Currently set to Index
Currently set to Follow

Dinasti Cuan! Ini Dia Daftar 10 Keluarga Paling Tajir Sejagat!

Menjadi kaya tentu adalah impian semua orang. Beberapa orang harus berjibaku untuk meraih status tersebut dari nol, sementara yang lainnya sudah menikmati kemewahan tersebut sejak lahir tanpa harus kerja keras. Dengan kata lain, mereka sudah terlahir di keluarga yang kaya raya.

Di Indonesia sendiri, kita sering mengenal pemilik grup Djarum, keluarga Hartono, dan keluarga Widjaja yang merupakan pemilik grup Sinarmas sebagai salah dua dari beberapa keluarga terkaya di Indonesia.

Namun, dinasti bisnis seperti demikian tak hanya ada di tanah air, tetapi juga berada di negara lainnya. Bahkan, jumlah kekayaan beberapa dinasti keluarga itu kelihatannya tidak surut. Pandemi COVID-19 pun nampaknya tidak berhasil menggoyang laju kapal pesiar keluarga-keluarga superkaya ini.

Keluarga Walton, salah satu keluarga dalam daftar ini, malahan bertambah kaya daripada sebelumnya. Mereka berhasil menambahkan hingga US$25 miliar selama pandemi ini ke kekayaan mereka. Investasi bertahun-tahun Walmart, raksasa ritel yang mereka kelola, mampu melihat menyesuaikan peluang e-commerce selama pandemi. Lonjakan penjualan kuartal pertama pun menambahkan angka signifikan ke pundi-pundi kekayaan keluarga ini.

Sementara, Mukesh Ambani, juga ada dalam daftar ini, berhasil menambah kekayaan keluarga hingga US$20 miliar untuk platform digitalnya sejak April tahun lalu. Begitu juga keluarga Johnson dengan Fidelity Investments-nya mengais US$9 miliar di 2020.

Siapa saja keluarga-keluarga superkaya ini dan bagaimana bisa keluarga kaya ini justru menambah kekayaan di masa krisis ini? Yuk, kita baca daftarnya.

Baca juga: Investor Pemula Wajib Tahu! Simak Istilah Umum Reksa Dana Ini

Dinasti Cuan! Ini Dia Daftar 10 Keluarga Paling Tajir Sejagat!, Pluang

1. Keluarga Walton – Walmart

Kisaran kekayaan US$215 miliar

Sam Walton founded Walmart, a multinational retail corporation, in 1962 and his heirs have since helped transform it into a multi-billion revenue-churning machine.
Sumber: The CEO Magazine

Keluarga Walton adalah keluarga terkaya di AS. Menurut beberapa sumber, bahkan keluarga ini termasuk keluarga kaya nomor wahid sejagat. Pada 2020 saja, para anggota keluarga Walton, Jim dan Alice Walton, masing-masing memiliki networth US$54 miliar dan mengisi posisi kedelapan dan kesembilan dalam daftar miliarder yang dirilis tahunan oleh Forbes.

Walmart, milik keluarga ini, adalah raksasa ritel. Perusahaan ini rata-rata menumbuhkan US$3 juta per jam. Didirikan oleh Sam Walton di Arkansas pada 1962, kini Walmart menjadi perusahaan terbesar di dunia. Raksasa ritel ini mengoperasikan hampir 11.510 toko ritel di seluruh dunia dan 5.347 toko di AS per 31 Oktober 2020.

Pendapatannya pada 2020 mencapai US$524 miliar dan lebih dan mempekerjakan hingga 2,2 juta orang. Bayangkan kalau orang-orang itu membentuk kota mereka sendiri. Walmart bisa-bisa jadi kota keempat terpadat di AS, setelah New York, Los Angeles, dan Chicago.

2. Keluarga Mars – Mars

Kisaran kekayaan US$120 miliar

Jacqueline Mars
Sumber: Business Insider

Hanya dengan jualan permen dan cokelat, dinasti satu ini jadi keluarga kaya sejagat. Perusahaan mereka lebih dikenal dengan nama M&M, produksi cokelat mereka, dibandingkan nama resminya: Mars. Pada 2017, perusahaan permen terbesar di dunia ini melakukan diversifikasi dengan mengakuisisi VAC, perusahaan perawatan hewan peliharaan senilai US$9,1 miliar.

Jacqueline dan John Mars masing-masing memiliki kekayaan bersih US$24,7. Networth ini menempatkan mereka di posisi ke-29 dalam daftar miliarder tahunan Forbes. Kini, perusahaan Mars dikelola oleh generasi keempat dari anggota keluarga Mars, dihitung dari periode hidup sang pendiri, Frank Mars.

3. Keluarga Koch – Industri Koch

Kisaran kekayaan US$109,7 miliar

Koh Family
Sumber: Wealthypersons.com

Hari ini, Charles Koch barangkali lebih dikenal publik lantaran keterlibatannya dalam politik. Gelontoran kekayaannya diarahkan pada pendanaan kandidat dan think tank alias lembaga pemikir liberarian. Ia juga mendanai kerja riset para profesor di universitas, hingga lobi-lobi politik untuk posisi penentuan kebijakan negara. Semua keterlibatan yang ia tujukan untuk memajukan agenda konservatif di negeri Paman Sam. Terlepas dari apa yang publik tahu tentangnya, ia berutang besar pada keluarga kaya Koch yang memegang bisnis minyak ayahnya.

Dalam kiprahnya, Charles bermitra dengan saudara laki-lakinya David hingga saudaranya wafat pada 2019. Kekayaan Charles diperkirakan mencapai US$38,2 M, menempatkannya serta Julia Koch dan dinasti keluarganya  di urutan ke-18 daftar miliarder Forbes.

