Currently set to Index
Currently set to Follow

Hai Sobat Cuan, Ini Lho Langkah Mudah Sukses Finansial dan Investasi di 2021!

Setelah melalui tahun 2020 yang berat, rasa-rasanya tak mengherankan jika kamu ingin punya resolusi untuk sukses secara finansial di tahun 2021. Kesuksesan finansial sendiri adalah kunci atas hilangnya rasa khawatirmu dalam hal keuangan, sehingga kamu bisa hidup tenang, nyaman, tanpa harus memikirkan ini-itu.

Namun, mencapai kesuksesan finansial bukanlah hal mudah karena kamu harus konsisten untuk menuju tujuan tersebut. Selain itu, terdapat pula anggapan keliru bahwa sukses secara finansial sama dengan banyaknya jumlah tabungan yang kamu miliki. Memang, peribahasa mengatakan bahwa menabung pangkal kaya, tapi konsepnya gak gitu, Sobat Cuan!

Sukses secara finansial adalah kondisi di mana kamu sudah mulai bisa menimbun kekayaan. Artinya, uang yang kamu simpan harus bisa berkembang dan terus berkembang otomatis seiring berjalannya waktu. Sementara itu, menabung hanyalah kegiatan menyimpan uang, di mana nilainya tidak akan berkembang secara otomatis. Sebab, ketika menambah tabungan, artinya kamu juga harus sengaja menyisihkan penghasilanmu.

Nah, satu-satunya cara agar kamu sukses secara finansial adalah dengan berinvestasi. Menggunakan uang yang kamu miliki untuk menghasilkan uang lebih besar lagi adalah kunci dari menimbun kekayaan. Lho, kok bisa gitu?

Di dalam berinvestasi pasar modal seperti saham dan reksadana, kamu pasti akan familiar dengan bunga majemuk atau compound interest. Dengan konsep ini, kamu tidak hanya akan menerima imbal hasil atas investasi yang kamu simpan tahun ini, namun juga atas investasi lain yang kamu lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Nah, inilah yang sering orang-orang sebut sebagai pendapatan pasif.

Hasil dari compound interest ini tentu lebih besar dibandingkan menabung. Sebagai contoh, kamu menabung sebesar Rp50.000 per bulan selama 30 tahun, maka nantinya kamu bisa memiliki Rp18 juta. Tapi kalau kamu memperoleh bunga compound interest setiap tahun sebesar 5%, kamu bakal dapat Rp40 juta, lho! Nah selisih antara Rp40 juta dan Rp18 juta tersebut, atau Rp22 juta, merupakan kekayaan yang sudah kamu timbun selama rentang waktu tersebut.

Lantas, bagaimana caranya kamu bisa memulai kesuksesan finansial seperti demikian?

Baca juga: Bosan Kerja Melulu? Ini 3 Langkah Strategis untuk Mandiri Secara Finansial!

Hai Sobat Cuan, Ini Lho Langkah Mudah Sukses Finansial dan Investasi di 2021!, Pluang

Kunci Sukses Secara Finansial dengan Investasi

Berinvestasi adalah ilmu yang sebagian besar dipelajari dari pengalaman dan latar belakang, bukan dari pendidikan formal. Sebab faktanya, ada beberapa orang yang sukses berinvestasi karena keluarganya juga investor. Sementara di sisi lain, ada pula keluarga dengan kondisi ekonomi pas-pasan dan hanya fokus hidup di hari ini, sehingga mereka tidak pernah mengajarkan generasi berikutnya ihwal pentingnya investasi.

Namun, terlepas dari latar belakang dan pengalaman, semua orang sah-sah saja memiliki resolusi sukses secara finansial di 2021 dengan berinvestasi dan memilih strategi yang tepat bagi mereka. Untuk itu, simak cara memulai investasi dan menimbun kekayaan dengan tiga cara mudah di bawah ini!

