Currently set to Index
Currently set to Follow

Jadi Kaya Makin Susah! Simak 10 Daftar Kota Termahal Dunia 2021 Ini!

Kendati kamu tajir melintir, Asia Pasifik rupanya bakal terhitung sebagai tempat termahal bagi kantong sebagian besar orang di dunia ini. Masih di satu region alias wilayah yang sama, Shanghai bahkan menyalip Hong Kong sebagai kota termahal di dunia.

Temuan utama dari laporan Julius Baer Group Ltd. menyatakan bahwa salah satu alasan diincarnya wilayah Asia Pasifik sebagai tempat tinggal karena tingkat pemulihannya yang cepat dari pandemi. Sebaliknya, Amerika Serikat adalah wilayah yang paling terjangkau karena merosotnya dolar AS dan Kanada, disusul devaluasi tajam dari mata uang Amerika Latin.

Kota-kota di Asia lebih mahal karena “COVID-19 tidak menjadi epidemi (di wilayah ini) sebagaimana yang terjadi di kota-kota lain dalam indeks,” jelas kepala pasar dan solusi pengelolaan kekayaan Julius Baer Asia Pasifik, Rajesh Manwani. “Jadi, wilayah ini bisa berfungsi lebih normal dari wilayah lain.”

Krisis COVID-19 yang melanda dunia menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran. Dan di waktu yang sama, krisis yang sama justru memperkaya orang kaya.

Maka, bayangkan sajalah: orang-orang kaya ini masih punya waktu dan energi yang sama untuk mengeksplorasi berbagai sudut dunia, dan mengunjungi berbagai kota, dan dengan gaya hidup jetset mereka, melambungkan nilai dan harga-harga. Bahkan, menjadikan suatu kota menjadi kota termahal di dunia karena dihuni oleh mereka.

Baca juga: Mau Hedon ala Miliarder? Ini Lho 5 Jenis Pengeluaran Foya-Foya Mereka!

Menjadi Kota Termahal Dunia, Karena Tawarkan Gaya Hidup yang Relatif Terjangkau bagi Kaum Jetset

Mereka yang mengelola industri teknologi menambah pundi-pundi kekayaannya dengan sangat cepat di tengah pandemi ini. Pergeseran dan peralihan ke medium daring melingkupi segala hal. Mulai dari belajar online hingga berbelanja dan bersosialisasi pun diperantarai medium daring.

Sebanyak 500 orang terkaya di dunia ini menambahkan kekayaan gabungan sebanyak US$1,8 triliun ke kekayaan mereka tahun lalu. Elon Musk dari Tesla Inc. dan Jeff Bezos dari Amazon.com Inc. memperoleh imbal hasil paling banyak menurut Bloomberg Billionaires Index.

Sementara itu, jatuhnya sektor pariwisata menyebabkan penurunan dalam keseluruhan pengelolaan bisnis ini. Penurunan 9,3% dalam biaya hotel suite, tiket pesawat kelas bisnis yang menjadi 11% lebih mahal, dan merosotnya harga sepatu mewah perempuan hingga 12%.

Sementara itu, di Asia, harga barang dan jasa bagi kalangan jetset justru semakin rendah dibandingkan indeks harga konsumen di kawasan itu sejak 2013.

Shanghai menjadi kota termahal di dunia, dengan harga-harga yang meningkat hingga 6% sepanjang tahun kemarin. Sementara, harga-harga bertahan seperti sebelumnya di Hong Kong, menurut Mark Matthews, kepala penelitian untuk Asia Pasifik di Julius Baer. Di Shanghai, anomali terjadi: penerbangan kelas bisnis naik 82% dan harga hotel-suite naik 15%.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

10 Kota Termahal menurut Julius Baer

Secara keseluruhan, di seluruh dunia, peningkatan harga-harga yang mahal hanya naik sebesar 1% saja sepanjang 2020. Orang-orang kaya tampaknya semakin beralih ke pilihan pembelian yang akan lebih adil bagi produsen.

Laporan Kekayaan dan Gaya Hidup yang dirilis oleh Julius Baer menganalisis terjadinya inflasi harga 20 barang mewah yang menunjukkan gaya hidup orang-orang kaya di 25 kota di seluruh dunia.

Selama empat tahun berturut-turut, Singapura juga bertahan menjadi kota paling mahal di dunia berdasarkan Worldwide Cost of Living Survey. Untuk menentukan peringkat ini, penghitungan didasarkan pada harga 400 produk dan layanan yang tersedia di tiap kota.

Jadi, apa saja kota yang masuk ke dalam daftar kota termahal di dunia? Berikut ini daftarnya:

1. Shanghai

Shanghai, China

2. Tokyo

Tokyo, Jepang

3. Hong Kong

Hong Kong

4. Monaco

Monaco

5. Taipei

Taipei, Taiwan

6. Zurich

Zurich, Swiss

7. Paris

Paris, Perancis

8. London

London, Inggris

9. Singapura

Singapura

10. New York

New York, Amerika Serikat

Sumber: Bloomberg, Luxurious Magazine

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img