Currently set to Index
Currently set to Follow

Bosan Kerja Melulu? Ini 3 Langkah Strategis untuk Mandiri Secara Finansial!

Kamu tentu ingin menjadi seseorang yang mandiri secara finansial, kan? Ini adalah kondisi di mana kamu menjadi manusia yang merdeka, tidak terikat utang, dan punya banyak simpanan kekayaan.

Sejatinya, sulit mendefinisikan apa itu bebas finansial. Namun, seperti dilansir Investopedia, definisi paling masuk akal dari mandiri secara finansial adalah saat seseorang memiliki cukup kekayaan untuk hidup dengan gaya sesuai apa yang mereka mau tanpa harus capek bekerja.

Lebih lanjut, seseorang dapat disebut mandiri secara finansial apabila ia memiliki kemampuan untuk tidak harus bekerja. Atau, kalau pun harus bekerja, ia dapat memilih jenis pekerjaan yang benar-benar ia suka dan dapat keluar dari lingkungan pekerjaan buruk.

Seseorang yang bebas finansial juga punya pilihan untuk bersekolah kembali, atau mendirikan sebuah usaha baru.

Baca juga: Wajib Dicatat! 4 Langkah Menjaga Kesehatan Finansial Pribadi

Kiat Agar Menjadi Sosok Mandiri Secara Finansial

Mandiri secara finansial tidak serta merta datang hanya karena seseorang menginginkannya. Penting untuk memulai langkah awalmu dan menentukan dengan tegas apa yang kamu mau, mengapa kamu menginginkannya, dan apa yang telah kamu persiapkan untuk mendapatkannya.

Tentukan apa itu bebas finansial menurutmu. Saat keputusan itu telah tiba, segeralah mulai dengan rencana yang jernih dengan menggarisbawahi apa yang kamu butuhkan, kamu inginkan, kamu miliki hari ini, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk maju menuju mandiri secara finansial.

Hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai titik mandiri secara finansial ini di antaranya termasuk penyusunan anggaran, pemotongan pengeluaran, dan membuat perencanaan investasi.

Dan yang tak kalah penting, kamu harus konsisten mematuhi rencana-rencana yang telah kamu buat itu, dan menjaga agar goal atau tujuanmu tetap berada dalam jangkauan matamu.

Dengan mematuhi semua aturan dan rencana yang telah kamu buat, pada suatu waktu kamu akan tiba di titik ketika kamu akhirnya benar-benar mandiri secara finansial. Sehingga kamu tidak perlu berpusing-pusing serta banting tulang memeras tenaga demi memperoleh pemasukan yang sebenarnya tidak seberapa.

Baca juga: Didik Anak Menabung Sejak Dini

Bosan Kerja Melulu? Ini 3 Langkah Strategis untuk Mandiri Secara Finansial!, Pluang

3 Langkah yang Harus Dilakukan Agar Meraih Kebebasan Finansial

#1 Membentuk Sebuah Grup Persahabatan dengan Mereka yang Ingin Mandiri Secara Finansial

Seperti kata peribahasa, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Makanya, mencari sekutu adalah langkah awal pertama yang harus kamu lakukan. Kamu akan sulit untuk memperjuangkan bebas finansial tanpa adanya satu kawan yang satu pemikiran denganmu.

Sekutu yang kamu pilih akan menjadi rekan berbisnismu. Ia haruslah seseorang yang tepercaya, dan tentunya memiliki modal kapital yang setidaknya sama besar dengan yang kamu miliki.

Bersama persekutuanmu itu kamu dapat mencari keuntungan dari berbagai lini. Misalnya dalam bidang properti sewaan, kalian bisa membagi keuntungan bersama-sama. Atau misalnya, kamu dan sekutumu bekerja sebagai penulis, musisi, atau peneliti, maka kalian bisa memperoleh royalti sebagai sumber pendapatan jangka panjang—atau bahkan seumur hidup—yang tentunya membutuhkan sedikit usaha tambahan.

Kamu dan sekutumu juga bisa mandiri secara finansial jika kalian memiliki sebuah usaha yang sukses.

#2 Berjuang untuk Bebas Finansial

Jika kamu masih berusia di antara 20 hingga 30 tahun saat membaca tulisan ini, berbicatra mengenai pengelolaan uang sejumlah Rp1 miliar mungkin terdengar konyol. Namun, jangan pesimistis dulu. Sebab, sesungguhnya itu bisa kamu capai!

Sebagai permulaan, menyusun anggaran yang cermat itu penting. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap rupiah, penting untuk mengetahui ke mana perginya setiap rupiah itu. Ibaratnya, kamu tidak mungkin menambal ban bocor tanpa menemukan titik bocornya terlebih dahulu.

Ada tiga elemen terpenting terkait penganggaran yang cermat: 1) Membangun dana darurat, 2) Memungkinkan beberapa pengeluaran sekunder, dan 3) Mencatat tabungan sebagai pengeluaran integral dengan level prioritas sama pentingnya dengan kebutuhan sehari-hari.

Setelah menetapkan anggaran dengan cermat, memotong biaya dan memaksimalkan penghematan juga harus diutamakan. Kamu harus mengedepankan menabung meski sekecil apapun rupiah yang masuk ke celengan.

#3 Berinvestasi, Belajar, dan Berani Mengambil Risiko.

Mandiri secara finansial itu mustahil tanpa adanya pengambilan sebuah keputusan yang berisiko. Kata kuncinya di sini adalah smart risk, atau pengambilan keputusan beresiko dengan cerdas.

Tapi bukan berarti segala risiko disebut smart risk. Kamu harus dapat membedakan apa itu smart risk dan gambling. Dalam hal ini, kata kunci smart risk adalah BELAJAR!

Perlu diketahui bahwa tidak ada seorang pun yang langsung ahli ihwal pasar modal atau persewaan properti sejak dari lahir. Namun, memahami semuanya bukan hal yang mustahil selama kamu mau belajar. Proses belajar ini akan sangat berguna ketika kamu mengambil risiko investasi ke depan, karena kamu sudah bisa mengukurnya dengan tepat.

Proses belajar ini pun adalah proses tanpa henti. Sebab, kamu akan selalu menemukan hal baru yang kamu pelajari dan peroleh.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img