Currently set to Index
Currently set to Follow

Kenapa Ramadan Menjadi Momen yang Tepat Bagi Kamu Untuk Menabung?

Bagi umat Muslim, bulan suci Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menabung pahala. Dan, kalau kamu bisa sekaligus juga merasakan manfaat menabung saat Ramadan untuk menyisihkan uang dan memangkas pengeluaran, mengapa tidak?

Pikirkan, deh, Sobat Cuan, betapa berharganya momen bulan Ramadan ini untuk membantumu berhemat, apalagi di tengah pandemi. Coba lihat lagi gaya hidupmu selama empat bulan terakhir ini. Sudah sepertiga tahun, apakah kamu sudah berhasil mewujudkan resolusi finansialmu?

Selain itu, pengeluaranmu pada lebaran mungkin akan melonjak. Misalnya, mungkin kamu harus merogoh kocek dalam untuk pulang kampung (kalau masih nekat), atau memberikan salam tempel ke sanak saudara. Tentu saja, uang-uang tersebut tidak akan jatuh dari langit!

Tapi, tidak ada kata terlambat, Sobat Cuan! Kamu masih bisa kok memulai menabung saat Ramadan. Bahkan, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk mulai menabung. Apa alasannya?

Baca juga: Hati-hati! Jebakan Ramadan Effect untuk Investor di Depan Mata

Kenapa Ramadan Menjadi Momen yang Tepat Bagi Kamu Untuk Menabung?, Pluang

Beberapa Alasan Menyisihkan Danamu Saat Ramadan

1. Pengeluaran yang Minim di Awal Ramadan

Saat bulan Ramadan, tentunya kamu tidak mengeluarkan duit saat pagi hingga sore hari untuk keperluan konsumsi. Misalnya, untuk sarapan, makan siang, beli jajan, hingga merokok. Nah, momen menahan nafsu ini juga sebaiknya kamu manfaatkan juga menabung!

Memang, nafsu belanja kamu kemungkinan akan melonjak mendekati lebaran. Sehingga, tidak ada salahnya juga kamu menggunakan tabungan yang kamu sisihkan di awal-awal Ramadan untuk berlebaran. Asal, tujuan finansialmu memang adalah merayakan lebaran.

2. Momen Tepat Untuk Mengejar Resolusi Finansial Tahun Ini

Kamu tentu punya resolusi finansial untuk dicapai tahun ini. Namun, apakah selama tiga bulan terakhir kamu berupaya untuk mencapainya? Nah, kalau jawabannya belum, kamu bisa mengejar ketertinggalan itu dengan menabung selama bulan Ramadan.

Semoga, kebiasaan menabung kamu di bulan Ramadan akan konsisten hingga akhir tahun. Ujungnya, resolusi finansialmu akan tercapai di akhir tahun!

3. Mengikuti Perintah Agama

Bulan Ramadan adalah masa-masa di mana kita beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan. Tapi, ibadah dan budi baik kamu selama bulan Ramadan akan makin afdol kalau kamu juga menabung. Mengapa demikian?

Sebab, menabung itu salah satu perintah dari Al-Quran, lho, Tidak percaya? Nih, kamu baca sendiri, deh, apa kata ayat suci Al-Quran mengenai menabung:

“… dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

Anjuran agama untuk menabung dan menghindari sikap boros juga tercermin di beberapa sunnah berikut:

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

“Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqon :67)

Ajaran Islam melarang seseorang berbelanja dengan berlebih-lebihan dan justru malah mengajarkanmu untuk menyimpannya demi kebutuhan masa depan.

Sebagai seorang muslim, tentunya kamu ingin, dong, menjalankan hidup sesuai dengan ajaran dan syariat Islam. Jadi, mengapa tidak sekalian memetik manfaat menabung saat Ramadan?

Baca juga: Jaga Kondisi Keuanganmu, Berhemat di Bulan Ramadan deengan 4 Tips Jitu Ini

Rasakan Manfaat Menabung Saat Ramadan

Dengan alasan menabung di atas, tentu kamu sudah teryakinkan, dong, untuk mulai menabung. Selanjutnya, apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan selama bulan Ramadan nanti?

1. Buatlah Rencana Keuangan

Tentukan daftar prioritas apa saja yang kamu butuhkan selama bulan Ramadan ini. Lihat apa yang bisa kamu lakukan dengan daftar itu. Tanyakan ke dirimu: seberapa perlunya aku membeli ini dan membeli itu? Tentukan anggaran pengeluaran untuk berbagai kebutuhanmu selama bulan Ramadhan ini.

2. Catat Pengeluaran Harian

Catatan pengeluaran yang rapi akan membantumu untuk memantau berapa banyak uang yang telah kamu habiskan. Jika kamu merasa pengeluaranmu di hari sebelumnya berlebihan, maka kamu bisa membatasi pengeluaranmu di hari berikutnya.

3. Utamakan Kebutuhan, Batasi Keinginan Berlebih

Berpuasa adalah momen berpantang dari hawa nafsu. Maka, selain untuk pencapaian material, manfaat menabung saat Ramadhan pun akan terasa bagimu secara psikologis. Jadi, bukan hanya menahan lapar dan haus, kamu juga bisa untuk membatasi keinginan berlebih atas sesuatu.

4. Buat Daftar Menu Sahur dan Berbuka

Supaya sejalan dengan rencana keuanganmu, ingat untuk siapkan juga daftar menu yang dapat selaras dengan kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh selama puasa ini. Juga, akan membantumu memantau berapa pengeluaran yang kamu perlukan.

5. Kelompokkan Pengeluaran antara bulan Ramadan dengan Hari Raya

Pengeluaran selama menjalankan puasa di bulan Ramadan bisa dipantau. Namun, bagaimana jika saatnya tiba hari raya? Kamu tentu bisa juga menyiapkan anggaran. Entah itu terkait berapa alokasi danamu untuk THR, apakah kamu memutuskan untuk mudik dan mengongkosi dirimu untuk itu, dan seterusnya. Buatlah serinci mungkin, dan hindari pengeluaran yang tidak wajib.

6. Belanja Lebih Awal

Berbagai kebutuhan pokok tentunya akan makin melambung seiring hari yang berjalan dalam bulan Ramadan ini. Jadi, untuk mengantisipasi kebutuhan yang tinggi jelang hari raya nanti, kamu mungkin bisa menyiapkan berbagai stok belanja. Berbagai kebutuhan seperti beras, minyak, dan lainnya bisa kamu amankan jauh-jauh hari.

Jadi, Sobat Cuan tentunya sudah siap untuk mengencangkan ikat pinggang selama bulan suci Ramadan ini, bukan? Untuk dapat merasakan manfaat menabung saat Ramadan dengan lebih mantap lagi, mengapa tidak sekalian menaruh danamu sebagai investasi di Pluang?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Detik Finance, Cermati, Sikapi Uangmu

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img