Dari ABBA Hingga Rihana, Ini 13 Lagu Barat Terbaik Soal Duit

Jika kamu mencari daftar lagu terbaik tentang uang, kamu datang ke tempat yang tepat. Lagu barat terbaik sepanjang masa seputar duit dan cuan ada di dalam artikel ini.

Apa pun perasaanmu, baik lagi bokek atau lagi banyak duit, tidak ada salahnya memutarkan lagu yang melantunkan soal duit, kan? Siapa tahu bisa memberimu inspirasi dan menyemangati bekerja.

daftar lagu terbaik

Berikut ini 13 lagu barat terbaik sepanjang masa soal duit. Lagu-lagu yang masuk dalam daftar terbaik ini memang membuktikan diri sebagai lagu-lagu yang siap legendaris sedari berdasawarsa lalu. Alias, melibas zaman dan bertahan jadi “klasik”!

Meski uang tidak mendefinisikan segala hal yang ada di dunia, uang membuat dunia berputar. Dari lahir sampai mati, semua urusan manusia berkait dengan alat tukar ini.

Baca juga: Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Yuk, kita simak satu-satu lagu-lagu ini di Spotify?

#13 Money Changes Everything – Cyndi Lauper

Rekaman oleh band new wave yang dikultuskan, The Brains, lagu ini menjadi hit pada 1984 ketika Cyndi Lauper menyanyikannya kembali untuk album perdananya yang sukses besar “She’s So Unusual”.

Versinya dimulai dengan riff harmonika yang terdengar semilir, tetapi liriknya masih menyengat ketika Lauper bercerita tentang seorang perempuan yang bersumpah untuk memberikan ‘cinta abadi’ bagi pasangannya, tetapi justru memutuskan meninggalkan si kekasih demi pria lain yang lebih kaya.

#12 Money (That’s What I Want) – The Flying Lizards

Lagu klasik dari label rekaman Motown yang terkenal sangar ini pernah dinyanyikan kembali hampir oleh semua musisi terkenal, dari band The Beatles sampai Jerry Lee Lewis.

Namun, kehadirannya kembali pada 1979 dibawakan oleh band new wave The Flying Lizards yang terdengar aneh sekaligus indah membuktikan bahwa lagu satu ini bisa bertengger lama di blantika musik. Dari perkusinya rat-a-tat-tat yang terdengar cocok dengan vokal serak-serak basah dari Deborah Evans-Stickland, anehnya mampu memberi efek hipnosis bagi pendengarnya.

#11 lagu barat terbaik sepanjang masa, A Milli – Lil’ Wayne

Tidak jelas apakah pembuka lagu yang mencapai milestone pada 2008 ini merujuk pada kutipan seorang senator Republikan Everett Dirksen: “A billion here, a billion there, and pretty soon you’re talking real money!

Terlepas dari asalnya, line lagu barat terbaik sepanjang masa satu ini menunjukkan sihir liris dari musik Wayne yang membakar semangat pendengarnya. Bahkan, lagu ini akhirnya menjadi “anthem” bagi penggemar posh rap.

#10 Opportunities (Let’s Make Lots of Money) – Pet Shop Boys

Pada pertengahan 1980-an, musik synth-banger satu ini berusaha menyindir kapitalisme era Thatcher. “I’ve got the brains, you’ve got the looks, let’s make lots of money.

Neil Tennant menyanyikan refrein, mengadopsi peran seorang penipu yang berpikir dia telah menemukan pasangan sempurna dalam kejahatan. Namun, yang menarik, justru tidak satu pun dari dua orang cerdik ini bisa jadi kaya pada akhirnya.

#9 Ain’t Nothin’ Goin’ On but the Rent – Gwen Guthrie

Musik yang cocok dipakai melantai ini hanya bisa ditulis pada zamannya orang terobsesi mengambil kredit, alias pada era yuppie. Setahun setelah Madonna melantunkan ‘the boy with the cold hard cash is always Mister Right’, penyanyi genre soul Guthrie mengungkapkannya dengan lebih jelas, “A fly girl like me needs security… you got to have a J-O-B if you wanna be with me.”

Lirik dalam daftar lagu terbaik ini menendang dan tetap relatable hingga saat ini, terlepas dari harga pasar properti London yang mempengaruhi terciptanya lagu ini.