#1 Kunci Sukses Investasi: Tetapkan Target

Kamu harus punya tujuan yang jelas sebelum kamu fokus ingin menambah kekayaan. Sebagai gambaran, kamu bisa pilih satu atau beberapa contoh tujuan kesuksesan finansial kamu di bawah ini:

  • Mandiri secara finansial
  • Memiliki dana pensiun yang besar
  • Ingin pensiun dini
  • Ingin memupuk modal untuk memulai usaha baru
  • Ingin mendapatkan tambahan uang setiap bulan
  • Ingin memiliki jaring pengaman keuangan

Nah, setelah kamu mengetahui tujuanmu di masa depan, maka kamu sudah bisa menerka hal-hal di bawah ini, Sobat Cuan!

  • Berapa lama kamu bisa mencapai tujuan tersebut
  • Berapa jumlah uang yang perlu kamu simpan dan investasikan
  • Berapa besar risiko investasimu
  • Tipe investasi apa yang cocok buatmu
  • Berapa dana yang bersedia kamu investasikan setiap bulannya

      #2 Kunci Sukses Investasi: Mencari Ilmu Investasi

      Baik, kamu memang berniat investasi. Tapi, mungkin kamu akan bingung dalam memilih jenis investasi apa yang perlu dipilih. Apalagi, banyak jenis instrumen investasi di luar sana. Hal-hal tersebut bisa bikin kamu kewalahan dan ujung-ujungnya tak jadi investasi!

      Nah, di sini, kamu perlu menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Baca berbagai referensi dan mintalah pendapat ke teman atau orang lain yang sudah berinvestasi. Dan yang terpenting, jangan pernah terintimidasi dengan istilah-istilah investasi yang njelimet. Toh, seiring bertambahnya pengalaman investasi kamu, nantinya kamu juga akan mengerti apa makna istilah-istilah yang dimaksud.

      Setelah menyerap ilmu tersebut, kamu nantinya bisa mengukur profil risiko investasi kamu. Apakah kamu investor yang agresif? Atau sebaliknya?

      Jika kamu sangat terbuka dengan tantangan, misalnya, kamu bisa langsung memulainya dengan transaksi saham. Tapi, kalau kamu benar-benar masih anak bawang di investasi, menempatkan dana di reksadana adalah pilihan yang paling tepat.

      Dalam berinvestasi, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan aspek lain seperti kemudahan diversifikasi, beban-beban pajaknya, dan juga akses mendapatkannya.

      #3 Kunci Sukses Investasi: Bersikap Konsisten

      Nah, ini adalah hal yang paling penting: konsistensi. Jika kamu berinvestasi senilai X rupiah per bulan, maka kamu juga perlu melakukan hal yang sama di bulan depan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan nilai investasi kamu dengan kenaikan penghasilan agar cuannya juga maksimal!

      Sebagai contoh, kamu menerima gaji Rp10 juta per bulan dan selalu mengalokasikan 20%, atau Rp2 juta, untuk berinvestasi. Pada bulan depan, ternyata kamu naik gaji menjadi Rp12 juta. Pada titik ini, sebisa mungkin kamu jangan berinvestasi Rp2 juta lagi, tapi naik 20% menjadi Rp2,4 juta.

      Baca juga: Melihat Kesempatan di Masa Krisis, Pelajari 5 Kunci Sukses Investor Kawakan Ini

      Resolusi 2021 untuk Sukses Finansial Hanya Cukup dengan Investasi?

      Investasi memang membantu, tapi itu belum cukup agar kamu bisa hepi secara finansial. Sebab, apa gunannya menimbun kekayaan tapi kalau kamu juga tidak bisa mengontrol arus keluar masuk keuangan kamu?

      Makanya, selain berinvestasi, kamu juga perlu memasukkan berhemat dan menahan diri untuk tidak menghamburkan uang sebagai resolusi keuangan kamu di 2021.

      Mengontrol keuangan demi mencapai kesuksesan finansial harus dimulai dari diri sendiri. Misalnya, jika kamu biasa menghamburkan uang untuk kongkow atau membeli barang yang tidak penting. Maka, dalam hal ini kamu harus bisa menahan nafsu dan membuat penganggaran.

      Hanya saja, bagi banyak orang, kata “anggaran” memiliki konotasi negatif. Alih-alih memikirkan anggaran sebagai borgol finansial kiasan, pikirkanlah anggaran sebagai alatmu untuk mencapai kesuksesan finansial!

      Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Jaga Kesehatan Finansial

      Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

      Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

      Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

      Sumber: thebalance.com

      Artikel Terbaru