Currently set to Index
Currently set to Follow

Biar Kamu Mau Nabung, Yuk Simak Kisah Sukses Orang-Orang Menabung Ini

Kita sering menemukan kenyataan pahit saat kita punya keinginan kuat untuk menabung, tapi ternyata duitnya malah tidak ada untuk ditabung. Namun, jangan sedih. Pada dasarnya, banyak orang mengalami hal serupa. Mereka gagal menciptakan kisah sukses menabung untuk diri mereka sendiri.

Namun, hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, lho. Penelitian terbaru oleh CreditDonkey menemukan bahwa 41% orang Amerika Serikat hanya memiliki tabungan kurang dari US$500. Sebanyak 76% diantaranya bahkan hanya hidup bergantung dari gaji ke gaji.

Akan tetapi, sebagian diantaranya masih membukukan kisah sukses dalam menabung. Bahkan, nampaknya ini bisa menjadi motivasi bagimu untuk terus rajin menabung. Seperti apa kisah sukses menabung tersebut?

Baca juga: Inspirasi Sukses! Ini 7 Kisah Mereka yang Memulai Bisnisnya dari Nol

Biar Kamu Mau Nabung, Yuk Simak Kisah Sukses Orang-Orang Menabung Ini, Pluang

1. Kisah Sukses Menabung Dena Botbyl, 29 tahun

Berhasil menabung US$10.000 (Rp144.300.000)

Bagaimana ia melakukannya? Botbyl mengaku ia menetapkan beberapa tujuan yang sangat spesifik di awal menabung. Di antaranya, keluar dari jeratan utang. Kisah sukses menabungnya diawali dengan gaji yang hanya US$50.000 setahun dan tumpukan utang kartu kredit juga pinjaman mahasiswa yang belum diluasinya.

Untuk mengatasi utang-utang itu, ia memvisualisasikan dirinya terlepas dari jerat utang dan berhasil menabung sedikit demi sedikit dari penghasilannya yang tidak seberapa itu. Kunci dari visualisasinya ada pada detail.

Bukan hanya mematok angka yang hendak ditabung. Ia juga membuat tujuan spesifik: apa tepatnya yang akan ia lakukan dengan dana itu? Seperti apa gaya hidup yang akan ia jalankan saat ia berhasil mencapai tujuan itu? Apakah dia bakal tetap punya waktu luang dan bagaimana ia mengalokasikan waktu luangnya itu?

Setelah ia membuat detail visualisasi itu, ia lantas mulai bekerja dengan menyimpan sekitar US$1.000 dari gajinya ke dalam tabungannya setiap dua minggu dengan fitur penyetoran otomatis (dan terkadang, itu sebanyak setengah dari gajinya). Ia juga tidak makan berlebihan, tidak membeli barang-barang mewah, atau belanja aksesoris yang tidak berguna baginya. Enam bulan kemudian, dia sudah memiliki US$10.000 dalam tabungan depositonya di bank.

2. Kisah Sukses Menabung Bob Berchtold, 29 tahun

Berhasil menghemat US$800 (Rp11.544.000)

Ia memulai kisah sukses menabung yang menurutnya “bukan apa-apa” ini dengan mulai menulis blog berisi kisah sukses dalam karier dan gaya hidup untuk anak muda. Bob juga memikirkan cara-cara kreatif untuk membantu pembacanya menghemat uang mereka.

Beberapa tantangan untuk memangkas pengeluaran tidak penting pun ia lakukan. Misalnya, ia membuat tantangan “Batalkan Langganan TV Kabel” untuk menantang orang-orang berhemat dari media langganan mereka. Dari tantangan yang hanya satu bulan itu, rupanya ia mampu melanjutkannya sampai satu tahun.

Dengan memangkas pengeluaran itu saja, ia berhasil menabung US$800 yang rencananya akan ia gunakan untuk berbulan madu di Eropa dan mendaki Pegunungan Pyrenees.

3. Diakon Bradley, 32 tahun

Berhasil menghemat US$20.000 (Rp288.600.000)

Diakon dan pasangannya sama-sama memperoleh gaji bulanan. Penghasilannya US$65,000 dan istrinya US$50.000, dan dengan total penghasilan itu, saat mereka memulai kisah sukses menabung mereka, mereka berupaya untuk melunasi semua utangnya.

Tentunya itu bukan hal yang sepenuhnya mudah, karena mereka mesti mengatur anggaran dengan ketat dan menunda liburan dan kegiatan hiburan lainnya karena mereka sepenuhnya fokus menabung.

Tujuan mereka menabung adalah untuk membeli rumah pertama, dan mereka bertekad untuk membeli rumah dengan hipotek tetap 15 tahun dan tidak membayar asuransi hipotek.

Baca juga: Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

4. Katy Halter, 27 tahun

Berhasil menabung US$6.000 (Rp 86.580.000)

Pada 2010, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Katy mulai membuat sweater Natal dari barang bekas di toko barang bekas yang dihiasi dengan dekorasi Natal vintage. Ia kemudian menjualnya di Etsy.

Semula, ia berencana memakai penghasilan tambahannya itu untuk membeli hadiah liburan dan penerbangan pulang untuk mengunjungi keluarga di Texas selama Natal. Namun, tahun lalu ia memutuskan untuk fokus menciptakan sebanyak mungkin untuk melihat berapa banyak uang yang dapat ia hasilkan. Sejauh ini, ia telah menjual 180 sweater dengan total US$6.000.

5. Andy Madeley, 35 tahun

Berhasil menabung US$8.000 (Rp115.440.000)

Ia pindah dari rumahnya yang luas dengan tiga kamar tidur, yang menghabiskan biaya sekitar US$1.200 per bulan. Andy juga menyewa kamar tidur kecil di sebuah rumah dengan biaya sewa hanya US$400 dengan empat orang lainnya selama setahun.

Andy juga berhenti makan di luar, hanya membeli produk dari supermarket, dan bahkan menggunakan tisu toilet dari kantornya supaya ia dapat menghemat uang. Untuk melengkapi kisah sukses menabung versinya, ia mengaku juga mengendarai sepeda atau hanya berjalan kaki ke mana-mana (bahkan saat musim dingin ataupun hujan lebat) demi memangkas biaya transportasi yang mahal di London.

6. Roi Shlomo, 34 tahun

Berhasil menabung US$300.000 (Rp4.329.000.000)

Saat ia pindah ke Amerika Serikat dari Israel pada 2000, Roi hanya memiliki US$80. Namun, ia mengaku bermimpi memiliki waralaba yogurt beku, dan ia tahu ia harus membangun modal untuk mewujudkan impiannya itu.

Jadi, ia memulai perusahaan pembersih karpet karena biaya operasional yang rendah. Ia juga tinggal di apartemen kecil dengan teman sekamar untuk menghemat setiap sen dari keuntungannya. Karena itu masih belum cukup, ia berinvestasi di beberapa kios kosmetik di mal. Roi bahkan menjadi penata rias dan fotografer amatir untuk menambah penghasilannya lebih banyak lagi.

Pada 2009, ia menuai kisah sukses menabung dengan mewujudkan impiannya membuka toko yogurt beku pertamanya, Yogli Mogli, di Atlanta. Kini, bisnis ini sukses secara nasional, dan baru-baru ini ia memulai usaha bisnis baru memproduksi jus dan smoothie organik.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Business Insider

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img