta umat ini dapat menerjemahkan kata dari hasil foto, tulisan tangan, dan bahkan percakapan langsung.

#2 U-Dictionary: Oxford Dictionary Free Now Translate

Jumlah unduhan: 5.000.000 ke atas

Rating: 4,4/5 (Playstore)

Aplikasi dari developer asal Hong Kong, Youdao Limited, ini dapat diakses secara offline tanpa jaringan internet. Urutan entrinya mengikuti standar dari Oxford Dictionary dari institusi Oxford University Press yang sudah pasti lengkap dan akurat.

Untuk mencari definisi kata, aplikasi kamus bahasa Inggris U-Dictionary menawarkan fitur Word Games yang dapat dimainkan sekalian untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini juga membantu penggunanya untuk melakukan Grammar Check sehingga bisa digunakan untuk memeriksa dokumen atau karangan dalam bahasa Inggris.

#3 Merriam Webster

Jumlah unduhan: 514.000 ke atas

Rating: 4,5/5 (Playstore)

Merriam Webster menawarkan kamus dalam tampilan situs web yang bisa diakses lewat browser di ponsel atau desktop serta aplikasi yang bisa diunduh untuk penggunaan offline.

Tak hanya menawarkan kamus, situs web ini memiliki beberapa tab lain untuk terjemahkan bahasa juga fitur menarik seperti thesaurus, games, word of the day, dan juga words at play.

Tiap harinya, aplikasi dan situs web ini memperbarui hingga 10 kata pencarian yang paling populer dicari.

#4 Indonesian-English Dictionary

Jumlah unduhan: 100.000 ke atas

Rating: 4,6/5 (Playstore)

AllDict adalah developer dengan spesialisasi di aplikasi kamus bahasa Inggris dan salah satu yang ditawarkan adalah aplikasi kamus Indonesian-English Dictionary. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan kamus Indonesia-Inggris lengkap yang dapat diakses secara offline.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur Exercises yang akan melemparkan pertanyaan kepada penggunanya berdasarkan kata-kata di kamus pribadi.

Baca juga: Berbagai Manfaat Mempelajari Bahasa Asing

#5 Kamus Bahasa Inggris Offline Lengkap

Jumlah unduhan: 1.000.000 ke atas

Rating: 4,5/5 (Playstore)

Aplikasi android ini dikembangkan oleh developer lokal asal Malang BriXzen dengan nama Kamus Offline Lengkap. Kamus bahasa Inggris ini memiliki antarmuka yang sederhana dan ringan untuk digunakan.

Berbeda dengan aplikasi seperti U-Dictionary yang dilengkapi beragam fitur tambahan, kamus ini cocok bagi kalian yang tidak ingin dibuat pusing dengan fitur-fitur tambahan. Jika hanya ingin menggunakan fasilitas terjemahkan bahasa Indonesia-Inggris, maka kamus dengan data yang ringan ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

#6 Kamus Inggris (Kamusku)

Jumlah unduhan: 10.000.000 ke atas

Rating: 4,6/5 (Playstore)

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Bandung, Kodelokus Cipta Aplikasi, yang juga mengembangkan aplikasi Al-Quran berbahasa Indonesia, Quranku.

Kamusku mengusung desain sederhana dan menyediakan fitur sinonim dan antonim yang dapat membantu penggunanya memperluas kosakata terjemahan. Kamus bahasa Inggris ini juga menyediakan fitur penggunan offline.

#7 Kamus bahasa Inggris di LINE

Jumlah unduhan: 1.000.000 ke atas

Rating: 4,5/5 (Playstore)

Jika selama ini kamu mengenal LINE sebagai aplikasi chatting atau tempat membaca webtoon, jangan sepelekan fitur-fitur keren lain yang disediakan aplikasi ini. LINE Kamus Inggris menyediakan fitur terjemahkan bahasa Inggris-Indonesia yang juga dapat diakses secara offline.

Seperti aplikasi LINE lainnya, LINE Kamus Inggris berada di bawah naungan Naver, perusahaan konglomerat asal Korea Selatan. Selain kamus, aplikasi ini juga menyediakan fitur pronunciation training untuk membantu melatih kemampuan pelafalan bahasa Inggris penggunanya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Wall Street English, English First

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img