#8 C.R.E.A.M. – Wu-Tang Clan

CREAM: Cash. Rules. Everything. Around. Me. Lima kata yang jadi highlight lagu di album Clan “Enter the Wu-Tang (36 Chambers)” pada 1993 ini. Lagu ini bukan hanya rap klasik sepanjang masa, tapi juga berkat lagu ini, “cream” jadi istilah slang abadi untuk uang. Lagu barat terbaik sepanjang masa ini kemudian diestafetkan pada Iggy Azalea.

#7 lagu barat terbaik sepanjang masa, Money Money Money – Abba

Kelompok musik pop dari Swedia ini telah menyanyikan hampir segala sesuatunya, dari soal ratu dansa sampai sebuah hubungan yang mengenang akhir Perang Napoleon. Namun lewat smash-nya pada 1976 ini, dan jadi salah satu lagu mereka yang paling dikenal, mereka menghadirkan suatu fantasi akan dolar.

All the things I could do if I had a little money,” mereka menyanyikannya dengan lembut di bagian refrain, “It’s a rich man’s world.” Empat dasawarsa kemudian, bukankah hal itu (masih) merupakan kebenaran?

Baca juga: Perkara Saham Hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

#6 Bitch Better Have Money – Rihanna

Kamu pasti tidak bakal mau Rihanna kalau sampai jadi debt collector-mu: dengan nada penuh kemarahan, ia melemparkan tembakan demi tembakan, dengan video yang sama kuatnya: mobil yang dibakar hanyalah permulaan.

Jadi begitulah, salah satu lagu dalam daftar lagu terbaik ini menunjukkan,  jangan sampai kamu membuat marah La Fenty ini untuk urusan duit.

#5 Got Your Money – OI’ Dirty Bastard ft. Kelis

Hip hop klasik ‘90-an ini berkisah tentang mucikari. Lirik ODB yang semakin nyata ketika semakin didengarkan, dilengkapi vokal Kelis yang lucu dan terdengar sedikit sembrono. Banger klasik yang mutlak mengingatkan kita pada uang yang sifatnya bisa sangat merusak.

#4 Bills Bills Bills – Destiny’s Child

Peraih posisi puncak chart musik AS selama beberapa waktu ini bisa jadi hits yang pas nih ketika kamu gajian. Ditulis bersama dengan tim R&B yang sama dengan musik-musik mereka yang lain, ini hits banger yang tepat untuk menonjok dan berkata “screw you” pada orang-orang yang tidak mendukung kariermu.

#3 lagu barat terbaik sepanjang masa, Dirty Cash (Money Talks) – The Adventures of Stevie V

Klub klasik ini melantunkan ode dengan daya pikat duit, “I want to get rich quick, I want success and all that goes with it, and I’m gonna use my sex,” vokalis Melody Washington menyanyikannya dengan blak-blakan.

Liriknya mungkin terdengar sangat tegas, tapi vokal Washington yang penuh jiwa dengan tariannya yang molek memastikan betapa lagu ini punya daya pikat juga seperti halnya duit yang berdaya pikat. Tidak heran ia sampai masuk dalam daftar lagu terbaik, kan?

#2 For the Love of Money – The O’Jays

Money money money money… money!” Lagu klasik funk ini ditulis penulis lagu legendaris Philly dengan Gamble dan Huff menyajikan intro yang ikonik. Namun, lagu tujuh menit ini sering menggambarkan uang dengan gelap. “For the love of money, people will rob their own brother,” O’Jays memperingatkan kita dengan sedih.

#1 lagu barat terbaik sepanjang masa, Brother, Can You Spare a Dime – Bing Crosby

Ditulis sebagai scoring “Americana”, lagu yang sangat mengharukan ini tepat jadi soundtrack-nya periode Great Depression. Lirik dengan kesadaran sosial ini dinyanyikan dari sudut pandang seorang pengemis yang diludahi oleh sistem.

Once I built a railroad, now it’s done,” desahnya. “Brother, can you spare a dime?” versi Bing Crosby ini adalah versi klasik lagu barat terbaik sepanjang masa, dan versi cover dari George Michael pada 1999 juga sama ciamiknya.

Sumber: Timeout

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Demi Bergoyang di Djakarta Warehouse Project, Terapkan 6 Cara Nabung Kilat Ini, Yuk!

9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img