Jika Kita Investasi Emas 10-20 Tahun Lalu, Berapa Ya Cuannya Hari Ini?

Jika kamu mengecek harga emas 10 tahun terakhir, tentu kamu lihat keuntungan menabung emas yang bisa diperoleh dalam satu dasawarsa itu.

Apalagi di tengah ketidakpastian global ini akibat wabah Covid-19, awal bulan ini saja harga emas 10 tahun terakhir sudah cetak rekor hari ini, berada di level Rp851.000 hingga Rp900.000 per gram.

Berdasarkan perdagangan harga emas di pasar dunia, perdagangan emas di New York 10 tahun lalu di pasar spot sebanyak USD 1.118,80 per troy ons. Artinya per gram emas sama dengan USD 35,97 atau setara Rp335.869,87/gram (dengan asumsi kurs Rp9.337,5/USD).

harga emas 10 tahun terakhir

Melihat harga emas 10 tahun terakhir, keuntungan menabung emas capai hingga 131%. Dari Rp335.689/gram menjadi Rp851.000/gram.

Kenaikan harga emas ini beri keuntungan bagi mereka yang berinvestasi emas. Terutama, bagi mereka yang berinvestasi hingga 10 tahun, tepatnya pada 2010.

Ini tunjukkan betapa investasi logam emas memang pilihan yang tepat bagi investor yang ingin menyimpan dana dalam bentuk emas.

Baca juga: Jokowi Konfirmasi 2 Kasus Corona, Investasi Emas Sentuh Rekor

Keuntungan menabung emas bisa capai 5 hingga 20 persen setiap tahunnya

keuntungan menabung emas

Keuntungan menabung emas yang bisa capai hingga 131% tunjukkan bahwa emas adalah instrumen yang tahan banting terhadap laju inflasi dan minim terkena sentimen negatif gejolak ekonomi global.

Di Indonesia, emas telah menjadi sarana investasi yang lazim di tengah masyarakat. Bisa mudah diuangkan kembali dalam jangka waktu dekat adalah salah satu keunggulannya.

Dalam hitungan menit ataupun jam, emas bisa dikonversikan menjadi uang saat dibutuhkan, berbeda dengan investasi lainnya seperti properti yang mesti menunggu penawar untuk membeli.

Dari segi nilai, kendati terkadang mengalami penurunan, keuntungan menabung emas konsisten setiap tahunnya. Kenaikan terjadi setiap tahunnya, mengikuti kondisi perekonomian global dan domestik.

Berdasarkan data jual-beli emas, investasi emas cenderung mengalami kenaikan 5 hingga 20 persen setiap tahunnya. Karenanya, emas cocok dijadikan investasi jangka panjang karena tergolong jenis investasi berisiko rendah.

Terutama bagi investor awam yang ingin mulai berinvestasi tetapi menghindari risiko, emas bisa menjadi pilihan terbaik untuk mencoba. Keuntungan menabung emas, bagaimanapun, akan diperoleh jangka panjang.

Apalagi, seiring dengan perkembangan teknologi, investasi emas kian populer lewat berbagai fintech yang bermunculan. Kemudahan ini ditawarkan lewat aplikasi Pluang.

Yuk, menabung emas di Pluang!

keuntungan menabung emas
Pluang – Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Indonesia

Investasi emas di Pluang memungkinkanmu untuk membeli emas secara digital dan menyimpannya lewat platform online; aplikasi Pluang.

Di Pluang, kamu dapat cara nabung emas Antam yang kamu idam-idamkan; sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Nabung emasnya bisa mulai dari 0.01 gram sampai jadi kepingan yang bisa ditarik fisik mulai dari 1 gram hingga 500 gram.

Cek 7 Alasan Nabung Emas di Pluang Paling Aman supaya makin percaya untuk berinvestasi di logam mulia satu ini.

Baca juga: Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?

Pergerakan harga emas dalam 20 tahun terakhir

harga emas 10 tahun terakhir

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, per tahun 2000 harga emas mencapai Rp71.875 per gram, naik menjadi Rp206.667 per gram pada 2007, dan pada 2010 menjadi Rp360.000 per gram.

Pada 2014, berbarengan dengan tahun politik di Indonesia, harga emas mencapai Rp487.402 per gram. Hari ini? Wah, melonjak hingga di atas Rp850.000.

Dengan laju kenaikan harga emas yang terus meningkat, keuntungan menabung emas memang tampak jelas di depan mata.

Faktor yang mendasarinya di antaranya ketidakpastian kondisi global, baik dari segi ekonomi, keamanan, politik, maupun kesehatan.

Tidak mengherankan apabila banyak investor merasakan keuntungan menabung emas dan meraup cuan saat kondisi global sedang tidak stabil. Termasuk saat ini, ketika pandemi Covid-19 mengintai negara di seluruh belahan dunia.

Bursa saham seluruh dunia memerah lantaran wabah Covid-19 ini. Karena itu, dibandingkan dengan imbal hasil bursa saham yang berisiko tinggi, investasi emas cocok menjadi pilihanmu untuk mengamankan penghasilan, ibarat kata menyediakan safety net.

Dengan berbagai pertimbangan keuntungan menabung emas yang akan kamu peroleh, sudahkah kamu menabung emas hari ini?

Sumber: Lifepal, Aneka Logam

Simak juga:

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Perusahaan Incaranmu Melantai di Bursa Saham? Ini Tips dan Trik Membeli Saham IPO

Selain Saham Apple, Ini 10 Saham Terbesar Milik Warren Buffett!

Recent Articles

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya