Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Altcoin Index?

Altcoin index adalah indeks yang berisi cerminan fluktuasi pasar mata uang kripto terhadap mata uang fiat. Tujuannya, tentu untuk membantu trader atau investor kripto dalam memprediksi arah harga aset kripto ke depan.

Namun, seperti apa bentuk dan kegunaan Altcoin Index?

Altcoin Index Adalah Ekspresi Matematis

Index adalah ekspresi matematis dari rasio dua objek. Sementara itu, Altcoin Index merefleksikan besaran kapitalisasi dari seluruh mata uang kripto dengan mata uang fiat. Pasangan paling popularnya adalah ALT / USD.

Sebagaimana kamu ketahui, altcoin yang dimaksud di sini adalah mata uang kripto alternatif bitcoin. Sehingga, kapitalisasi pasar altcoin cukup relevan mewakili situasi pasar kripto secara umum.

Contoh Altcoin Index
Altcoin Index. Sumber: Dowmarket

Instrumen ini muncul pada 2017 sebagai respons berkembangnya minat masyarakat di pasar mata uang kripto. Pada periode yang sama, Bitcoin juga mulai meroket. Sementara itu, Altcoin memulai pergerakannya pada 5000 poin.

Setelah popularitasnya meroket 2017, mata uang kripto sempat mengalami penurunan drastis hingga sepertiga kapitalisasi pasarnya. Altcoin pun ikut terkoreksi drastis dari semula 5000 menjadi 1700, dan kemudian berangsur-angsur stabil. Kini, pada awal Juli, Altcoin Index berada di kisaran 4.300.

Apa Itu Altcoin Index?, Pluang

Tujuan Altcoin Index

Tujuan utama dibuatnya Altcoin Index adalah sebagai instrumen bagi para trader untuk memantau situasi terkini dari pasar kripto. Gunanya, agar trader dapat memprediksi tren di pasar kripto yang terkenal sangat volatile.

Namun pada perkembangannya, Altcoin Index dapat juga dilihat di dalam platform kripto exchange yang berbasis kontrak opsi (options).

Di dalam skema tersebut, trader juga memerlukan pergerakan harga aset kripto ke depannya. Sebab, alur prediksi harga ini sangat menentukan nilai kontrak opsi yang akan diteken oleh sang trader di awal.

Apalagi, uang yang telah disetor trader untuk membeli kontrak opsi tersebut tidak bisa dikembalikan (refund). Karenanya, trader harus berhati-hati agar tidak terjebak transaksi yang sulit diprediksi dan merugikan.

Pembayaran ini akan menjadi laba bersih jika ternyata harga jualnya nanti lebih tinggi dari harga beli, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Apa itu Lightning Networks?

Altcoin Index untuk Prediksi, Bukan Spekulasi

Kamu harus tahu bahwa Altcoin Index bukanlah instrumen yang membantu trader untuk spekulasi, melainkan prediksi. Sebab, indeks ini mencerminkan situasi di pasar kripto yang sebenarnya, bukan hanya harga spekulasi semata,

Fakta ini cukup penting bagi trader untuk menelaah harga aset kripto di jangka panjang. Jangan sampai, trader-trader lain salah kaprah menggunakan indeks tersebut.

Bagaimana contoh penggunaannya?

Sebagai contoh, pada Januari 2019, Altcoin Index pernah merangkak naik. Hal itu mengindikasikan bahwa kapitalisasi pasar altcoin sedang naik, yang berarti juga mencerminkan tingginya permintaan terhadap uang kripto. Tapi pada periode yang sama, nilai tukar Bitcoin dan mata uang kripto lainnya tidak banyak berubah di platform exchange.

Berarti, terdapat kemungkinan bahwa permintaan tersebut terbilang fana. Sehingga, ada probabilitas permintaan “fana” itu akan ambrol dan bikin harga aset kripto terjun bebas. Nah, trader yang cermat pasti akan menyadari hal tersebut.

Benar saja, empat bulan kemudian, indeks mulai turun saat market merespons terjunnya harga-harga mata uang kripto. Segera setelah dorongan “fana” itu kehilangan bahan bakar, mata uang kripto mulai mengalami koreksi.

Baca juga: Ini Alasan HODL & Menabung Kripto Adalah Strategi Jitu Saat Pasar Bearish!

Altcoin Index Bisa Membaca Dinamika Pasar

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Altcoin Index adalah ekspresi matematis yang nilainya hanya dapat dipengaruhi oleh data-data berupa angka. Nah, hal ini sangat bermanfaat bagi trader, di mana mereka bisa menggunakan Altcoin Index untuk membaca kondisi pasar yang sebenarnya dan membedakan data-data yang bersifat noise.

Seperti apa contohnya?

Seperti yang kita tahu, aset kripto adalah instrumen yang volatil. Pemberitaan yang salah bahkan rumor-rumor yang belum sahih pun bisa menggoyangkan harga satu aset kripto.

Ujung-ujungnya, hal itu bisa bikin kepanikan di pasar (Fear, Uncertainty, and Doubt/FUD). Bahkan, memicu trader melakukan aksi jual, sehingga harga altcoin pun terkerek turun.

Nah, terkadang, kepanikan ini pun bisa melanda trader. Mereka bisa jadi ikut terpengaruh untuk melepas aset kriptonya dan keluar dari pasar. Tapi untungnya, mereka bisa meminimalisasi rasa khawatir itu dengan membaca Altcoin Index.

Jika nilai Altcoin Index hanya berubah sekian ratus poin setelah kepanikan tersebut, artinya pasar altcoin tidak memasuki level kritis. Alias, kondisi pasar dianggap cukup stabil.

Lho, kalau pasar stabil, lantas dari mana kepanikan itu berasal? Nah, di sini kamu harus berpikir kritis. Bisa jadi, kekhawatiran itu disebabkan oleh aksi para bandar aset kripto (whales) yang memang tengah sengaja menggoreng harga satu aset kripto tertentu.

Di sisi lain, kencangnya pertumbuhan atau penurunan Altcoin Index adalah sinyal bahwa perubahan serius di pasar altcoin akan terjadi. Informasi ini cukup penting bagi para trader direct trading atau kontrak opsi.

Maka dari itu, selain berbekal Altcoin Index, trader juga harus melengkapi dirinya dengan analisis fundamental yang komprehensif. Sehingga ia bisa menerka arah harga aset kripto ke depan.

Baca juga: Apa Itu XCAD Network?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: dowmarkets

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img