Investasi

down-icon
item
Investasi di pasar terbesar dunia dengan Saham AS

Fitur

down-icon
support-icon
Fitur Pro untuk Trader Pro (Segera Hadir)
Temukan fitur untuk menjadi trader terampil

Advanced Order

support-icon
Dirancang untuk Investor (Segera Hadir)
Berbagai fitur untuk investasi dengan mudah

Biaya

Akademi

down-icon

Lainnya

down-icon
item
Temukan peluang eksklusif untuk meningkatkan investasi kamu
support-icon
Bantuan

Hubungi Kami

arrow-icon

Pluang+

chatRoomImage

Scan kode QR untuk download Pluang di Android dan iOS.

Informasi Terkini UntukmuBlogBerita & AnalisisPelajariKamus
bookmark

Cari berita, blog, atau artikel

Kamus

Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan Ekonomi

66042  dilihat·Waktu baca: 5 menit
Kelangkaan Ekonomi

DEFINISI

Kelangkaan ekonomi adalah terbatasnya ketersediaan sumber daya dalam kaitannya dengan keinginan dan kebutuhan akan sumber daya itu.

Memahami Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan ekonomi adalah salah satu masalah ekonomi paling mendasar yang kita hadapi setiap hari, adalah istilah yang sering digunakan dalam ekonomi untuk merujuk pada kesenjangan antara penawaran dan permintaan akan sumber daya.

Ini adalah prinsip dasar yang tidak cukup untuk dibagikan. Kelangkaan memaksa orang untuk melakukan pertukaran – keputusan sulit tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya secara efisien. Karena sumber daya menjadi lebih langka, biaya biasanya naik. Kelangkaan seringkali relatif, terutama ketika menyangkut sumber daya alam yang melimpah di beberapa daerah dan kekurangan pasokan di daerah lain. 

CONTOH

Tenaga kerja terampil adalah contoh dari sumber daya yang sering langka. Ini adalah kasus pada 2019 – Ada lebih banyak pekerjaan yang tidak terisidaripada orang terampil yang mencari kerja, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja. Ketika ekonomi sedang booming, pengusaha mungkin kesulitan menemukan jumlah pekerja terampil yang mereka butuhkan.

Karena kelangkaan sumber daya meningkat, demikian pula harganya. Biasanya, ini berarti jumlah terbatas tenaga kerja terampil yang tersedia akan beralih ke pemberi kerja yang paling mau membayar mereka. Dan untuk majikan lainnya? Mereka harus kreatif dan mencari cara paling efisien untuk menggunakan pekerja terampil yang mereka miliki.

Kesimpulan

Kelangkaan ekonomi adalah seperti memiliki dua sandwich untuk empat orang …

Kamu mungkin harus kreatif, memotong dua sandwich menjadi dua untuk memberi makan empat orang. Atau, kamu dapat menjual sandwich ke dua penawar tertinggi, dalam hal ini harga sandwich akan naik. 

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa yang menyebabkan kelangkaan ekonomi?

Apakah kelangkaan sumber daya alam?

Perbedaan antara kelangkaan dan kekurangan?

Apa itu kelangkaan ekonomi relatif?

Apa yang Menyebabkan Kelangkaan?

Kelangkaan terjadi ketika terbatasnya ketersediaan sumber daya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan teoritis tak terbatas untuk sumber daya itu. 

Dengan sumber daya alam, misalnya, ada pasokan yang terbatas, dan kita sebagai manusia tidak dapat menciptakan lebih banyak. Hanya menggunakan.

Mari kita lihat air, misalnya. Ketika terjadi kekeringan, persediaan air benar-benar mengering. Permintaan masih ada. Dan karena jumlahnya terus berkurang, itu menjadi semakin langka.

Dalam banyak kasus, penyebab kelangkaan adalah penurunan pasokan. Terkadang itu tidak terduga, seperti ketika kekeringan terjadi, dan air mengering. Dalam kasus lain, ini hanya berkurang secara perlahan saat kita menggunakan persediaan – pikirkan batubara.

Ada juga situasi di mana perubahan keadaan dapat menyebabkan permintaan meningkat secara drastis, dan pasokan tidak tumbuh dengan kecepatan yang dapat mengimbangi.

Contoh historis dari peningkatan permintaan yang drastis adalah Revolusi Industri. Bukannya pasokan batubara menurun secara spontan selama waktu itu. Sebaliknya, kenaikan industri menyebabkan peningkatan besar-besaran dalam permintaan batubara.

Hanya karena meningkatnya permintaan kita akan sumber daya yang terjadi kelangkaan. Ada jumlah batu bara yang terbatas di planet ini, dan jika permintaan tidak berkurang, masuk akal bahwa kita bisa kehabisan. 

Pada akhirnya, kita dapat membagi kelangkaan menjadi tiga jenis utama:

  • Diinduksi oleh permintaan: Ini terjadi ketika peningkatan populasi atau peningkatan konsumsi melebihi ketersediaan sumber daya.
  • Disebabkan oleh pasokan: Ini terjadi ketika faktor lingkungan mengurangi ketersediaan sumber daya, seperti air selama kekeringan.
  • Kelangkaan struktural: Ini adalah hasil dari akses yang tidak merata ke suatu sumber daya. Ini mungkin akibat faktor politik atau ekonomi.

