Currently set to Index
Currently set to Follow

Jarang Diketahui Orang, Buah Naga Menyimpan Rahasia Manfaat yang Besar! Apa Itu?

Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat Indonesia mulai familiar dengan buah naga. Dengan berbagai kandungan penting, manfaat buah naga dipercaya mumpuni untuk menjaga kesehatan.

Buah naga berasal dari tanaman kaktus yang menghasilkan buah tropis. Tanaman eksotis ini dapat hidup di sepanjang batu dan pohon di dekatnya. Nama latinnya Hyllocereus cactus, dikenal pula dengan nama Ratu Honolulu.

Tanaman kaktus ini membuka bunga-bunga putihnya yang besar pada malam hari, sehingga ia dijuluki “lady of the night” atau “moonflowers”. Buah-buahan merah kelak akan tumbuh pada kaktus ini setelah berbunga.

Buah naga memiliki warna kulit cerah, dengan bentuk seakan-akan seperti sisik naga. Tekstur buahnya lembut dengan daging buah berwarna merah atau putih yang diliputi bintik-bintik biji di seluruh permukaan.

Namun, jangan tertipu dengan tampilannya yang menggelikan. Sebab, kandungan nutrisi buah naga cukup tinggi, kaya vitamin dan mineral penting, serta mengandung sejumlah besar serat makanan yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, kalori buah naga termasuk rendah, menjadikannya santapan yang pas bagi yang menjalankan program diet rendah kalori. Hanya ada sekitar 60 kalori dalam satu buah naga. Ini menjadikan tubuh cenderung mudah mencerna buah naga sehingga nutrisinya dapat terserap maksimal.

Apa saja kandungan dan manfaat buah naga yang penting bagi tubuh?

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Daun Kelor! Ini Lho, Manfaat Luar Biasanya bagi Kesehatan!

Jarang Diketahui Orang, Buah Naga Menyimpan Rahasia Manfaat yang Besar! Apa Itu?, Pluang

Kandungan Nutrisi Buah Naga yang Kaya Manfaat

Berikut adalah ringkasan nutrisi utama dalam satu porsi sajian buah naga (227 gram) menurut USDA Food Composition Databases:

  • Kalori: 136
  • Protein: 3  gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% dari RDI
  • Magnesium: 18% dari RDI
  • Vitamin C: 9% dari RDI
  • Vitamin E: 4% dari RDI

Kandungan Vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain Vitamin C, buah naga juga mengandung Vitamin B2 dan Vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting untuk menurunkan risiko beberapa penyakit dan menjaga kesehatan saraf tubuh.

Begitu pula kandungan magnesium pada buah naga dapat mencegah dan meringankan kram otot, serta meningkatkan stamina dan performa saat berolahraga. Manfaat buah naga dengan kandungan zat besi juga sangat penting bagi tubuh sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah.

Sementara, kandungan kalsium dalam buah naga diperlukan tubuh untuk memelihara kekuatan tulang. Selain itu, kandungan kalsiumnya juga penting untuk organ jantung, otot, dan saraf agar dapat berfungsi baik.

Sementara, zat yang memberikan warna merah terang pada buah naga adalah kandungan zat antioksidan. Zat pewarna alami yang dikenal sebagai antosianin ini diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan zat ini dalam buah naga juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker.

Selain itu, buah naga juga mengandung banyak serat sehingga bisa melancarkan pencernaan. Konsumsi buah naga secara rutin dapat membantu mencegah sembelit.

Baca juga: Ramadan Kala COVID-19, Popularitas Tren Belanja Online Dongkrak Omzet 6 Platform Ini

Berbagai Manfaat Buah Naga yang Penting untuk Tubuh

Setelah menelusuri berbagai kandungan nutrisi dalam buah naga, berikut ini penjelasan kaitan antara tiap kandungan nutrisi tersebut dengan manfaat buah naga bagi tubuh:

1. Mencegah Kolesterol

Kandungan serat yang sangat baik, sekitar 0,7-0,9 gram per 100 gram, dalam buah naga adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Serat atau fiber ini akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan dikeluarkan bersama tinja. Dengan begitu, semakin tinggi konsumsi serat dalam buah naga, semakin banyak pula asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat atau fiber dalam buah naga menerangkan manfaat buah naga yang penting untuk metabolisme. Serat makanan adalah karbohidrat non-digestible dan tergolong dibutuhkan saluran pencernaan manusia secara rutin. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk perempuan dan 38 gram untuk laki-laki.

Dengan 7 gram per porsi atau cangkir, buah naga adalah sumber makanan lengkap yang sempurna. Selain untuk pencernaan, kandungan serat atau fiber ini berperan dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Serat juga dapat mengelola diabetes tipe 2 dan mempertahankan berat badan yang proporsional.

3. Meredakan Nyeri

Manfaat buah naga untuk meredakan nyeri diperoleh dari kandungan buahnya yang memiliki sifat anti-inflamasi. Konsumsi buah naga meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mengurangi rasa sakit atau bengkak pada persendian. Karena itu, buah satu ini juga dipercaya dapat mengobati radang sendi.

4. Melawan Radikal Bebas, Bantu Cegah Penyakit Kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel. Implikasinya adalah terjadi peradangan atau penyakit pada tubuh. Radikal bebas yang menumpuk pada tubuh dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Salah satu cara memeranginya adalah dengan konsumsi makanan kaya antioksidan. Buah naga bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan ini.

Atasi Diabetes dan Jaga Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam buah naga menetralkan radikal bebas, yang mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi gabungan oleh beberapa universitas di Eropa menunjukkan manfaat buah naga yang kaya antioksidan dalam membantu cegah penyakit kronis. Di antaranya, buah naga dapat bantu mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

Kandungan antioksidan dalam buah naga terdiri dari Vitamin C, Betalains, dan Karotenoid. Konsumsi berbagai kandungan antioksidan ini disarankan paling baik dilakukan dengan konsumsi secara alami lewat makanan, bukan dalam bentuk pil atau sebagai suplemen. Manfaat buah naga terbilang optimal dalam menjalankan peran alamiah ini.

5. Manfaat Buah Naga Juga Bisa untuk Obat Jerawat

Khasiat yang tidak boleh dilewatkan dari buah ini adalah jenisnya yang cocok untuk menjadi obat jerawat. Kamu hanya perlu mengolah buah naga menjadi pasta, lalu aplikasikan pasta tersebut pada area kulit yang berjerawat. Selanjutnya, tinggal bilas pasta dengan air hangat. Lakukan langkah ini dua kali sehari agar jerawat bisa lekas mereda.

Apa Efek Samping Konsumsi Buah Naga?

Meski mengandung banyak manfaat, buah naga juga memiliki efek samping tersendiri kalau dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja efek samping tersebut?

  1. Menyebabkan diare jika dimakan saat perut kosong: Perlu diingat bahwa buah naga juga mengandung asam, sehingga akan menyebabkan lambung bekerja lebih keras jika dimakan saat perut kosong dan dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, mengonsumsi buah naga sebelum makan juga akan membuat usus bekerja lebih keras lantaran buah naga sangat kaya akan serat.
  2. Membuat perut kembung: Buah naga memiliki manfaat yang tajir akan nutrisi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan membuat perut kembung. Maka dari itu, sebaiknya kita jangan mengonsumsi buah naga berbarengan dengan buah lain yang sama-sama kaya nutrisi.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Alodokter, Detik Health, Kontan, Merdeka.com, Padang Kita

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img