Currently set to Index
Currently set to Follow

Jangan Anggap Remeh Daun Kelor! Ini Lho, Manfaat Luar Biasanya bagi Kesehatan!

Sering mendengar pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, tapi tidak pernah menjumpai daun legendaris ini, apalagi tahu tentang manfaat daun kelor? Ya, betul. Meski tidak begitu populer dibandingkan sayur-sayur lainnya, siapa sangka daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa, utamanya bagi kesehatan.

Sebagian besar dari kita mungkin mengenalnya dalam nama latinnya: Moringa oleifera, atau sekadar dengan julukan “Moringa” untuk beberapa produk kecantikan. Untuk urusan dapur, daun ini masih beredar dengan nama lokalnya: daun kelor.

Berukuran kecil, daun ini lezat diolah menjadi beragam masakan, bahkan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun ini pun bahkan dapat julukan “super food” lantaran memiliki kandungan manfaat yang dahsyat. Tak jarang, ia digunakan pula dalam ritual ataupun ramuan tradisional.

Sejak dahulu, masyarakat mengetahui bahwa daun kelor punya manfaat bisa menjaga kadar gula darah serta mengandung antioksidan tinggi. Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan bahkan dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk mengonsumsi daun kelor. Perbandingan gram, daun kelor mengandung: 7 x vitamin C pada jeruk, 4 x kalsium pada susu, 4 x vitamin A pada wortel, 2 x protein pada susu, 3 x potasium pada pisang.

Dengan kandungan zat yang segunung itu, tentu manfaat daun kelor bukan hanya untuk antioksidan, dong. Jadi, apa saja manfaat lain dari daun kelor bagi kesehatan?

Baca juga: Yakin Gak Mau Investasi Reksa Dana? Ini Lho 8 Manfaatnya!

Jangan Anggap Remeh Daun Kelor! Ini Lho, Manfaat Luar Biasanya bagi Kesehatan!, Pluang

1. Manfaat Daun Kelor dalam Menjaga Nutrisi Tubuh

Times of India melansir bahwa nutrisi pada daun kelor melebihi gizi pada wortel, jeruk, hingga susu. Kandungan folat, kalsium, niacin, vitamin B6, dan tiamin menjadikannya tepat sebagai sumber nutrisi tubuh. Karena itu, daun kelor juga disarankan bagi mereka yang mencari alternatif untuk diet.

Persisnya, dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian
  • Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian

2. Kaya akan Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam daun kelor berpotensi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas ini yang umumnya menyebabkan stres oksidatif berkaitan dengan berbagai penyakit kronik seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

Zat antioksidan dalam manfaat daun kelor di antaranya vitamin C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat daun kelor lainnya adalah menjaga kadar gula darah dengan cara menyeimbangkan kadar glukosa dalam tubuh. Manfaat ini sangat diperlukan dan membantu mereka yang menderita diabetes. Konsumsi daun kelor yang teratur juga meningkatkan fungsi hemoglobin dan kandungan protein.

4. Meredakan Peradangan dan Masalah Pencernaan

Peradangan adalah reaksi natural tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, peradangan kronik meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Untuk mencegah inflamasi berlebih, kandungan bawaan daun kelor terbukti mumpuni mengatasinya.

Kandungan isotiosianat dalam daun kelor merupakan zat alami yang membantu meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Meski demikian, penelitian mengenai efek antiinflamasi ini masih terbatas dalam studi pada hewan sehingga dibutuhkan studi lebih lanjut pada manusia untuk membuktikannya.

5. Menurunkan Kolesterol

Sebagian besar konsumen daun kelor adalah mereka yang tahu manfaat daun kelor dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Efek daun kelor dalam menurunkan kolesterol digadang-gadang setara dengan efek almond dan oats.

6. Manfaat Daun Kelor dalam Mengatasi Kanker

Manfaat daun kelor dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker adalah alasan lain orang-orang mengincar daun ini. Daun kelor disebut efektif dalam membantu proses kemoterapi agar dampaknya lebih efektif di kala penyembuhan kanker.

Baca juga: Cemas Terjadi Resesi Akibat Pandemi, Investor Nilai Aset Emas Paling Menjanjikan

7. Berguna Menjaga Daya Ingat

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia dalam daun kelor dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini menjadikan daun kelor baik untuk meningkatkan daya ingat.

8. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Daun kelor mengandung konsentrasi tinggi mineral kuat seperti kalsium, fosfor, dan seng yang menjaga kesehatan tulang dan persendian seiring bertambahnya usia. Beberapa khasiat antiinflamasi pada kelor di antaranya membantu mengobati kondisi seperti radang sendi, merawat tulang ataupun ligamen yang rusak.

9. Manfaat Daun Kelor Mengatasi Infeksi Bakteri

Ekstrak daun kelor dipercaya dapat membantu meredakan infeksi akibat bakteri. Manfaat ini timbul lantaran ia mengandung bahan yang bersifat antimikrobial. Karenanya, daun kelor mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

10. Dipercaya Baik untuk Perempuan Menopause

Pada usia menopause, umumnya para perempuan mengalami penurunan kadar antioksidan. Kandungan daun kelor yang mencakup zat-zat antioksidan berguna dalam menjaga stabilitas tubuh perempuan yang tengah berada di fase tersebut.

Bukan sembarang tanaman, pohon kelor bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan terhadap kondisi panas ekstrem.

Selain daunnya yang bermanfaat, biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil. Penelitian terhadap manfaat tanaman ini, mulai dari manfaat daun kelor, kulit batangnya, buah, hingga bijinya telah dilakukan secara ekstensif sejak 1980-an. Kita tunggu saja, ya, hasil penelitian selanjutnya tentang manfaat dari berbagai bagian pohon kelor ini selain daunnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kontan, Kompas, Klik Dokter

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img