Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Fixed Income Security?

Fixed income security adalah investasi yang memberikan pengembalian tetap secara berkala. Pengembalian atau imbal hasil diberikan dalam bentuk pembayaran bunga berkala tetap dan pengembalian pokok pada saat jatuh tempo.

Fixed income security memberi investor aliran pembayaran bunga periodik tetap. Hal ini termasuk juga obligasi, deposito, pasar uang, dan saham preferen.

Untuk membedakannya, sekuritas pendapatan-variabel melakukan pembayaran berubah, misalnya tergantung pada suku bunga jangka pendek. Sementara, pembayaran fixed income security telah jelas diatur sebelumnya.

Departemen Keuangan AS menjamin fixed income security pemerintah. Ini membuat profil risiko tergolong sangat rendah. Namun, investasi jenis ini juga tergolong investasi dengan pengembalian relatif rendah.

Baca juga: Apa Itu Fixed Exchange Rate?

Penjelasan tentang apa itu fixed income security

Fixed income security adalah instrumen utang yang membayar sejumlah bunga tetap, dalam bentuk pembayaran kupon kepada investor.

Pembayaran bunga biasanya dilakukan setengah tahunan sementara pokok investasi kembali kepada investor pada saat jatuh tempo. Obligasi adalah bentuk fixed income security yang paling umum. Perusahaan meningkatkan modal dengan menerbitkan produk pendapatan tetap kepada investor.

Tidak semua obligasi dibuat sama, tiap obligasi memiliki peringkat kredit berbeda yang diberikan berdasarkan kelayakan keuangan penerbit. Peringkat kredit adalah bagian dari sistem penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat kredit. Badan-badan ini mengukur kelayakan kredit obligasi korporasi dan pemerintah serta kemampuan entitas untuk membayar kembali.

Jenis fixed income security

Meski ada banyak jenis, berikut ini jenis yang paling umum dan beberapa yang paling populer selain obligasi korporasi.

Treasury Notes (T-Notes) diterbitkan oleh Departemen Keuangan AS. Ini merupakan obligasi jangka menengah yang jatuh tempo dalam dua, tiga, lima, atau 10 tahun. T-Notes biasanya memiliki nilai nominal USD 1.000 dan membayar pembayaran bunga setengah tahunan dengan tingkat kupon atau suku bunga tetap.

Jenis lain dari fixed income security adalah obligasi Treasury (T-Bonds) yang jatuh tempo dalam 30 tahun. Obligasi negara ini memiliki nominal USD 10.000 dan dijual melalui lelang TreasuryDirect.

fixed income security jangka pendek termasuk Treasury bills. T-bills jatuh tempo dalam waktu satu tahun sejak penerbitan dan tidak membayar bunga. Sebaliknya, investor dapat membeli sekuritas dengan harga lebih rendah dari nilai nominalnya, atau dengan potongan harga.

Obligasi daerah adalah obligasi pemerintah yang diterbitkan oleh negara, kota, dan kabupaten untuk membiayai proyek-proyek pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur jalan, sekolah, dan rumah sakit.

Jenis selanjutnya adalah sertifikat deposito (CD). Dalam jenis fixed income security ini, investor menerima imbalan dalam penyimpanan uang di bank untuk jangka waktu yang telah ditentukan. CD memiliki waktu jatuh tempo kurang dari lima tahun dan biasanya membayar tingkat lebih rendah dari obligasi, tetapi lebih tinggi dari tabungan biasa.

Perusahaan juga dapat menerbitkan saham preferen. Ini jenis yang member investor dividen tetap, ditetapkan berdasarkan persentase nilai saham pada jadwal yang telah ditentukan. Suku bunga dan inflasi mempengaruhi harga saham preferen.

Baca juga: Apa Itu Gold Standard?

Manfaat fixed income security

Fixed income security memberi pendapatan bunga tetap bagi investor selama masa investasi. Jenis sekuritas ini mengurangi risiko keseluruhan dalam portofolio investasi dan melindungi dari volatilitas atau fluktuasi liar di pasar.

Ekuitas secara tradisional lebih tidak stabil daripada obligasi yang berarti pergerakan harganya dapat menyebabkan keuntungan modal lebih besar. Akibatnya, banyak investor mengalokasikan sebagian portofolionya ke obligasi untuk mengurangi risiko volatilitas.

Penting untuk diperhatikan bahwa harga obligasi dan fixed income security dapat naik dan turun. Meski pembayaran bunga sekuritas tetap stabil, harganya tidak dijamin tetap stabil selama masa investasi.

Namun, sekuritas ini biasanya menawarkan lebih banyak stabilitas pokok daripada investasi lain. Misalnya, jika suatu perusahaan sedang menghadapi kebangrkutan dan harus melikuidasi asetnya, pemegang obligasi akan dilunasi sebelum pemegang saham biasa.

Departemen Keuangan AS menjamin fixed income security dan dianggap sebagai investasi tempat berlindung yang aman saat terjadi ketidakpastian ekonomi.

Pro

  • Fixed income security memberi pendapatan bunga tetap bagi investor.
  • Dinilai oleh lembaga pemeringkat kredit yang memungkinkan investor memilih obligasi dari penerbit yang stabil secara finansial.
  • Meski harga saham dapat berfluktuasi, sekuritas jenis ini biasanya memiliki risiko volatilitas yang lebih kecil
  • Fixed income security seperti US treasuries dijamin oleh pemerintah dan memberi pengembalian yang aman bagi investor

Kontra

  • Tetap memiliki risiko kredit yang berarti penerbit dapat gagal melakukan pembayaran bunga atau membayar kembali pokok pinjaman
  • Biasanya membayar tingkat pengembalian lebih rendah daripada investasi lain seperti ekuitas
  • Risiko inflasi bisa menjadi masalah jika harga naik dengan tingkat yang lebih cepat daripada tingkat bunga pada fixed income security
  • Jika suku bunga naik pada tingkat yang lebih cepat, investor merugi dengan memegang sekuritas dengan imbal hasil lebih rendah

Perlu dipahami bahwa berinvestasi dalam fixed income security biasanya menghasilkan pengembalian lebih rendah dan apresiasi modal yang lambat. Jumlah pokok yang diinvestasikan dapat diikat untuk jangka waktu yang lama, terutama dalam kasus obligasi dengan jangka waktu hingga lebih dari 10 tahun.

Akibatnya, investor tidak punya akses ke kas dan mungkin merugi jika mereka membutuhkan uang tunai. Selain itu, produk ini juga memberikan pengembalian lebih rendah daripada ekuitas.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Customer Service Officer

0

Strategy & Growth Lead

0

Senior Social Media

0

Product UX Copywriter

0

Partnerships Manager

0
spot_img