4. Keluarga Al Saud – Kerajaan Saudi

Kisaran kekayaan US$95 miliar

Salman bin Abdulaziz Al Saud

Dalam rentang sejarahnya, House of Saud, alias Keluarga Kerajaan Saudi, telah bertahan hampir satu abad. Seiring bertahannya kuasa dari dinasti Saud, begitu juga putra mahkota Mohammad bin Salman dilaporkan menyimpan karya seni termahal di dunia, Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci di atas kapal superyacht-nya.

Kekayaan keluarga diperkirakan mencapai US$95 miliar. Angka ini terus tumbuh berkat bayaran yang dipungut selama puluhan tahun dari Royal Diwan, kantor eksekutif raja. Relasi keluarga dengan Saudi Aramco, raksasa industri minyak, memastikan keluarga kaya ini terus mendulang kekayaan.

Sulit untuk menerangkan kekayaan masing-masing anggota kerajaan secara akurat. Pasalnya, keluarga ini terdiri dari 15.000 anggota. Beberapa dari mereka punya usaha bisnis sendiri, atau bahkan mengelola kontrak proyek dari pemerintah.

5. Keluarga Ambani – Reliance Industries

Kisaran kekayaan US$81,3 miliar

Ambani Family
Sumber: Dailyhunt India

Di antara deretan nama perusahaan dengan kekayaan multimilyuner, keluarga kaya konglomerat industri Reliance Industries terhitung nama paling gaib karena jarang terdengar. Meski begitu, CEO perusahaan ini, Mukesh Ambani, ada di urutan ke-10 dalam daftar miliarder Forbes per 18 Maret 2021.

Perusahaan yang didirikan ayah Mukesh pada 1957 ini mengawasi penyulingan, petrokimia, minyak, gas, dan tekstil perusahaan. Saudara Mukesh, Anil, mengelola diversifikasi usaha perusahaan ini, di urusan jaringan telekomunikasi, manajemen aset, industri hiburan, dan pembangkit listrik.

Baca juga: Selow-Selow Aja, Taipan China Ini Diam-diam Jadi Orang Terkaya se-Asia! Siapa Dia?

6. Keluarga Dumas – Hermès

Kisaran kekayaan US$63,9 miliar

Hermes - Dumas Family
Sumber: REUTERS/Fred Prouser

Bermula dari produksi pakaian berkuda untuk kalangan aristokrat, Thierry Hermès mendirikan rumah modenya pada abad ke-19. Hari ini, rumah modenya menjadi simbol barang dengan kualitas berkelas.

Rumah mode kenamaan Perancis ini telah memukau dunia dengan berbagai barang mewah yang diproduksinya: syal, dasi, parfum khasnya, hingga tas tangan ikoniknya Kelly dan Birkin. Prestisenya ini membikin salah satu cabang toko Hermès di China mencatat penjualan lebih dari US$2,5 juta pada hari pertama toko dibuka kembali setelah pandemi COVID-19.

Pemegang perusahaan ini saat ini adalah Axel Dumas, CEO dan ketua perusahaan, dengan Pierre-Alexis Dumas sebagai direktur artistiknya.

7. Keluarga Wertheimer – Chanel

Kisaran kekayaan US$54,4 miliar

Alain and Gerard Wertheimer
Sumber: Business Insider

Rumah mode kelas atas Perancis, Chanel, legendaris dengan LBD-nya alias little black dress, gaun hitam berpotongan sebatas lutut yang lazim dikenakan untuk pesta koktail, juga Parfum No. 5, dan desainer kenamaannya, mendiang Karl Lagerfeld.

Kini, perusahaan ini dipegang oleh duo bersaudara, Alan dan Gerhard Wertheimer. Keduanya kini berada di peringkat ke-48 dalam daftar miliarder Forbes dengan kekayaan bersih masing-masing US$17 M.

8. Keluarga Johnson – Fidelity Investments

Kisaran kekayaan US$46,3 miliar

Johnson Family
Sumber: Blomberg.com

Fidelity Investments didirikan oleh Edward C. Johnson II pada 1946 dan merupakan salah satu firma jasa keuangan terbesar di dunia. Perusahaan ini menyediakan jasa investasi kepada jutaan orang dan kini dijalankan oleh cucu perempuan Johnson, Abigail Johnson, yang menempati peringkat ke-124 dalam daftar miliarder Forbes dengan kekayaan bersih US$10,8 miliar.

9. Keluarga Boehringer, Von Baumbach – Boehringer Ingelheim

Kisaran kekayaan US$45,7 miliar

Boehringer family
Sumber: Wealthypersons.com

Boehringer Ingelheim adalah perusahaan farmasi Jerman dengan sejarah lebih dari 130 tahun. Bersama dengan Von Baumbach, keluarga kaya ini tetap memegang kendali perusahaan beberapa generasi kemudian.

10. Keluarga Albrecht – Aldi

Kisaran kekayaan US$41 miliar

babette albrecht
Sumber: Business Insider

Aldi adalah jaringan toko bahan makanan internasional yang dikelola oleh dua bersaudara Theo dan Karl Albrecht, warisan orangtua mereka setelah Perang Dunia II. Selain Aldi, keluarga kaya ini juga mengelola jaringan toko grosir AS yang populer, Trader Joe’s. Theo Albrecht dan keluarganya memiliki kekayaan bersih US$17 miliar dan menduduki peringkat ke-51 dalam daftar miliarder Forbes.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Bloomberg, Visual Capitalist

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img