Currently set to Index
Currently set to Follow

Bagaimana Cara Berinvestasi di S&P 500?

Bagi kamu yang berminat untuk mengetahui cara investasi saham di Amerika, saham Amerika dapat dilihat dalam indeks Dow Jones ataupun S&P. Dan S&P 500 adalah salah satu indeks saham paling populer di Amerika.

Ketika kamu berinvestasi di S&P 500, artinya kamu berinvestasi dalam indeks pasar saham dari 500 perusahaan besar AS. Untuk membuat daftar indeks ini, perusahaan jasa keuangan Standard & Poor (S&P) menerapkan beberapa kriteria.

Beberapa kriteria keuangan yang diterapkan oleh S&P ini yang membuat cara investasi saham di Amerika tergolong aman. Saham Amerika dinilai berdasarkan kriteria kesehatan keuangan perusahaan, termasuk kapitalisasi pasar, volume perdagangan bulanan, dst.

Kinerja kolektif dari 500 perusahaan besar ini diwakili dalam angka (pengembalian harga indeks) yang diperbarui sepanjang hari. Pembaruan indeks ini memberi gambaran berguna tentang kesehatan pasar secara keseluruhan.

Dengan melihat indeks S&P 500, kamu akan tahu bagaimana perusahaan berjalan, begitu pula perekonomian keseluruhan di AS berjalan. Artinya, S&P 500 juga menawarkan indeks ini untuk menjadi dasar penilaian bagi investor yang ingin berinvestasi pada 500 perusahaan tersebut.

Baca juga: Enam Saran Investasi untuk Anak Muda dari Para Pakar

Cara investasi saham di Amerika berdasarkan panduan S&P 500

Kamu tidak membutuhkan seorang penasihat keuangan untuk berinvestasi di S&P 500. Setidaknya, kamu bisa buka rekening investasi pribadi dan tentu saja memiliki sejumlah uang untuk diinvestasikan.

Membeli dan menjual saham dalam indeks S&P 500 dapat dilakukan lewat platform investasi online. Meski tentu setiap pendekatan investasi memiliki kelebihan tersendiri.

Karena diversifikasi S&P 500 melibatkan 500 perusahaan berbeda, maka hasil yang diperoleh dari investasi di saham-saham dalam indeks ini pun akan terdiversifikasi secara inheren.

Ingin mulai berinvestasi dan tahu cara investasi di Amerika? Perhatikan kembali keseimbangan portofolio kami, cari tawaran platform online dengan biaya rendah, dan jenis layanan yang dipersonalisasikan dan ramah dalam membantu layanan otomatis.

Diversifikasi portofolio saham pada S&P 500 terbilang penting karena jika satu perusahaan atau pasar berkinerja buruk, ini tidak mengakibatkan terpuruknya portofolio investasimu.

Berbagai cara investasi saham di Amerika dapat dilakukan lewat investasi S&P 500 dengan cara-cara berikut: melalui bank, broker, broker diskon, penasihat keuangan, maupun penasihat robo.

#1 Cara investasi saham di Amerika – Bank

Bank mungkin tampak seperti cara paling nyaman untuk investasi saham di Amerika. Ini karena ada kemungkinan buatmu untuk menyimpan semua rekeningmu. Dari mulai rekening giro, tabungan, dan indeks investasi, semuanya di satu tempat.

Sisi negatifnya adalah bahwa biaya di bank terbilang tinggi. Lagipula, kamu tidak selalu bisa mendapatkan layanan tatap muka untuk berinvestasi. Ini karena investasi adalah bisnis sampingan bagi bank. (Tujuan utama bank adalah menerima dan meminjamkan uang.)

#2 Broker diskon

Pialang diskon atau platform perdagangan selalu memiliki biaya rendah, tetapi kamu sepenuhnya sendirian. Tidak ada saran untuk membantu kamu menavigasikan pendekatan investasi tertentu.

Cara investasi saham di Amerika jenis ini bisa berhasil dengan baik bagi investor dengan pegangan pada lanskap keuangan mereka dan tahu bagaimana berinvestasi dalam dana indeks S&P 500.

#3 Penasihat keuangan

Seorang penasihat keuangan dapat membantu kamu dengan berbagai jenis investasi. Hanya saja, layanan semacam ini umumnya mahal dan karena itu biasanya menjadi pilihan para investor dengan kekayaan bersih yang tinggi dan sarana untuk membayar layanan “mewah”.

Seorang penasihat keuangan tahu gambaran keuangan kamu secara lengkap, telah membuat rencana keuangan lengkap untukmu. Umumnya mereka memiliki pandangan dan informasi baik tentang bagaimana cara investasi saham di Amerika lewat indeks S&P 500 akan membantumu mencapai tujuan keuanganmu.

#4 Cara investasi saham di Amerika – Penasihat Robo

Penasihat robo menjadi populer karena banyak yang menggabungkan manfaat biaya rendah dengan kemampuan berbicara antara investor dengan mesin pembaca algoritma. Mereka kurang aktif karena menggunakan algoritma yang membantu mengetahui jenis investasi yang tepat untukmu.

Baca juga: Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi bagi Pemula

Manfaat berinvestasi saham Amerika lewat dana indeks S&P 500

Manfaat dalam pengelompokan beberapa perusahaan ke dalam satu indeks membuat menaruh investasi di semua perusahaan dalam indeks itu terbilang mudah bagi investor.

Jika kamu sudah akan mempraktikkan cara investasi saham di Amerika, kamu tentu dapat membeli saham di setiap perusahaan yang membentuk S&P 500. Kamu juga bisa langsung memilih untuk menaruh danamu pada Dana Indeks S&P 500.

Dengan demikian, dalam satu transaksi saja, kamu dapat berinvestasi di seluruh 500 perusahaan pada saat bersamaan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Wealthsimple

Simak juga:

Tertarik Membeli Saham Google? Ketahui Dulu Risikonya di Sini!

Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

Wah, Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

spot_img

Artikel Terbaru

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0

Customer Service Officer

0

Strategy & Growth Lead

0

Senior Social Media

0
spot_img