Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Itu Open Outcry?

Open Outcry adalah metode komunikasi populer antara pialang dan investor di bursa saham. Di dalam open outcry, pialang memberikan gestur tangan atau berteriak dengan keras kepada investor dalam memberikan info perdagangan atau konfirmasi aksi beli dan jual saham.

Open Outcry Adalah Pemandangan Sehari-Hari di Lantai Bursa

Open Outcry biasanya dilakukan di lantai bursa, atau kerap dikenal sebagai trading pit. Ruangan trading pit merupakan bagian dari bursa saham yang memiliki satu podium tersendiri, yang digunakan pelaku pasar untuk melakukan komunikasi secara empat mata.

Di dalam proses komunikasi tersebut, pialang akan menyebut harga transaksi saham, yang nantinya akan direspons oleh investor jika mereka ingin membeli atau menjualnya.

Open outcry sangat mirip dengan proses lelang, di mana semua pesertanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan saham yang diinginkan. Aktivitas ini dianggap positif lantaran mendorong transparansi, efisiensi, dan harga transaksi yang adil di bursa saham. Hal ini cukup berbeda dibanding perdagangan over-the-counter, yakni ketika transaksi dan informasi harga disampaikan antara dua pihak saja.

Metode ini lazim dilakukan pelaku pasar sebelum tahun 2010. Namun, cara komunikasi seperti demikian tidak digunakan lagi lantaran informasi dan konfirmasi jual-beli saham sudah dilakukan secara daring.

Baca juga: Apa Itu Kontrak Berjangka?

Apa Itu Open Outcry?, Pluang

Akhir dari Open Outcry Trading

Metode open outcry sejatinya lumrah dilakukan berabad-abad lalu. Namun, kini perdagangan dilakukan secara elektronik untuk mengurangi beiaya transaksi, meningkatkan volume perdagangan, dan mengurangi potensi manipulasi.

Perdagangan elektronik juga memudahkan pelaku pasar untuk memperoleh informasi langsung dari bursa saham. Asyiknya, kini sudah terdapat beberapa perdagangan elektronik yang tersedia secara gratis di ponsel maupun komputer.

Namun, beberapa pelaku pasar masih menyayangkan ketidakmampuan sistem elektronik dalam menangkap informasi tak kasat mata yang ada di trading pit. Sebagai contoh, perdagangan elektronik tidak menampilkan penilaian subjektif terkait transaksi saham, misalnya motivasi atau tujuan pelaku pasar dalam berinvestasi.

Baca juga: Apa Itu Pasar Saham?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img