Currently set to Index
Currently set to Follow

Sedikitnya 50% Orang Takut Kehilangan Pekerjaan Saat Pandemi

Survei baru menunjukkan lebih dari setengah pekerja dewasa takut kehilangan pekerjaan mereka. Namun, dua per tiga pekerja optimistis mereka bisa mencari pekerjaan baru saat ini. Masalah ketenagakerjaan dan peluang yang dirasakan untuk mempelajari keterampilan baru sangat bervariasi antar-negara.

Krisis COVID-19 membuat banyak pekerjaan pasti akan hilang. Namun, untuk mereka yang mencari pekerjaan, maka pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan berbeda sedang bermunculan.

Secara paralel, pemerintah sedang mempertimbangkan implikasi pasar tenaga kerja jangka panjang dari mempertahankan, menarik, atau sebagian melanjutkan dukungan krisis yang kuat yang mereka berikan kepada bisnis untuk menutupi upah dan mempertahankan pekerjaan. Akibatnya, pasar tenaga kerja yang terganggu dan prospek tidak pasti muncul untuk 2021.

Baca juga: 3 Tips Mencari Kerja yang Cocok Kala Pandemi

Banyak orang takut kehilangan pekerjaan dan mencari pekerjaan tahun depan

Survei terhadap 12.000 pekerja dewasa dari 27 negara menemukan bahwa dari 54% khawatir, 17% sangat prihatin, dan 37% agak khawatir akan kehilangan pekerjaan.

Kekhawatiran kehilangan pekerjaan tahun depan berkisar dari 75% di Rusia, 73% di Spanyol, dan 71% di Malaysia. Hingga hanya 26% di Jerman, 30% di Swedia, dan 36% di Belanda dan Amerika Serikat.

Survei juga menemukan bahwa dua per tiga pekerja dewasa mengatakan bahwa mereka dapat belajar dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan melalui perusahaan mereka saat ini. 23% sangat mampu untuk mencari pekerjaan, dan 44% agak mampu untuk melakukannya.

Di 27 negara, kemampuan yang dirasakan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan di tempat kerja paling tersebar luas di Spanyol (86%), Peru (84%), dan Meksiko (83%). Sedangkan paling tidak umum di Jepang (45%), Swedia (46%), dan Rusia (48%).

Seberapa khawatirkah mereka?

Negara-negara di mana mereka yang dapat memperoleh keterampilan baru dalam mencari pekerjaan melebihi jumlah mereka yang khawatir kehilangan pekerjaan dengan marjin terbesar adalah Amerika Serikat dan Jerman (dengan 40% persentase).

Sebaliknya, kekhawatiran kehilangan pekerjaan lebih umum daripada kemampuan yang dirasakan untuk memperoleh keterampilan di Rusia (dengan 28 poin) dan, pada tingkat yang lebih rendah di Malaysia, Polandia, Jepang, Turki, dan Korea Selatan.

Laporan World Economic Forum 2020 Future of Jobs yang akan datang akan mengungkapkan bagaimana pemberi kerja termotivasi untuk mendukung pekerja yang dipindahkan dari peran mereka saat ini.

Dan berencana untuk mengalihkan banyak dari pekerja tersebut dari pekerjaan mereka saat ini ke dalam peluang yang muncul.

Oleh karena itu alih-alih berfokus secara sempit pada tabungan jangka pendek dari PHK atau otomatisasi, bisnis yang berinvestasi dalam modal manusia akan menemukan bahwa ada kasus bisnis finansial dan non-finansial yang menarik untuk melatih kembali pekerja.

Baca juga: Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Apa itu jobs reset summit dari Forum Ekonomi Dunia?

Sebelumnya Laporan oleh Forum Ekonomi Dunia menunjukkan bahwa modal manusia adalah aset penting dalam bisnis apa pun.

Ini menyoroti bagaimana di era teknologi di mana-mana, keterampilan, kreativitas, dan kemampuan manusia yang akan membentuk keunggulan kompetitif untuk organisasi mana pun.

Pembiayaan dan penerapan “revolusi reskilling” adalah investasi penting untuk bisnis, pekerja, dan ekonomi.

Jobs Reset Summit dari Forum Ekonomi Dunia mempertemukan para pemimpin dari bisnis, pemerintah, masyarakat sipil, media, dan publik luas untuk membentuk agenda baru untuk pertumbuhan, pekerjaan, keterampilan dan kesetaraan,

Ajang virtual empat hari mencari pekerjaan itu hadir saat dunia mencari jalan keluar dari pandemi COVID-19. Krisis virus corona semakin mengganggu dunia kerja setelah bertahun-tahun meningkatnya ketidaksetaraan pendapatan.

Juga meningkatnya kekhawatiran tentang perpindahan pekerjaan yang didorong oleh teknologi,  dan meningkatnya perselisihan sosial. KTT ini akan mengembangkan kerangka kerja baru, membentuk solusi inovatif dan mempercepat aksi pada empat pilar tematik.

Empat pilar tersebut adalah pertumbuhan ekonomi, kebangkitan dan transformasi; pekerjaan, upah, dan penciptaan pekerjaan; pendidikan, keterampilan, dan pembelajaran seumur hidup. Serta kesetaraan, inklusi, dan keadilan sosial.

Prospek pekerjaan kala pandemi

Mencari pekerjaan di masa pandemi memang sulit. Banyak sektor yang mengalami kemunduran. Namun, jangan putus asa karena mungkin masih ada perusahaan yang mencari karyawan baru. Bagaimana cara mencari pekerjaan?

Kristen Keats, pengusaha, pakar karir, dan CEO dan pendiri Breakaway Bookkeeping + Advising. Mengatakan masih ada peluang mencari pekerjaan di luar sana. Yang perlu dilakukan adalah membuat para perekrut kagum dengan resume dan surat lamaran. Buat mereka kagum dengan skill dan kemampuan kita.

Persiapan yang bisa menjadi langkah awal kita melanjutkan atau memulai karier di tengah pandemi adalah dengan mencari tahu perusahaan yang buka lowongan. Daripada tanpa henti mencari lowongan kerja daring, buatlah daftar perusahaan yang kita impikan untuk bergabung.

Yang paling penting dalam mencari pekerjaan di masa pandemi ini adalah jangan putus asa. Masih ada banyak peluang di luar sana menanti.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img