Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Cryptocurrency Airdrop?

Giveaway bukan cuma dilakukan oleh selebgram ataupun youtuber lho, Sobat Cuan. Di kancah kripto, Cryptocurrency airdrops adalah salah satu bentuk giveaway yang dilakukan oleh pengembang proyek kripto.

Saat ini menurut bank data CoinMarketCap terdapat lebih dari 9.000 koin kripto di market. Tentu jumlah ini akan terus bertambah seiring pendatang baru yang bermunculan.

Para pendatang baru tentu butuh gimmick yang keren dan menguntungkan jika ingin dilirik oleh para supporter kripto. Makanya, dibuatlah sistem giveaway bernama cryptocurrency airdrop.

Airdrop yang dibagikan biasanya berisikan mata uang kripto baru ataupun token. Biasanya, akan ada sejumlah persyaratan ataupun projek sederhana yang harus kamu selesaikan jika ingin kebagian giveaway-nya.

Lumayan kan, buat nambah koleksi kripto kamu?

Cryptocurrency Airdrops

Cryptocurrency airdrops adalah metode pemasaran yang sering dilakukan sebagai upaya peningkatan kesadaran pengguna akan mata uang kripto baru. Kadang, pengembang kripto juga melakukan metode sebar duit digital ini untuk mengapresiasi supporternya yang sudah rela HODL.

Metode ini konon efektif untuk menumbuhkan komunitas kripto dan memupuk loyalitas mereka. Biasanya, keberadaan airdrop diumumkan lewat situs perusahaan. Namun, kalau kamu merupakan pemain lama di dunia kripto dan sudah tergabung dalam beberapa forum, kadang informasi terkait airdrop dibagikan disana.

Jika ingin memperoleh airdrop, kamu biasanya diharuskan menyelesaikan sejumlah projek sederhana. Kamu pun diharuskan menahan sejumlah kepemilikan koin eksisting senilai tertentu untuk dinyatakan layak menerima giveaway yang dimaksud.

Airdrop yang dibagikan umumnya berisi token baru, atau sejumlah kecil koin eksisting yang baru selesai ditambang. Perlu kamu catat bahwa airdrop berbeda dengan Initial Coin Offerings (ICO). Seringkali, airdrop dibagikan sebelum ICO agar kamu sudah kenal dengan token atau koin baru yang meluncur di pasar kripto.

Apa Itu Cryptocurrency Airdrop?, Pluang

Baca juga: Menilik ERC-20, Standar Emas Penciptaan Token-Token DeFi

Alasan Proyek Kripto Bagi-bagi Cryptocurrency Airdrops

Tentunya sebagai crypto enthusiast, kamu pasti akan senang saat kebagian jatah airdrop. Tetapi, apa sih untungnya bagi pengembang dan proyek kripto sampai mereka ikhlas bagi-bagi uang digital gratis?

Berikut ini lima alasan mengapa projek kripto baru maupun blockchain eksisting suka melakukan airdrop.

1. Menciptakan Kesadaran

Ini merupakan alasan utama bagi pengembang kripto dalam melakukan cryptocurrency airdrop. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, proyek baru harus bersaing dengan lebih dari 9.000 koin dan token eksisting jika ingin dikenal luas sebagai altcoin. Tentunya mereka memerlukan strategi yang mengena dan tepat sasaran.

Setelah kesadaran terbentuk, memasarkan kripto tentu akan lebih mudah sebab sudah ada komunitas yang menggunakannya untuk transaksi. Sebelum itu terjadi, tidak ada salahnya membagi-bagikannya secara gratis agar pengguna bisa menjajal sekaligus merasa diuntungkan dengan proyek yang akan diluncurkan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa projek melakukan bagi-bagi airdrop sebelum ICO.

2. Memberikan Reward

Banyak investor dalam dunia kripto merupakan spekulan yang menunggu momen tertinggi dalam return on investment (ROI) portofolionya. Saat momen tercapai, mereka akan menjual aset kripto dan membeli koin atau token pryjek lainnya tanpa memperdulikan keberlangsungan platform yang ada.

Hal ini sebetulnya merupakan bahaya laten yang harus ditanggulangi agar proyek atau platform eksisting tidak tenggelam setelah ditinggal kabur para investor pemburu cuan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membagi-bagikan cryptocurrency airdrops bagi investor setianya.

3. Mendesentralisasi Distribusi Token

Ide utama dalam dunia cryptocurrency adalah mendesentralisasi dunia keuangan. Sayangnya, beberapa investor memiliki modal yang cukup banyak untuk menahan kepemilikan aset kripto dalam jumlah besar.

Ketimpangan kepemilikan ini membuat pasar jadi seperti pasar sentralisasi. Salah satu solusinya adalah dengan membagikan airdrop pada investor ritel untuk menyeimbangkan distribusinya.

Baca juga: Mengenal Token DeFi dan Alasan Kenapa Kamu Harus Perhatikan Mereka

4. Menarik Investor

Pada banyak kasus, cryptocurrency airdrops diikuti dengan penawaran perdana seperrti ICO. Airdrops adalah strategi yang sering terbukti berhasil untuk menyukseskan penawaran perdana tersebut.

Airdrops akan membuat projek baru jadi buah bibir. Di dunia digital, rumor dan gosip yang beredar dapat diukur sebagai engagement. Banyak investor besar menjadikan engagement suatu projek sebagai salah satu tolok ukur saat akan berinvestasi.

Cukup dengan bermodalkan airdrops, penawaran perdana yang sukses akan membuat investasi mengalir deras guna menjamin keberlangsungan projek.

5. Mempelajari Komunitas

Salah satu keuntungan tambahan dari bagi-bagi airdrop adalah data. Saat akan melakukan klaim terhadap airdrop terkadang kamu harus mengisi formulir data pribadi, atau meninggalkan jejak digital. Data-data ini bermanfaat sebagai informasi target market proyek kripto.

Baca juga: Waspada Bahaya Impermanent Loss Saat Yield Farming! Apakah Itu?

Hindari Phissing Saat Berburu Cryptocurrency Airdrops

Meski menguntungkan dan banyak manfaatnya, tapi kamu harus tetap berhati-hati kalau ingin jadi pemburu give away berupa airdrop. Sebab, aktivitas digital di dunia kripto memang tidak lepas dari risiko phissing. Bahkan, bandar sekelas Elon Musk pun menggaungkan peringatan rawannya phissing oleh peretas yang makin hari semakin canggih saja.

Cara paling efektif untuk menghindari, atau meminimalisasi risiko adalah dengan membeli wallets khusus untuk airdrop.

Sederhana saja, karena sebagian besar cryptocurrency airdrop dilakukan pada jaringan Ethereum, kamu bisa menyetel alamat baru pada wallets kamu untuk menerima airdrop. Biasanya fitur ini terdapat pada wallets Metamask dan MyEtherWallet.

Jika dilakukan dengan tepat, berburu airdrop bisa tetap aman dan cuan kok, Sobat Cuan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, CoinMarketCap

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img