Libur Telah Tiba! Ini 3 Manfaat Habiskan Waktu Berlibur Bersama Keluarga

0
1639
manfaat liburan bersama keluarga

Konon, pengalaman lebih bernilai daripada benda-benda. Karenanya, liburan bersama itu lebih berharga daripada hadiah. Manfaat liburan bersama keluarga pun demikian. Itulah kenapa liburan akhir tahun bersama keluarga setidaknya perlu kamu masukkan dalam “daftar hal wajib”.

Saat berlibur bersama keluarga, melakukan aktivitas menyenangkan bersama seluruh anggota keluarga tentu tidak terhindarkan.

manfaat liburan bersama keluarga

Bagi sebagian besar orang, liburan akhir tahun bersama keluarga dapat menyegarkan hati dan pikiran. Karena itu, manfaat liburan bersama keluarga selalu paling dinanti sepanjang tahun.

Ajang kumpul bersama keluarga ini tentu bisa hadirkan kebahagiaan tersendiri. Berlibur bersama bisa bangkitkan semangat dan motivasi untuk nantinya kembali ke rutinitas.

Terpikir untuk jadikan momen akhir tahun nanti berkesan bagimu dan keluarga? Mengapa tidak! Ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi dan bikinlah momen berharga yang tidak akan terlupakan.

Baca juga: Berlibur bersama Keluarga? Pilih 3 Destinasi Pilihan yang Jadi Favoritmu

Liburan akhir tahun telah tiba!

Saat berlibur bersama keluarga, manfaatkanlah untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan hindari kegiatan yang membebani.

Siapkan dan rencanakanlah semuanya jauh-jauh hari supaya kalian dapat “waktu berkualitas” bersama. Kemas pakaian yang diperlukan, juga perlengkapan liburan. Pastikan tempat menginap, jadwal dan keperluan transportasi di tempat berlibur, serta tempat wisata dan kegiatan yang akan dilakukan.

Untuk mempererat relasimu di tengah keluarga, tidak ada salahnya meminta bantuan dari seluruh anggota keluarga. Kesempatan merencanakan liburan ini akan membangun kerja sama yang harmonis antara tiap anggota keluarga.

#1 Berkumpul demi mengobati rindu

Manfaat ini tentu akan paling dirasakan bagi mereka yang jarang berkumpul bersama keluarga. Liburan akhir tahun bersama keluarga akan jadi obat yang ampuh. Waktu berkualitas yang dihabiskan bersama ini akan jadi “modal obat rindu” selama setahun ke depan.

Tentu “obat tahunan” ini akan diperlukan terutama untuk mengobati stres dan beban pikiran dari rutinitas. Rutinitas harian, seperti kerja kantor, tugas rumah tangga, sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, les, belajar kelompok umumnya menjauhkan kita dari pikiran akan keluarga.

Tapi kali ini, keluarga adalah panacea, obat pemulih rasa letih kita dari jenuh akan rutinitas. Manfaat liburan bersama keluarga memang sedahsyat itu, tentunya apabila kamu dapat merancang kegiatan yang menyenangkan dalam liburan kali ini.

Baca juga: Psst.. Trans Studio Bali Akan Dibuka pada 12 Desember 2019, Minat Coba?

#2 Mendekatkan orang tua dengan anak 

Liburan akhir tahun bersama keluarga terbukti dapat menjadikan hubungan keluarga makin harmonis. Pada kesempatan ini, semua anggota keluarga akan makin dekat dan bisa berkomunikasi dengan lebih intens.

Tentu ini akan membuat hubungan keluarga makin solid. Kesempatan mengobrol dan berdiskusi yang menyenangkan akan membuat kita lebih mengenal satu sama lain.

Bersama keluarga, kamu dapat memandang indahnya alam, mencicipi kuliner daerah yang kalian kunjungi, hingga merespons bahasa dan dialek daerah tersebut, atau bahkan mencoba kenakan pakaian adat daerah itu. Ini tentu akan memperkaya pandangan kita akan dunia.

#3 Menciptakan momen berharga dan kesempatan belajar bersama

Saat berlibur bersama, anak-anak akan memperoleh kesempatan belajar secara langsung sebagai pengalaman baginya kelak.

Liburan dapat jadi media belajar yang penting di luar bangku sekolah. Anak-anak dapat bertanya lebih banyak ke orang tua yang menemaninya dalam proses belajar ini. Proses ini akan membuat si anak makin tampak cemerlang di kelas.

Kesempatan ini akan membantu anak untuk menumbuhkan rasa bersyukur dan berinteraksi dengan lebih intens dengan keluarganya. Terutama, ini akan jadi kesempatan bagi kalian berbagi cara memandang dunia.

Berlibur ke suatu tempat tentu akan membuat kita banyak mengeksplorasi tempat baru, budaya baru, dan mengenal orang baru.

Kenangan ini akan menempel untuk waktu yang lama dan bahkan tidak tergantikan. Momen menyenangkan yang dilewati bersama akan menjadi momen berharga di masa depan. Ikatan ini yang akan menjadi modal bagi si anak di masa depan untuk terus mengenang relasinya dengan keluarga.

Sumber: Seruni, Your Modern Family

Simak juga:

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here