Apakah Kelangkaan Sumber Daya Alam?

Ketika kita berpikir tentang sumber daya yang langka, pikiran kita sering langsung tertuju kepada kelangkaan sumber daya alam – yang ada secara alami tanpa tindakan manusia.

Banyak sumber daya alam terbatas – dan kita, sebagai manusia, menggunakan banyak dari sumber daya alam terbatas tersebut. Beberapa, seperti makanan, bisa kita hasilkan. Tetapi yang lain, seperti minyak, mungkin hilang selamanya begitu kita menggunakannya.

Ini adalah hal-hal yang hanya akan menjadi semakin langka seiring pertambahan populasi dan seiring kita terus menggunakannya. Meskipun beberapa sumber daya alam langka, sumber daya alam lainnya berada di luar bidang kelangkaan sama sekali. Contohnya adalah udara. 

Udara gratis. Kami tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Tidak peduli berapa banyak yang kita gunakan, jumlahnya tidak pernah berkurang. Pemerintah kita tidak perlu khawatir tentang penjatahan udara.

Daya dari udara – tenaga angin – juga merupakan sumber daya terbarukan yang tidak menjadi semakin langka semakin kita menggunakannya.

Apa Perbedaan antara Kelangkaan Ekonomi dan Kekurangan?

Kamu mungkin tergoda untuk menggunakan istilah “kelangkaan” dan “kekurangan” secara bergantian.

Walaupun kedua istilah ekonomi tersebut mungkin terlihat serupa pada awalnya, mereka memiliki beberapa perbedaan utama dan dua penyebab yang sangat berbeda.

Kelangkaan mengacu pada keterbatasan persediaan sesuatu yang secara alami yang tidak dapat segera diisi ulang. Sumber daya alam, misalnya, tidak dapat diisi ulang berdasarkan permintaan jika kita telah menggunakan semuanya.

Kekurangan, sementara itu, adalah fenomena pasar. Ini adalah sesuatu yang terjadi ketika permintaan akan suatu produk lebih besar daripada jumlah yang dipasok dengan harga pasar. 

Ketika pasar berada dalam ekuilibrium, penawaran dan permintaan untuk suatu produk selaras. Ketika ini tidak sinkron, kita bisa mengalami kekurangan. Beberapa hal yang berbeda dapat menyebabkan kekurangan.

Pertama, kekurangan bisa merupakan hasil dari peningkatan permintaan. Misalnya, katakanlah seorang selebritas membagikan foto kemeja $ 15 yang ia dapatkan di Target. Tiba-tiba semua orang bergegas ke Target untuk membeli kemeja, dan kita berakhir dengan kekurangan. Ini tidak permanen – Perusahaan selalu dapat membuat lebih banyak.

Kekurangan juga bisa disebabkan oleh berkurangnya pasokan. Katakanlah sebuah perusahaan mengetahui biaya produksi untuk salah satu produknya yang naik. Akibatnya, mereka memutuskan untuk memproduksi lebih sedikit dari produk saat ini. Jika mereka juga tidak menaikkan harga produk – dan kita menganggap permintaan untuk produk akan tetap sama – kita akan berakhir dengan kekurangan.

Pada akhirnya, penawaran dan permintaan biasanya dapat disesuaikan di pasar untuk mengakhiri kekurangan. Ini adalah perbedaan kritis antara kekurangan dan kelangkaan. Dengan kelangkaan, hanya ada sejumlah terbatas sumber daya yang tersedia, dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Dalam kekurangan, pasar biasanya bisa menyelesaikan masalah.

Apa Itu Kelangkaan Ekonomi Relatif?

Kelangkaan relatif adalah ketika distribusi sumber daya yang tidak merata menyebabkan sumber daya menjadi langka bagi sebagian orang, tetapi tidak untuk semua. Sebagai contoh, di beberapa bagian dunia, air adalah sumber daya yang melimpah yang tidak perlu dikhawatirkan oleh masyarakat. Itu keluar dari keran dalam pasokan yang tampaknya tidak terbatas. 

Namun, ada jutaan orang di seluruh dunia yang hidup dengan kelangkaan air, beberapa di antaranya tidak memiliki akses ke air minum bersih. Di Amerika Serikat, ada bagian negara yang menghadapi kondisi kekeringan selama bertahun-tahun.

Di daerah-daerah di mana air langka, harganya naik, dan pemerintah dan masyarakat harus membuat keputusan sulit tentang cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.

Contoh lain dari kelangkaan relatif adalah tanah.

Di daerah pedesaan, tanah berlimpah. Ada hutan dan ladang; rumah-rumah kebanyakanmemiliki halaman berukuran besar. Dan kamu tidak membayar premi untuk tanah itu, karena ada persediaan yang tampaknya tak ada habisnya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Ditulis oleh
channel logo

Satya Nagara

Right baner

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini berguna untukmu?

like
like
Artikel Terkait
Right baner
no_content

Trading dan Investasi dengan Super App Investasi  #1

Daftar