Legenda NBA, Kobe Bryant, Wafat dengan Net Worth Rp8,17 T

Kobe Bryant dan putrinya, Gianna Bryant, dinyatakan tewas setelah helikopter yang mereka tumpangi jatuh di Calabasas, California pada Minggu (26/1) waktu Amerika Serikat.

Kobe dan putrinya sedang dalam perjalanan ke Mamba Sport Academy di Thousand Oaks untuk turnamen bagi para pemain muda. Gianna Bryant, yang berusia 13 tahun, dijadwalkan bermain di turnamen dan Bryant akan menjadi pelatih mereka.

Dalam insiden ini, seorang pilot dan tujuh penumpang selain Kobe dan Gianna juga tewas di lokasi. Seorang saksi, Kathy Sonnad, mengaku kejadian berlangsung dengan sangat cepat.

Menurut Kathy, cuaca sedang tidak kondusif lantaran kabut sangat tebal. Jarak pandang wilayah Calabasas hanya 60 kaki atau 18 meter.

Ia menyebutkan bahwa warga setempat terbiasa melihat helikopter melintas di atas permukiman.

kobe bryant

Namun, suara helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant dan Gianna Bryant terdengar tidak wajar. Suaranya sangat keras seperti helikopter melintas tepat di atap rumah. 

Tiba-tiba, terlihat gumpalan asap, dalam sepuluh detik setelahnya, terdengar suara ledakan yang sangat keras. Helikopter lantas telah berserakan jadi banyak puing dan terbakar.

Baca juga: Ciputra Wafat, Tinggalkan Raksasa Bisnis Properti Pada 4 Anaknya

Siapa Kobe Bryant?

Dalam dunia bola basket Amerika Serikat, Kobe Bryant tak pelak adalah seorang legenda. Barack Obama eyebutnya, “legenda lapangan”. Kobe bermain selama 20 tahun untuk Los Angeles Lakers dan pensiun pada April 2016.

kobe bryant

Selama kariernya, ia telah menghasilkan USD 323 juta dari gajinya di NBA saja. Ia juga memperoleh USD 350 juta lewat berbagai endorsement. Pada tahun debutnya 1996, gajinya USD 1.105 juta.

Pencapaiannya meliputi penghargaan terbaik (MVP) NBA pada 2008 dan dua kali didapuk sebagai pemain terbaik pada putaran final NBA dan pencetak skor terbanyak NBA serta meraih medali emas Olimpiade.

Ia mendulang 81 angka saat melawan Toronto Raptors, rekor kedua tertinggi sepanjang sejarah NBA dalam satu pertandingan.

Ketika pensiun dari NBA di tahun 2016, ia memutuskan beralih fokus.

Di luar lapangan basket, ia meraih Piala Oscar pada 2018 untuk Dear Basketball, film animasi singkat berdasarkan surat cintanya akan olah raga basket yang ia tulis pada 2015.

gianna bryant

Bryant dan istrinya, Vanessa, memiliki empat putri, Gianna, Natalia, Bianca, dan Capri. Gianna Bryant mengaku bermimpi mengikuti jejak ayahnya untuk menjadi pemain basket profesional.

Baca juga: Hormati karyawan, Thai Lee Tolak Masuk Daftar Orang Terkaya di Asia Tenggara

Penghasilan Kobe Bryant dari Kobe Inc

Ketika wafat, net worth Kobe Bryant menyentuh USD 600 juta (setara Rp 8,17 T).

Pada akhir kariernya, ia telah menghasilkan gaji lebih dari USD 25 juta per tahun dengan penghasilan tertinggi diraihnya pada 2013-2014 sebesar USD 30.453.805.

Penghasilan karier Kobe senilai USD 323 juta adalah penghasilan terbanyak kedua yang pernah diperoleh siapa pun yang bertanding di NBA. Peringkat pertama ditempati Kevin Garnett dengan slot teratas penghasilan sebesar USD 334 juta.

Kobe Bryant dan Gianna Bryant

Namun angka ini bukan hanya berasal dari gaji ataupun endorsement Kobe.

Pada Maret 2014, ia meluncurkan Kobe Inc yang berfungsi sebagai “kendaraan” investasi pribadinya. Pada waktu yang sama, Kobe mengumumkan bahwa ia telah membeli 10% saham ekuitas produk minuman olahraga BodyArmor seharga USD 6 juta.

Agustus 2017, Coca Cola membeli saham BodyArmor dengan valuasi perusahaan sebesar USD 2 M. Artinya, investasi Kobe sebesar USD 6 juta telah berbuah hasil USD 200 juta di atas kertas sebelum dikenai pajak.

Pada Agustus 2016, Kobe dan mitra bisnisnya Jeff Stibel meluncurkan perusahaan modal ventura Bryant-Stibel dengan dana USD 100 juta. Dana ini diluncurkan untuk investasi di perusahaan teknologi, media, dan data.

Jeff dan Kobe berinvestasi pada lusinan perusahaan, termasuk situs media olahraga The Players Tribune, LegalZoom, Juicero, dan desainer videogame Scopely.

Sumber: Kompas, BBC, The Guardian, Celebrity Net Worth

Simak juga:

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img