Currently set to Index
Currently set to Follow
Artikel 5 Alasan Pentingnya Jaga Kesehatan Finansial

5 Alasan Pentingnya Jaga Kesehatan Finansial

Tidak dapat dimungkiri, kesehatan fisik atau tubuh kita rupanya dipengaruhi oleh faktor bagaimana kesehatan finansial kita. Apakah kita sejahtera atau tidak.

Stres merupakan penyebab utama munculnya permasalahan kesehatan mental dan fisik. Dan seringnya penyebab utama stres adalah karena kita tidak bisa mengatur keuangan kita.

Jamak kita jumpai kasus di mana seseorang mengalami gangguan mental kemudian mengakhiri hidup sendiri lantaran tak kuat menanggung beban finansial. Di samping bunuh diri, banyak kasus pembunuhan atau kriminalitas terjadi karena adanya urusan perut yang bermasalah.

Karena kesehatan finansial juga bisa memengaruhi tingkat kesehatan mental dan fisik, maka alangkah baiknya bila kita meningkatkan perencanaan keuangan, dengan demikian kesehatan fisik kita akan meningkat.

Baca juga: Apa Saja Hal yang Perlu Dilatih untuk Menjaga Kesehatan Mental?

Pandai mengelola kesehatan finansial akan berimbas positif pada kesehatan fisik

Menjaga kesehatan mental dan fisik dengan baik memang merupakan sesuatu yang tidak mudah dan mahal.

Ketika kita jatuh sakit, tentu kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar biaya-biaya pengobatan demi memperoleh kesehatan kembali.

Belum lagi jika kita sakit karena penyakit yang tergolong langka, tentunya biaya perawatannya akan jauh lebih mahal ketimbang penyakit yang biasa-biasa saja.

Namun, sebenarnya selama kita pintar dalam mengelola kesehatan finansial, misalnya dengan memiliki asuransi kesehatan mungkin biaya-biaya mahal yang sebelumnya kita bayar sendiri akan ter-cover oleh asuransi tersebut.

Asuransi kesehatan dapat meringankan biaya-biaya perawatan saat sakit. Tetapi, tentu saja kita harus konsisten membayar premi asuransi agar sewaktu-waktu kita jatuh sakit, maka kita dapat mengklaim asuransi kesehatan tersebut.

Jika kita mampu mengelola kesehatan finansial, kecil kemungkinan kita akan jatuh stres menghadapi masalah keuangan.

Ini karena jika kita stres, sistem imun tubuh akan menurun dan penyakit sudah tentu gampang menghampiri, apalagi jika ada penyakit bawaan.

Banner Blog Pluang

Tekanan finansial dapat memunculkan penyakit

Dilansir dari CNBC Indonesia, sebuah studi psikologi pada 2016 menunjukkan bahwa tekanan finansial dapat memunculkan penyakit, baik fisik atau mental.

Mereka yang tidak aman secara ekonomi akan berpotensi mudah jatuh sakit dan harus mengkonsumsi banyak obat.

Selain kesehatan fisik, kondisi kesehatan finansial yang buruk juga dapat memperburuk kesehatan mental seseorang. Ujungnya seseorang itu berpotensi melakukan hal-hal negatif.

Dalam banyak kasus, perilaku negatif akibat buruknya kesehatan finansial mulai dari kecenderungan melakukan bunuh diri, juga berbagai kejahatan seperti perampokan dan pembunuhan.

Sebuah jajak pendapat AP-AOL pada 2008 menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tekanan utang yang lebih tinggi cenderung rentan mengidap depresi berat (23%) dan kecemasan parah (29%).

Lebih parah lagi, mereka yang memiliki penghasilan rendah cenderung menyelesaikan masalah ini dengan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan, misalnya dengan merokok, minum minuman keras, makan tidak teratur, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Baca juga: Begini Cara Terbaik Jaga Kesehatan Mental, Tanpa Keluar Uang Lho!

Jika kamu tertarik mengoptimalkan kesehatan fisikmu, kamu sebaiknya memperhatikan kesehatan finansial

Untuk itu, ada baiknya manu meningkatkan penghasilan, membuat anggaran dengan hati-hati, melunasi utang, bahkan menjauhi utang. Kamu juga harus membuat rencana asuransi, terutama asuransi kesehatan.

Lalu bagaimana cara memperhatikan kesehatan finansial? Simak tipsnya berikut ini:

#01 Kesehatan finansial – konsumsi informasi yang bermanfaat

Baik itu dari koran, buku, podcast, blog, video YouTube, hingga webinar, kamu harus memperoleh informasi yang bermanfaat dari platform tersebut.

Seseorang ada baiknya paham mengenai dasar-dasar finansial seperti dana darurat, jenis investasi, asuransi, dan lain sebagainya.

#02 Tentukan tujuan finansial

Kamu ada baiknya menentukan tujuan finansial dalam mengelola keuanganmu. Tujuan finansial bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, untuk pernikahan atau pendidikan.

Dengan memiliki tujuan finansial, kamu bisa menentukan jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Tujuan ini akan menjadi motivasi untukmu.

#03 Mencatat pemasukan dan pengeluaran

Di saat ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya dengan melacak seluruh pemasukan atau pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Dengan melakukan pencatatan ini, kamu akan mendapatkan gambaran dari kemampuan finansial. Ini akan membuatmu lebih mudah untuk mengarahkan uang yang kamu miliki.

#04 Sesuaikan gaya hidup

Setelah kamu mengetahui kemampuan finansialmu, kamu perlu menciptakan gaya hidup yang sesuai dengan kemampuanmu itu.

Jangan berlebihan atau memaksakan diri memiliki gaya hidup di luar kemampuan finansial. Lakukan keputusan keuangan dengan bijak dan fokuslah hanya pada kebutuhan, jangan tergoda menuruti keinginan konsumtif.

#05 Memiliki asuransi kesehatan

Pondasi penting lainnya agar kamu memiliki kesehatan finansial yang baik adalah keamanan keuangan dengan proteksi yang disediakan oleh asuransi.

Produk asuransi bisa memberikan perlindungan terhadap tabungan dan investasi yang kamu miliki ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, atau sakit.

Jadi, kesimpulannya, kesehatan fisik dan mental kita sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan finansial. Jaga kesehatan finansialmu agar secara fisik dan mental kamu berada dalam kondisi baik dan sehat.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

 Sumber: CNBC Indonesia

Simak juga:

Artikel Terbaru